10 Manfaat Kolang Kaling Untuk Kesehatan

Manfaat Kolang Kaling

Kolang kaling yang memiliki tekstur kenyal, berbentuk lonjong, serta berwarna putih transparan sebenarnya dibuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata). Caranya ialah dengan mengambil bagian biji dari pohon aren tersebut, lalu direbus selama beberapa jam, kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga mengalami proses fermentasi.

Kolang kaling biasa diolah sebagai bahan tambahan minuman rujak maupun cemilan kolak pisang, karena teksturnya yang lembut dan lezat, sehingga banyak orang yang menyukainya. Diketahui bahwa kolang kaling memiliki sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh, yaitu dalam 100 gram kolang kaling terdapat kadar air sangat tinggi sekitar 93,8%, 0,69 gram protein, 21 gram karbohidrat, 0,95 gram serat kasar, 9 miligram kalsium, 33 miligram fosfor, 0,04 miligram tiamin, 0,02 miligram riboflavin, 0,3 miligram niacin, dan 5 miligram vitamin C.

Berdasarkan sejumlah kandungan nutrisi tersebut, kolang-kaling memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaat tersebut? Yuk disimak…

10 Manfaat Kolang Kaling

1. Mencegah diabetes

Diketahui bahwa kolang-kaling rendah akan kandungan glukosanya, sehingga dengan mengonsumsi kolang kaling kadar gula dalam darah tetap terjaga. Hal ini baik sekali untuk mencegah munculnya gejala diabetes, dan bagi penderita diabetes mengonsumsi kolang-kaling bisa dijadikan sebagai pilihan bahan cemilan sehat sehari-hari, hal yang perlu diingat adalah mengonsumsi kolang kaling tanpa adanya pemberian tambahan gula ya.

2. Mengatasi sembelit

Kolang kaling kaya akan kandungan seratnya yang baik untuk sistem pencernaan di tubuh. Jika kebutuhan serat harian Anda terpenuhi, maka pencernaan menjadi lancar, mempercepat proses pembuangan segala zat sisa racun maupun sisa pembuangan dari dalam usus, serta mampu mencegah akan terjadinya konstipasi, sembelit, maupun wasir.

3. Membantu menurunkan berat badan

Kolang kaling bisa dijadikan sebagai menu makanan program diet sehat bagi Anda yang sedang dalam percobaan menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kolang kaling kaya akan serat, karbohidrat, dan juga protein, sehingga dengan mengonsumsi kolang kaling Anda akan cepat kenyang dan tidak mudah merasa lapar. Jadi jumlah asupan makanan pun dapat terkontrol dengan baik.

4. Memperkuat tulang dan sendi

Loading...

Kalsium dan fosfor pada kolang kaling mampu membantu dalam mempertahankan kekuatan tulang dan persendian Anda, tidak itu saja dengan kedua kandungan mineral tersebut maka nutrisi tulang terpenuhi. Tulang kuat dan terhindar dari gejala gangguan tulang seperti osteoporosis maupun radang sendi.

5. Sebagai sumber energi

Dengan mengonsumsi kolang kaling maka asupan nutrisi sebagai penyedia energi tubuh Anda akan terpenuhi, Anda tidak akan lemas dan segala kegiatan aktivitas pun menjadi lancar. Sumber energi pada kolang kaling tersebut ialah karbohidrat, serat, dan protein.

6. Mencegah dehidrasi

Tak menampik di tengah panasnya cuaca akan membuat tubuh Anda lebih mudah berkeringat, dengan begitu tubuh lebih mudah mengalami dehidrasi dengan keluhan tubuh merasa letih dan mudah lelah. Kolang kaling kaya akan kandungan airnya, sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan utama bagi Anda untuk mencegah terjadinya dehidrasi tubuh.

7. Mencegah dan mengatasi anemia

Anemia terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi, sehingga produksi hemoglobin dalam darah pun menjadi berkurang. Hal inilah yang menyebabkan tubuh mengalami kekurangan darah. Untuk itu Anda bisa mencegahnya dengan rutin mengonsumsi kolang kaling. Kandungan zat besi pada kolang kaling tak perlu ditanyakan lagi. Bagi Anda yang menderita anemia kolang kaling juga bisa dijadikan menu utama dalam mengatasi anemia Anda.

8. Menyehatkan organ hati

Hati memiliki peranan penting bagi tubuh, terutama dalam memperlancar proses detoksifikasi atau pembuangan zat sisa racun di tubuh. Dengan rutin mengonsumsi kolang kaling maka racun di tubuh dapat dengan lancar dikeluarkan, sehingga kinerja organ hati tidak berat, hati pun tetap sehat.

9. Menguatkan sistem imun tubuh

Vitamin C dapat berperan dalam menjaga kekuatan sistem imun tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah sakit akibat diserang oleh berbagai patogen-patogen penyebab berbagai penyakit sistem imun,seperti flu, demam, radang, batuk, dan pilek. Vitamin C juga terkandung pada biji kolang kaling, jadi untuk menjaga kesehatan Anda bisa mengonsumsi kolang kaling.

10. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin C dan senyawa gelatin pada kolang kaling bisa membantu dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda, sehingga kulit Anda tetap sehat, membantu mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit, kenyal, lembap, bahkan bisa menutrisi rambut serta kuku Anda agar tidak mudah rapuh dan sehat.

Nah itulah 10 manfaat kolang kaling bagi kesehatan. Rupanya untuk menemukan kolang kaling tidaklah sulit, dan juga mengolahnya pun tidaklah sulit. Bagi ibu hamil kolang kaling juga bermanfaat lho dalam memenuhi kebutuhan nutrisi si ibu dan janin. Agar mencapai hasil yang maksimal perlu pengolahan yang tepat untuk kolang kaling yang Anda konsumsi, hindari penambahan pemanis maupun gula berlebih. Jika ingin menambah cita rasa manis, tambahkan dengan madu alami agar khasiatnya lebih terasa. Selamat mencoba…

Loading...