13 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Tomat merupakan jenis buah-buahan yang sering kali diaplikasikan sebagai bahan campuran dalam sayuran. Bentuknya bulat, bulat lonjong, bulat pipih, atau oval dengan warna kuning hingga kemerahan ketika masak. Rasanya yang sedikit masam dan berair sangat segar jika dikonsumsi secara langsung.

Buah tomat sudah biasa diolah sebagai bahan masker wajah demi menunjang kecantikan secara alami dan murah terutama bagi wanita. Bukan hanya sebagai penyembuh masalah pada wajah tetapi tomat juga memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

APA SAJA KANDUNGAN PADA TOMAT?

Berbicara mengenai manfaat tomat maka perlu sekali diketahui kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya sehingga dapat bermanfaat bagi tubuh. Tomat mengandung senyawa polifenol, likopen, karotenoid, dan vitamin A, B, C yang dapat bertindak sebagai anti-oksidan, vitamin K, kalsium, serat dan karbohidrat.

13 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan:

1. Masker tomat dan madu

Ingin wajah bersih dari jerawat, kulit kusam hilang, pori-pori wajah mengecil, dan lebih kenyal maka racikan ini tepat sekali untuk digunakan. Caranya mudah, cukup memblender 1 buah tomat lalu campurkan dengan 2 sendok teh madu, jadikan masker ke seluruh area wajah selama 30-45 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Masker tomat dan jeruk nipis

Tomat memiliki kandungan vitamin A dan C yang mampu memudarkan flek hitam dan pembentuk kolagen alami, lalu jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat sebagai pencegah hiperpigmentasi kulit. Caranya cukup mencampur perasan 1 buah tomat dengan 1 jeruk nipis lalu jadikan masker wajah selama 15-20 menit, bilas dengan air hangat kemudian air dingin.

3. Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A yang tinggi pada tomat mampu menjaga retina mata agar tetap berfungsi secara maksimal. Rutin mengonsumsi buah tomat ialah solusi terbaik demi menjaga kesehatan mata Anda.

4. Mencegah terbentuknya batu ginjal dan kanker

Senyawa likopen pada tomat diketahui sangat bermanfaat dalam mencegah terbentuknya batu ginjal, dan juga mampu sebagai anti-oksidan yang ampuh mencegah tumbuhnya sel kanker.

5. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan vitamin K dan kalsium serta likopennya ampuh untuk tetap menjaga kesehatan dan kekuatan tulang sehingga mampu mencegahnya dari osteoporosis. Untuk hasil yang maksimal, masak tomat dan minyak zaitun agar likopen lebih mudah diserap tubuh.

6. Menjaga sistem imun tubuh

Loading...

Kandungan vitamin C pada tomat mampu menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Rajin mengonsumsi dengan olahan apapun dapat dilakukan demi mendapatkan khasiatnya bagi tubuh.

7. Memperlancar sistem pencernaan tubuh

Tomat mengandung serat yang baik untuk memperlancar BAB. Jika Anda mengalami sembelit, memakan buah tomat segar adalah solusinya.

8. Obat diet alami

Selain serat tomat juga mengandung karbohidrat, jika rutin dikonsumsi maka mampu mengganjal perut dan terhindar dari rasa cepat lapar sehingga Anda akan terhindar dari asupan kalori dan kolesterol jahat.

9. Terhindar dari penyakit jantung

Kandungan serat, anti-oksidan, dan berbagai vitamin pada tomat mampu mencegah Anda dari penyakit jantung koroner.

10. Mencegah penyakit stroke

Kandungan vitamin K pada tomat berperan dalam mencegah terjadinya proses pembekuan darah pada otak, sehingga penyakit berbahaya seperti stroke dapat terhindar.

11. Memperkuat daya ingat

Tomat baik bagi anak-anak yang masih aktif dalam belajar, karena kandungan nutrisinya berperan sangat penting dalam mentransmisikan sinyal saraf, sehingga anak akan menjadi lebih cepat dan tanggap dalam bertindak serta dengan ingatan yang kuat.

12. Menaikkan kadar hemoglobin2

Bagi penderita Anemia keberadaan hemoglobin sangat diperlukan dalam sistem peredaran darah, jika kadar hemoglobin rendah maka akan dapat mengganggu sistem kinerja tubuh. Nutrisi pada tomat mampu meningkatkan kadar hemoglobin sehingga baik untuk penderita anemia.

13. Meningkatkan kesuburan pria

Kandungan likopen pada tomat mampu meningkatkan jumlah sperma hingga 70 % sehingga dapat mengurangi jumlah sel sperma yang abnormal dalam tubuh. Padukan jus buah tomat dengan wortel demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Banyak sekali manfaat buah tomat bukan bagi tubuh? Selain cantik alami, tubuh juga tetap sehat dengan aman dan murah. Rajin-rajin mengonsumsi dan menggunakan tomat sebagai bahan masker bukanlah hal yang sulit dilakukan.

Loading...