Perut Anda Kosong, Wajib Hindari 7 Makanan Ini

Padatnya aktivitas di pagi hari memungkinkan Anda bisa melewati waktu sarapan, sehingga mengakibatkan perut kosong tak terisi sesuap makanan sedikit pun. Mungkin tidak hanya waktu sarapan saja yang terlewatkan, jadwal kerja yang semakin padat bisa jadi membuat Anda lupa waktu bahkan sampai melewatkan jadwal makan siang juga. Alhasil tanpa disadari tubuh menjadi lemas dan perut terasa perih.

Lalu karena rasa lapar yang sudah mendera, Anda akhirnya pun memakan berbagai jenis makanan baik itu berupa makanan berat, cemilan, atau juga berbagai jenis minuman, tanpa diketahui sebelumnya apakah semua makanan dan minuman tersebut baik untuk langsung dikonsumsi? Apakah aman bagi perut dan tubuh?

Hal yang sangat perlu Anda ketahui adalah terdapat beberapa makanan dan minuman yang sangat berbahaya jika Anda konsumsi secara langsung padahal perut masih kosong. Apa sajakah makanan dan minuman itu? Yuk disimak…

7 Makanan yang Perlu Dihindari Saat Perut Kosong

1. Makanan yang terlalu pedas

Rasa pedas pada makanan memang memiliki rasa kenikmatan tersendiri, apalagi lidah masyarakat Indonesia sudahlah familiar dengan rasa yang dihasilkan dari cabai ini. Namun ada baiknya saat perut Anda kosong baik itu di pagi hari atau malah seharian belum terisi satupun makanan, hindari makanan yang mengandung pedas ini. Karena dampaknya adalah makanan pedas dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan dan iritasi lambung, akibatnya kadar asam lambung pun dapat naik.

2. Memakan buah pisang

Buah pisang memang memiliki berbagai kandungan nutrisi sehingga baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Namun jika perut masih dalam keadaan kosong ada baiknya untuk memakan pisang secara langsung ya. Memakan pisang secara langsung akan meningkatkan kadar magnesium dalam darah Anda.

Kelebihan magnesium ini tidak baik untuk kesehatan jantung sehingga bisa memicu gangguan jantung. Jadi ada baiknya sebelum makan pisang isi dulu perut dengan makanan berkarbohidrat seperti nasi. Tetapi jangan berlebihan juga ya karena bisa memicu kegemukan atau obesitas.

3. Memakan buah tomat

Loading...

Tomat khasiatnya tidak perlu diragukan lagi dalam menjaga kesehatan dan juga menjaga kecantikan kulit wajah Anda. Namun tomat identik dengan rasanya yang masam dan segar. Nah rasa masam pada buah tomat diakibatkan karena adanya kandungan asam tannic. Asam tannic ini jika bereaksi dengan perut yang masih dalam keadaan kosong dapat menyebabkan kadar asam lambung naik, akibatnya lambung terasa perih dan bisa memicu penyakit maag dan juga tukak lambung.

4. Memakan makanan manis

Makanan manis memang begitu lezat maka tak hanya anak kecil, orang dewasa pun juga menyukainya. Ketika perut kosong maka dengan hadirnya makanan manis sangatlah menggiurkan dan langsung memakannya begitu saja. Padahal ini bahaya lho untuk kesehatan tubuh.

Makanan manis seperti permen, coklat susu, dan makanan yang mengandung gula jika dikonsumsi ketika perut masih kosong maka akan memicu kelenjar langerhans pada pankreas untuk menghasilkan hormon insulin, semakin banyak kadar manis yang dikonsumsi maka semakin besar pula jumlah hormon insulin ini menormalkan kadar gula dalam darah. Akibatnya hal inilah yang bisa menyebabkan kinerja pankreas semakin berat, jika dilakukan secara terus menerus akan memicu penyakit diabetes. Berbahaya bukan?

5. Minuman bersoda

Minuman bersoda sangatlah nikmat untuk dikonsumsi secara langsung apalagi ketika panas mendera. Namun meminum soda ketika perut masih kosong sangat tidak dianjurkan, karena kita tahu minuman soda memiliki rasa sedikit tajam apalagi jika bereaksi dengan lambung akan berdampak pada rusaknya membran mukosa serta suplai aliran darah ke perut pun menjadi terganggu, dampak yang paling terasa adalah sistem pencernaan menjadi terganggu karena makanan yang masuk tak terserap secara sempurna.

6. Memakan roti

Perut kita identik dengan memakan nasi atau makanan lainnya yang berkarbo, jika memakan roti pun pasti tidak membuat perut terasa kenyang sepenuhnya. Hal ini juga memang tidak baik dilakukan memakan roti atau apapun jenis makanan yang menggunakan bahan dasar ragi, jika dikonsumsi secara langsung. Ragi tersebut akan menimbulkan iritasi di lambung dan tidak sampai disitu saja, ragi juga dapat menimbulkan rasa begah atau kembung di perut.

7. Memakan yoghurt

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang sudah melalui proses fermentasi dengan memanfaatkan bakteri Lactobacillus protectus yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda, masalahanya adalah jika Anda mengonsumsi yoghurt secara langsung dalam keadaan perut kosong maka asam klorida di lambung justru akan merusak atau menyerang bakteri asam laktat pada yoghurt sehingga manfaat yoghurt untuk tubuh hanyalah sedikit.

Nah itulah 7 makanan maupun minuman yang perlu Anda hindari dalam keadaan perut kosong. Namun ada solusi tepat untuk Anda konsumsi secara langsung, yaitu dengan mengonsumsi berbagai makanan yang baik untuk pencernaan dan tubuh Anda meski perut dalam keadaan kosong, seperti: gandum, oatmeal, bubur jagung, telur, kacang-kacangan, dan juga madu. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi makanan apa saja yang bisa dikonsumsi ketika perut masih kosong ya. Selamat mencoba…

Loading...