11 Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Kering

Mengatasi Kulit Wajah Kering

Memiliki wajah cerah, lembab, dan putih bersih adalah dambaan setiap orang terutama wanita. Permasalahannya adalah tidak semua wajah memiliki kadar kelembapan yang normal, jika terlalu berlebih maka termasuk kulit wajah berminyak sedangkan jika di bawah normal maka termasuk sebagai kulit wajah kering. Kulit wajah yang kering membuat wajah tampak tidak segar, kusam, dan cepat tua, hal ini cukup mengganggu penampilan dan rasa percaya diri.

Apa sih yang di maksud Kulit Wajah Kering ?

Merupakan suatu kondisi dimana kulit wajah sudah mulai berkurang dalam produksi minyak dari kelenjar sebaceous (minyak) sehingga membuat wajah cenderung berkerut, kusam, pori-pori kecil, dan tekstur kulit kasar. Mau pria atau wanita bahkan sejak usia remaja pun dapat mengalami kulit wajah kering ini.

Apa Penyebab Kulit Wajah Kering ?

Beberapa kebiasaan buruk bisa memicu munculnya kulit wajah kering, di antaranya adalah:

1. Penggunaan scrub

Scrub memang baik dalam mengangkat sel kulit mati, akan tetapi terlalu sering penggunaannya pada wajah justru berdampak pada pemicu terjadinya iritasi pada kulit wajah Anda sehingga menjadi lebih kering.

2. Sabun cuci muka

Jangan terlalu sering mencuci muka, karena bisa jadi kandungan sabun yang terlalu keras seperti alkohol justru akan mengurangi kadar minyak pada kulit wajah Anda sehingga wajah menjadi kering.

3. Terpapar sinar matahari

Aktivitas sehari-hari apalagi bagi Anda pekerja lapangan tidak bisa menghindar dari panasnya terik matahari. Dampaknya juga langsung bagi kulit wajah Anda, paparan UV nya dapat membuat kulit wajah Anda kusam, kering, bahkan iritasi.

4. Terlalu lama menggunakan AC

AC memang solusi jitu sebagai pendingin ruangan, akan tetapi jika terlalu lama terkena AC maka kulit wajah bahkan seluruh tubuh dapat menjadi kering. Ada kalanya Anda harus bijak dalam penggunaan AC.

11 Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Kering :

1. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya menggandung vitamin C, vitamin E, dan lignin yang berfungsi untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Caranya cukup mudah, yaitu ambil gel lidah buaya lalu dijadikan masker pada wajah selama 20-30 menit.

2. Tomat

Kandungan vitamin A, C, dan E pada tomat terbukti mampu melembabkan wajah. Caranya iris tipis-tipis 1 buah tomat lalu tempelkan ke seluruh area wajah selama 30-45 menit, bilas dengan air dingin.

3. Tomat dan madu

Loading...

Tomat yang kaya akan vitamin bisa dipadukan dengan madu yang kaya akan anti-oksidan agar wajah semakin kenyal dan lembap. Caranya ialah campurkan 1 buah tomat yang telah halus dengan 2 sendok teh madu, dan dijadikan masker pada wajah.

4. Alpukat

Selain rasanya yang enak, alpukat juga bisa dijadikan sebagai masker alami kulit wajah Anda, karena kandungan vitamin Enya baik untuk kelembapan kulit. Caranya cukup haluskan daging alpukat dan dijadikan masker pada wajah.

5. Alpukat dan yoghurt

Kandungan asam laktat pada yoghurt bisa menambah tingkat kelembapan pada kulit wajah Anda, jika dipadukan dengan alpukat maka akan memberikan sensasi segar dan aroma yang nikmat. Campurkan bubur alpukat dengan 2 sendok makan yoghurt, lalu dioleskan ke seluruh wajah.

6. Minyak kelapa

Kandungan vitamin E pada minyak kelapa juga bermanfaat bagi kulit wajah yang kering. Cukup dengan mengoleskan minyak kelapa ke wajah Anda lalu biarka selama 30 menit. Untuk mendapatkan aroma yang sedap bisa ditambah dengan madu ataupun jeruk nipis sesuai selera.

7. Daun jambu biji

Kandungan vitamin C yang tinggi pada daun jambu biji bisa meningkatkan kelembapan kulit wajah. Caranya ialah Anda dapat menghaluskan beberapa lembar daun jambu biji yang muda lalu dijadikan sebagai masker wajah.

8. Daun sirih

Anda bisa merebus beberapa lembar daun sirih dan gunakan air hasil rebusan tersebut yang telah dingin sebagai basuh cuci muka, rutin dilakukan maka bisa menghilangkan kulit wajah kering Anda.

9. Air mawar dengan air jeruk nipis

Campuran air mawar dengan jeruk mampu membuat wajah Anda tampak lembab. Bisa digunakan sebagai spray harian pada wajah Anda.

10. Air putih

Rajin meminum air putih sehari 8 gelas atau setara dengan 2 liter air maka mampu menjaga tingkat keelastisan wajah Anda dari kulit wajah yang kering.

11. Vitamin E

Banyak sekali sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin E seperti bayam, tomat, lobak, almond, dna alpukat. Rajin-rajin mengonsumsi makanan tersebut maka kulit wajah And akan tetap lembap.

Itulah beberapa tips mudah untuk mengatasi kulit wajah Anda yang kering. Anda bisa memilih beberapa metode yang menurut Anda mudah dan tidak terlalu menguras kantong Anda ya. Selamat mencoba…

Loading...