5 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Anda

Setiap orang pasti pernah menangis, baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa, maupun lansia. Menangis bisa saja terjadi tanpa mengenal waktu dan tempat apabila seseorang mengalami gejolak emosi maupun luapan perasaan di dalam dirinya. Hal inilah yang akhirnya yang memicu hormon estrogen untuk mengeluarkan kelenjar air mata, yang kita sebut dengan menangis.

Manfaat Menangis

Menangis tidak hanya identik dengan perasaan sedih saja, ketika seseorang merasakan kecewa, marah, lelah, bahagia, terharu, bahkan tertawa pun dapat meluapkan perasaan dan emosinya dengan menangis. Maka seberapa seringkah Anda menangis dalam setahun? Apakah sering atau mungkin tidak tahu?

Umumnya jumlah wanita menangis lebih banyak dibandingkan dengan pria. Dalam setahun wanita bisa menangis sebanyak 47 kali, sedangkan pria menangis sebanyak 7 kali. Meski banyak orang yang malu meluapkan emosinya dengan menangis, namun rupanya menangis memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Lalu apa sajakah manfaat menangis itu? Yuk disimak…

5 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

1. Melepaskan perasaan tertekan dan stress

Tidak menampik kadang kala ketika banyaknya tuntutan pekerjaan ataupun masalah akhirnya membuat Anda akan merasa tertekan, sehingga Anda akan lebih rentan mengalami stress. Puncak dari tekanan ini dapat dimunculkan dalam beragam respon, dan yang paling umum ialah menangis.

Rupanya menangis ketika perasaan tertekan Anda sudah memuncak itu perlu, karena dengan begitu setelah Anda selesai menangis beban di hati dan pikiran seketika akan hilang, berbagai racun yang menumpuk ketika stress pun mampu dikeluarkan, bahkan dengan menangis juga tubuh akan merangsang hormon endofrin yang dapat meredakan rasa sakit alami di tubuh Anda.

2. Menenangkan pikiran

Loading...

Sama halnya dengan mengurangi tekanan dan stress, dengan menangis tubuh akan merangsang hormon endofrin, nah hormon inilah selain dapat meredakan rasa sakit namun juga bisa merilekskan pikiran Anda. Maka dari itu setelah Anda menangis maka pikiran akan menjadi tenang seperti semula, emosi stabil, serta mental pun menjadi lebih kuat.

3. Membersihkan mukus di hidung

Apakah Anda ketika sedang menangis maka hidung juga basah karena mengeluarkan mukus atau lendir? Rupanya manfaat lain dari menangis ialah untuk mengeluarkan mukus dari hidung itu sendiri. Mukus yang menumpuk di hidung akan didorong keluar oleh air mata. Sehingga hidung Anda akan lebih bersih dari tumpukan mukus.

4. Menyehatkan mata

Menangis itu perlu demi menjaga kesehatan mata Anda. Dengan menangis, maka aliran cairan dari kelenjar air mata itu akan melembapkan mata Anda sehingga mata tidak akan mengalami kekeringan yang menyebabkan mata terasa mudah perih dan iritasi.

Tidak hanya itu saja, dengan menangis mata Anda akan lebih bersih karena berbagai kotoran seperti debu yang menumpuk di mata dapat dikeluarkan, lalu dengan menangis pandangan mata Anda akan menjadi lebih fokus dan bersih sehingga mampu meningkatkan kualitas penglihatan.

5. Mencegah terjadinya penyakit flu

Flu dapat disebabkan oleh berbagai jenis mikroba termasuk bakteri. Bakteri penyebab flu dapat menyerang tubuh dengan masuk dari bagian tubuh mana saja, bahkan bagian mata pun dapat diserang. Untuk itu ketika Anda menangis, maka akan mengaktifkan kelenjar air mata untuk mengeluarkan cairan yang aktif mengandung zat lisozim fluida. Zat inilah yang dapat berfungsi sebagai pembunuh bakteri penyebab flu. Maka dengan menangis, penyakit flu pun dapat dicegah.

Nah itulah 5 manfaat menangis bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan fisik, psikis atau pikiran pun akan menjadi lebih tenang setelah menangis. Namun bagi Anda yang malu untuk meluapkan emosi berupa menangis di depan orang lain atau khalayak umum, maka cobalah untuk menahannya sebentar lalu cari ruangan yang nyaman untuk meluapkan tangisan Anda.

Hal yang paling baik untuk dilakukan ketika Anda menangis adalah berbagilah cerita ataupun segala beban pikiran dan hati yang memicu Anda menangis, seperti: bersama keluarga, teman dekat, ataupun pasangan Anda. Karena berbagi perasaan dengan orang lain itu penting agar beban berkurang dan menjadi lebih lega dibuatnya. Dengan adanya keberadaan orang terdekat di sekitar, maka akan mampu menjaga semangat hidup Anda sehingga Anda tidak akan selalu merasa terpuruk karena masih banyak orang lain yang peduli dengan Anda.

Loading...