Tingkatan Stadium Kanker Vulva

Tingkatan Stadium Kanker Vulva. Salah satu faktor yang membuat penyakit kanker sangat sulit untuk disembuhkan adalah karena proses penyebaran sel kanker yang begitu cepat dan dalam waktu singkat dapat menyerang organ tubuh lain. Hal ini membuat pengobatan kanker menjadi sulit dan lama. Proses pertumbuhan dan penyebaran sel kanker ini dalam dunia medis biasa disebut dengan tingkatan stadium kanker. Pada kanker vulva, ada beberapa tingkatan stadium penyebaran sel kanker yang perlu diketahui. Semakin luas penyebaran sel kanker, maka akibat yang ditimbulkan akan semakin parah, selain itu juga proses pengobatannya akan semakin sulit.

diagnosis stadium kanker vulva menurut medis

diagnosis stadium kanker vulva menurut medis

Stadium penyebaran sel kanker vulva.

Penentuan tingkatan/stadium kanker vulva didasarkan pada hasil diagnosis yang dilakukan oleh dokter. Tingkatan penyebaran sel kanker vulva ini akan berbeda pada setiap penderita. Ada penderita yang proses penyebaran sel kanker berlangsung dengan cepat, namun ada juga yang lambat. Stadium kanker vulva ini akan menjadi dasar dalam pengambilan langkah medis (pengobatan) yang akan dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tingkatan/stadium kanker vulva secara medis.

  • Kanker Vulva Stadium 1. Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening atau area tubuh lainnya. Terdapat tumor kecil pada vulva atau kulit di antara area vagina dan anus (perineum).
  • Kanker Vulva Stadium 2. Berbeda dengan stadium 1, pada tingkatan ini, tumor telah merambat ke area sekitarnya. Area-area yang dimaksud adalah pada bagian bawah saluran kencing (urethra), vagina, dan anus.
  • Kanker Vulva Stadium 3. Penyebaran kanker pada stadium ini secara spesifik telah menjalar ke kelenjar getah bening.
  • Kanker Vulva Stadium 4A. Kanker telah menyebar ke area yang lebih luas di kelenjar getah bening, atau ke bagian atas urethra atau vagina, atau ke kandung kemih, dan rektum/dubur. Selain itu, area tulang panggul telah terkena dampak penyebaran sel kanker.
  • Kanker Vulva Stadium 4B. Kanker telah menyebar atau bermestastase ke anggota tubuh lain yang tidak hanya berada di dekat vulva.
tahap dan stadium kanker vulva pada wanita

tahap dan stadium kanker vulva pada wanita

Loading...

Itulah tadi informasi tentang tingkatan stadium kanker vulva secara medis yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui tingkatan stadium kanker vulva, maka dokter dapat mengambil langkah pengobatan yang tepat dan cepat. Semakin tinggi stadium / semakin luas area penyebaran sel kanker, maka akan semakin parah akibat yang ditimbulkan, serta metode pengobatan yang diambil akan semakin rumit. Oleh karena itu, ketika anda menemukan beberapa tanda dan gejala kanker vulva, ada baiknya anda segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat sebelum sel kanker berkembang dan menyebar secara luas.

Semoga informasi kesehatan tentang tingkatan stadium kanker vulva pada wanita ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh anda, serta secara rutin memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui jika ada kondisi yang mencurigakan.

Loading...