Loading...

11 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Pepaya

Siapa yang tidak mengenal tanaman satu ini? Memiliki bentuk buah lonjong dan warna daging orange kemerahan rasanya begitu manis dan segar jika dimakan langsung. Buahnya memiliki harga jual yang terjangkau sehingga semua orang hobi menjadikannya sebagai buah-buahan yang wajib tersedia di rumah. Selain itu, tanaman pepaya juga mudah sekali dikembangbiakan di halaman atau kebun rumah Anda.

Tetapi apakah selama ini Anda hanya memakan bagian daging buahnya saja? Atau mungkin juga daunnya sebagai lalapan? Rupanya tanpa disadari bagian lain dari tanaman ini juga kaya akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Penasaran kan bagian apa saja itu dan bagaimana dampaknya bagi tubuh? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Bagian apa saja yang di gunakan ?
Rajin mengonsumsi buah pepaya sudah baik bagi kesehatan tubuh, tetapi bagian lainnya seperti biji, kulit, daun, bahkan getahnya bisa digunakan juga loh. Jadi jika Anda suka menanam tanaman pepaya sebagai penghias kebun atau halaman rumah Anda, tidak ada ruginya untuk mencoba beberapa tips di bawah ini.

11 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

1. Ekstrak daun pepaya tua
Rasanya yang pahit ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan alkaloid berguna sebagai anti kanker, dan kandungan likopene, flavonoidnya bermanfaat sebagai anti tumor. Caranya cukup mengeringkan beberapa daun pepaya yang sudah tua dan dibersihkan lalu dijadikan serbuk dalam kapsul. Minum 3 kali dalam sehari.

2. Biji pepaya
Setelah Anda mengupas buahnya, jangan dibuang dulu biji- biji pepayanya. Kandungan fenolik, flavonoid, protein, kalsium, magnesium, serta fosfor pada biji pepaya berperan sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi. Caranya biji bisa dimakan langsung dengan daging pepaya yang matang. Penggunaannya cukup 1-2 sendok makan dalam sehari jangan berlebihan.

3. Daun muda dan biji pepaya
Daun pepaya muda selain enak sebagai lalapan juga bisa digunakan sebagai obat antioksidan. Caranya cukup mencampur rebusan air daun pepaya dengan air biji pepaya lalu diminum 1 kali dalam sehari.

4. Ekstrak daun dan biji pepaya
Daun pepaya dan biji yang telah dikeringkan bisa dicampur lalu dihaluskan sebagai serbuk ekstrak anti diabetes. Keduanya sama-sama dapat memicu naiknya kadar insulin. Cukup dengan 1-2 sendok makan ekstrak dalam sehari, maka diabetes bisa teratasi.

Loading...

5. Ekstrak biji pepaya
Rupanya biji-biji yang telah kering dan diekstrak ini berguna bagi kesuburan pria. Kandungan aktif pada biji pepaya yaitu caricain berperan penting dalam menekan proses terbentuknya sperma pada pria sehingga jumlah sperma tetap normal.

6. Jus daun pepaya
Jika keluarga atau rekan Anda terserang malaria tidak ada ruginya untuk mengolah daun pepaya sebagai jus, karena kandungan etil asetat pada daun pepaya ampuh sebagai antioksidan sehingga dapat memperbaiki gejala penurunan trombosit yang disebabkan oleh parasit malaria.

7. Getah pepaya
Jika Anda cukup risih karena getah pepaya karena bisa menjadi noda membandel pada pakaian Anda, rupanya getah ini bermanfaat sekali sebagai penyembuh luka dan tumit pecah-pecah. Caranya cukup menggores area kulit buah pepaya yang muda sampai keluar getahnya, lalu oleskan ke kulit yang sakit, gunakan secara rutin dan rasakan hasilnya.

8. Jus daun pepaya, garam, dan asam Jawa
Ini terkhusus bagi wanita yang sering mengalami nyeri haid. Tidak perlu khawatir ketika nyeri haid datang, jangan minum obat apotek dahulu. Coba rebus daun pepaya muda lalu jus dengan campuran garam dan asam jawa dan segelas air. Minum 1-2 kali sehari, maka nyeri haid mulai mereda.

9. Pasta daun pepaya muda dan tomat
Jika Anda sudah mulai jengah karena jerawat membandel tak kunjung hilang, maka coba membuat racikan jus daun pepaya muda dan tomat tanpa diberi air sehingga teksturnya seperti pasta. Gunakan sebagai masker wajah selama 30-40 menit.

10. Buah pepaya
Rasanya manis dan segar dengan kandungan air yang banyak. Rupanya sangat bermanfaat sebagai pelancar pencernaan Anda karena memiliki serat berlebih. Selain itu juga kandungan vitamin C nya yang tinggi sangat ampuh untuk mengatasi flu.

11. Pepaya dan wortel
Tidak ada salahnya untuk membuat jus buah pepaya dengan wortel sebagai obat alami mata Anda. Kandungan betakaroten pada kedua buah ini dapat dikonversi menjadi vitamin A sebagai penjaga kesehatan mata Anda. Caranya jus 100 gram pepaya matang dan 300 gram wortel segar tanpa menggunakan gula. Minum 2 kali sehari.

Banyak sekali bukan manfaat tanaman pepaya bagi kesehatan tubuh Anda? Mulai sekarang Anda bisa menambahkan tanaman pepaya sebagai alternatif pilihan obat alami, karena sehat tidak harus mahal, Jika hasil belum dirasakan perlu sekali Anda untuk berkonsultasi dengan dokter.

Loading...