Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Telapak Tangan yang Mengelupas

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Telapak Tangan yang Mengelupas. Pengelupasan kulit di telapak tangan bisa terjadi karena beberapa penyebab. Maka dari itu sebelum kita mengatasi kulit telapak tangan mengelupas, alangkah baiknya kita mencari tahu dulu apa yang menjadi penyebabnya, supaya masalah kulit mengelupas ditelapak tangan bisa segera diatasi. Adapun penyebab kulit ditelapak tangan mengelupas juga bisa terjadi secara alamiah ataupun bisa disebabkan karena gangguan kesehatan yang kita alami.

 

faktor pemicu dan penyebab kulit telapak tangan mengelupas serta cara mengatasinya secara alami

faktor pemicu dan penyebab kulit telapak tangan mengelupas serta cara mengatasinya secara alami

 

Faktor Pemicu dan Penyebab Kulit Telapak Tangan Mengelupas.

Penyebab kulit telapak tangan mengelupas biasanya dikarenakan memang kulit kita memiliki tingkat sensitifitas tinggi yang biasanya karena faktor perubahan iklim, atau juga bisa disebabkan karena kita terlalu sering membawa barang berat. Selain itu salah satu faktor penyebab kulit telapak tangan mengelupas bisa juga dikarenakan penggunaan bahan kimia yang menyentuh tangan, seperti misalnya sabun detergen dan bahan pembersih lainnya. Kemudian bisa juga pengelupasan pada telapak tangan ini terjadi karena kulit yang terlalu kering yang bisa terjadi karena terlalu sering terkena sinar matahari serta bisa pula disebabkan karena kurang mengkonsumsi air putih. Lalu penyebab lain yang juga bisa membuat kulit telapak tangan mengelupas adalah karena kita memiliki riwayat alergi.

Nah, setelah mengetahui beberapa faktor pemicu dan penyebab kulit telapak tangan mengelupas, kita pun juga perlu mengetahui cara untuk mengatasinya. Untuk itu pada kesempatan ini kami pun akan memberikan beberapa cara mengatasi kulit telapak tangan yang terkelupas. Berikut bisa kalian simak informasi selengkapnya!

 

8 Cara Mengatasi Telapak Tangan yang Mengelupas.

 

  1. Menggunakan Scrub Garam.

Tidak hanya sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan saja, namun garam pun memiliki manfaat lain yang salah satunya yaitu untuk memulihkan jaringan kulit yang rusak atau mengelupas. Jadi bagi anda yang ingin mengatasi kulit telapak tangan mengelupas, kami sarankan untuk menggunakan scrub garam yang mana cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan garam bersama jeruk lemon. Dengan menerapkan cara ini tentunya proses pemulihan kulit telapak tangan anda akan lebih efektif dan masalah kulit telapak tangan yang terkelupas pun tentunya akan bisa cepat diatasi.

Untuk menggunakan scrub garam ini yakni dengan melarutkan garam kedalam air perasan lemon. Kemudian setelah itu, anda bisa mengoleskan campuran garam dan perasan lemon tadi pada bagian telapak tangan. Biarkan hingga 20 menit. Dan apabila sudah mengering, anda bisa membilasnya menggunakan air bersih. Untuk memperoleh hasil yang sempurna, anda harus melakukannya secara rutin.

 

  1. Menggunakan Madu dan Minyak Zaitun.

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi telapak tangan mengelupas yakni dengan mengonsumsi madu. Karena sejatinya madu adalah salah satu bahan alami yang memiliki khasiat yang mampu menjaga kelembaban kulit.

Cara pengunaannya yaitu dengan mencampurkannya bersama minyak zaitun. Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata, anda bisa mengoleskannya pada bagian telapak tangan yang terkelupas. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan manfaat hasil yang maksimal.

 

  1. Memakai Mentimun.
Loading...

Selain kaya akan kandungan vitamin C, Mentimun ternyata juga bisa kita ambil manfaatkan yang dalam hal ini untuk melindungi kelembaban kulit, agar kulit telapak tangan bisa terhindar dari masalah peradangan.

Adapun cara menggunakannya yakni dengan mengusapkan irisan mentimun kebagian kulit telapak tangan yang mengelupas. Dan supaya manfaat yang diperoleh bisa lebih maksimal, lalukan cara ini secara rutin.

 

  1. Menggunakan Air Jeruk Lemon.

Dalam jeruk lemon terkandung vitamin C yang berguna untuk mempercepat proses regerasi kulit, sehingga pengelupasan dikulit telapak tangan bisa segera teratasi. Selain itu manfaat yang bisa anda dapatkan dari air perasan jeruk lemon ini adalah untuk menjaga kulit agar tetap lembut dan bersih.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, hanya dengan mencampur air perasan lemon menggunakan air hangat, kemudian setelah itu rendamlah telapak tangan anda kedalam air perasan tersebut selama kurang lebih 15 menit.

 

  1. Mengonsumsi Susu Hangat.

Ternyata kandungan vitamin E serta protein yang terdapat pada susu juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Maka dari itu, untuk mengatasi telapak tangan mengelupas ini salah satu caranya yaitu dengan memperbanyak konsumsi susu hangat. Jadi bagi anda yang ingin mengencangkan jaringan kulit ditelapak tangan, sebaiknya sering seringlah mengonsumsi susu hangat.

Selain dengan cara diminum, susu hangat ini juga bisa digunakan untuk merendam telapak tangan anda yang dimasukkan kedalam mangkuk atau ember kecil. Rendamlah telapak tangan selama beberapa menit dan setelah selesai, bilaslah menggunakan air bersih.

 

  1. Menggunakan Kuning Telur.

Jika tidak segera diatasi, kulit telapak tangan yang mengelupas tentunya lama kelamaan akan bertambah semakin parah dan kondisi tersebut pastinya akan mengganggu kenyamanan kita, karena lama kelamaan telapak tangan akan terasa sangat perih saat sedang memegang sesuatu. Untuk mengatasinya, anda pun bisa memanfaatkan kuning telur. Itu karena protein yang terkandung didalam kuning telur memang berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit yang mati.

 

  1. Merendam Tangan Menggunakan Air Hangat.

Salah satu cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah pengelupasan pada kulit telapak tangan adalah dengan meredam telapak tangan kedalam air hangat. Hal ini dilakukan supaya pori-pori dikulit bisa terbuka, sehingga anda bisa terbebas dari kulit kering dan tentunya kelembaban kulit pun bisa selalu terlindungi.

 

  1. Memakai Pelembab Kulit.

Bagi anda terutama para wanita yang mengalami kulit telapak tangan yang mengelupas, tentu anda bisa mengatasinya dengan cara memakai pelembab kulit secara rutin setiap hari. Karena cara ini memang dinilai sangat efektif untuk memlihara kelembaban kulit, sehingga telapak tangan anda bisa tetap halus dan terhindar dari pengelupasan kulit.

 

Jika tidak segera ditanggulangi, tentunya masalah kulit telapak tangan yang mengelupas ini bisa menjadi makin parah. Dan pada akhirnya kulit telapak tangan akan makin menipis yang membuat telapak tangan menjadi gampang terluka. Jadi untuk mengatasinya, anda pun bisa menerapkan beberapa cara yang telah kami sampai pada ulasan diatas.

Loading...