Penyebab dan 7 Cara Mengobati Jerawat Pasir

Jerawat Pasir

Memiliki jerawat satu yang tumbuh di wajah saja sudah bikin pusing, lalu bagaimana jika tumbuh jerawat dalam jumlah banyak dan bisa menutupi sebagian wajah Anda? Tidak hanya meresahkan keberadaan jerawat juga cukup membuat rasa percaya diri menurun.

Ada beberapa jenis umum jerawat yaitu jerawat batu dan jerawat pasir. Jerawat pasir adalah jerawat yang tumbuh di sekitar dahi, pipi, dagu, dada, dan juga punggung dengan memiliki bentuk yang kecil-kecil dan berjumlah banyak. Tumbuhnya jerawat pasir tidak hanya mudah terlihat namun juga membuat permukaan kulit wajah menjadi tidak rata.

Terkhusus wanita pasti akan merasa jengkel dengan adanya jerawat pasir di wajah. Bahkan langkah melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan maupun dokter kulit rela dilakukan, bahkan yang paling berbahayanya ialah asal menggunakan cream di luar produk BPOM yang menjamin kulit wajah mulus dalam waktu singkat.

Padahal untuk memulihkan wajah kembali mulus seperti semula diperlukan ketelanenan dan juga kesabaran karena aka nada masanya wajah bersih kembali. Penggunaan bahan alamipun dianggap lebih aman karena jauh dari bahan-bahan kimia buatan sehingga efeknya tidak akan berbahaya bagi wajah maupun tubuh. Sebelum mengatasin ada kalanya mengetahui penyebabnya terlebih dulu.

Peyebab munculnya jerawat pasir di wajah?

1. Hormon

Pengaruh hormon sangat besar sekali terhadap pertumbuhan jerawat pasir. Biasanya ketika menjelang menstruasi ketika kadar hormone androgen dan estrogen tinggi maka akan memicu tumbuhnya jerawat.

2. Kulit berminyak

Kulit berminyak memang lebih rentan terkena jerawat pasir karena jumlah minyak berlebih pada kulit wajah dan akhirnya menumpuk menyebabkan kulit meradang dan timbullah jerawat.

3. Stress

Terlalu stress tidak hanya buruk bagi kesehatan tetapi juga dapat memperburuk keadaan wajah yaitu munculnya jerawat pasir. Kurangilah kadar stress Anda sebisa mungkin dengan beristirahat cukup ataupun refreshing sehingga mood Anda bisa kembali.

4. Kurang tidur

Kurangnya porsi tidur juga dapat memicu tumbuhnya jerawat pasir, karena seharusnya di malam hari kulit wajah mengalami regenerasi sel-sel kulit justru ini tidak berjalan dan akhirnya sel-sel kulit mati menumpuk dapat menyumbat pori-pori kemudian meradang menjadi jerawat.

5. Komedo

Keberadaan jerawat pasir memang tidak jauh dari adanya komedo. Penyumbatan pori-pori ini ketika tumbuh menjadi komedo makin lama akan meradang dan akhirnya menjadi jerawat pasir.

6. Terlalu banyak mengonsumsi lemak dan gula

Loading...

Terlalu tinggi asupan lemak dan gula akan memicu naiknya kadar minyak termasuk di kulit wajah, minyak tersebut tak dapat dikeluarkan dan akhirnya menumpuk kemudian meradang menjadi jerawat.

Beberapa penyebab di atas mungkin adalah kebiasaan yang sering dilakukan. Namun ketika jerawat pasir sudah terlanjur tumbuh di wajah, masih ada langkah aman dan alami yang mudah untuk Anda lakukan.

7 Cara Mengobati Jerawat Pasir :

1. Menggunakan mentimun

Mentimun tidak hanya memberikan sensasi segar pada wajah namun juga dapat mengatasi jerawat pasir. Caranya iris tipis-tipis mentimun lalu tempelkan ke seluruh wajah terutama yang terdapat jerawat dan biarkan selama 30 menit. Gunakan 1 kali sehari dan setiap hari.

2. Menggunakan scrub teh hijau

Teh hijau tidak hanya baik untuk diet, ampasnya pun bisa digunakan. Caranya oleskan ampas teh hijau ke seluruh permukaan wajah sambil dipijat halus selama 15-20 menit, gunakan setiap hari agar kulit wajah cepat bersih dari jerawat.

3. Menggunakan scrub kopi hitam dan jeruk nipis

Ampas kopi hitam juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Caranya campurkan 2 sendok teh ampas kopi dengan perasan jeruk nipis lalu oleskan ke wajah sambil dipijat halus. Tidak hanya jerawat hilang, kulit wajah akan tampak lebih bersih.

4. Menggunakan madu

Madu juga kaya akan anti oksidan dan baik bagi kesehatan kulit wajah. Caranya oleskan madu ke wajah setiap menjelang tidur malam selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin. Tidak hanya bersih dari jerawat, madu juga membuat wajah lebih kenyal dan kencang.

5. Menggunakan tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan vitamin E sangat baik untuk kecantikan kulit. Iris tipis-tipis tomat lalu oleskan ke wajah selama 15-20 menit, gunakan setiap hari sampai kulit wajah bersih dari jerawat.

6. Menggunakan putih telur

Putih telur sering digunakan sebagai masker pengangkat komedo, termasuk untuk mengatasi jerawat. Caranya ambil 1 butir putih telur lalu kocok, oleskan ke seluruh wajah biarkan hingga meresap, terakhir bilas dengan air hangat.

7. Menggunakan campuran air mawar dan jeruk nipis

Caranya campurkan 1 sendok makan air mawar dengan 1 sendok makan jeruk nipis, lalu semprotkan ke wajah secara merata. Gunakan 3 kali dalam sehari.

Itulah beberapa cara mudah mengatasi jerawat pasir dengan menggunakan bahan-bahan alami. Hal penting lainnya adalah untuk menjaga kulit wajah tetap sehat terapkan pola hidup sehat seperti tidur yang cukup, rutin olahraga, kurangi konsumsi lemak dan gula, kurangi kadar stress, dan hindari pemencetan komedo dengan tangan kosong karena akan memperburuk jerawat di wajah Anda.

Loading...