Penyebab Dada Sesak dan Cara Ampuh Mengatasinya

Penyebab Dada Sesak dan Cara Ampuh Mengatasinya. Pastinya saat kita mengalami rasa sesak dibagian dada, hal itu akan membuat kita merasa tidak nyaman. Untuk masalah kesehatan yang berkaitan dengan sesak dibagian dada pada dasarnya bisa ditimbulkan oleh beberapa penyebab yang berbeda-beda oleh setiap individu. Yang mana penyebab sesak di dada adalah merupakan suatu kondisi yang seringkali timbul tanpa kita sadari. Selain mendatangkan rasa tidak nyaman, sesak dibagian dada ini terkadang juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang sangat serius apabila tidak segera diatasi. Beberapa jenis penyakit yang bisa dikaitkan dengan gejala sesak dibagian dada diantaranya yakni penyakit pneunomia atau bronkitis. Dan jika anda termasuk salah satu orang yang sering mengalami sesak di dada, alangkah baiknya untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan anda tersebut pada dokter yang ahli, agar bisa secepatnya memperoleh tindakan yang tepat, agar sesak di dada yang dirasakan tidak semakin menjadi bertambah kronis. Lantas, kira-kira hal apa saja yang menyebabkan timbulnya sesak dibagian dada? Nah, untuk mengetahuinya, anda bisa simak informasi selengkpanya berikut ini.

penyebab dada sesak dan cara ampuh mengatasinya secara alami

penyebab dada sesak dan cara ampuh mengatasinya secara alami

Faktor Pemicu dan Penyebab Dada Terasa Sesak.

 

  1. Keracunan Karbon Monoksida.

Ketika gas karbon monoksida terhisap oleh saluran pernafasan, hal ini terkadang bisa menimbulkan keracunan karbon monoksida. Itu karena gas karbon monoksida ini dapat menggangu kinerja darah yang mengangkut oksigen ke semua organ tubuh. Dan umumnya gangguan kesehatan seperti ini dapat membuat seseorang menjadi sakit kepala, rasa mual, kejang, dan bahkan parahnya lagi hal ini bisa menyebabkan kematian yang diakibatkan karena sesak nafas dibagian dada.

 

  1. Tersedak.

Memang ada cukup banyak sekali yang bisa menyebabkan dada terasa sesak, namun yang paling sering dijumpai yakni penyebabnya adalah karena tersedak. Kenapa demikian? Itu karena tersedak ini biasanya disebabkan karena adanya benjolan pada makanan yang kita konsumsi, yang hal itu ternyata bisa menyebabkan terhalangnya saluran udara, yang berakibat suplai oksigen kedalam tubuh menjadi kurang sempurna. Dan kondisi seperti inilah yang seringkali menimbulkan sesak dibagian dada.

 

  1. Ada Benda Asing yang Menghalangi Saluran Nafas.

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa ternyata jenis makanan semi padat ini pun bisa menjadi suatu penyebab dada terasa sesak. Dan biasanya gangguan seperti ini sering dirasakan oleh pada orangtua.

 

  1. Tercekik.

Selain itu, penyebab lain rasa sesak dibagian dada juga bisa karena pengaruh tercekik dibagian leher secara disengaja atau tidak disengaja. Meskipun kasus sesak dibagian dada karena cekikan memang jarang terjadi, namun hal ini dapat menjadi salah satu penyebab dada sesak. Itu karena suplai oksigen kedalam tubuh menjadi terhambat, sehingga tidak menutup kemungkinan bisa berakibat kepada kematian.

 

  1. Croup.

Gangguan croup ini merupakan gangguan infeksi pada saluran pernapasan yang bisa menyebkan dada terasa sesak, yang bisa terdeteksi dengan timbulnya batuk-batuk. Dan apabila sudah dalam tingkat yang parah, gangguan kesehatan seperti ini seringkali sangat sulit untuk diketahui, meskipun batuk yang dialami sudah semakin parah.

Loading...

 

Tanda dan Gejala Dada Sesak.

  • Merasakan kesulitan saat bernapas.
  • Denyut nadi menjadi semakin cepat.
  • Tekanan darah menjadi meningkat.
  • Mengalami koma.
  • Mengalami kejang.

Cara Alami dan Ampuh Mengatasi Sesak Dibagian Dada.

 

  1. Posisikan Kepala Agak Tinggi.

Tentunya cara yang satu ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Anda hanya tinggal menyiapkan beberapa bantal yang empuk, kemudian letakkan kepala diatas bantal dengan posisi kepala lebih tinggi dari tubuh. Melalui cara ini, dipercaya memang cukup membantu mempercepat keluarnya lendir serta mencegah penumpukan lendir saat malam hari.

 

  1. Lakukan Gerakan Yoga.

Untuk mengatasi sesak dibagian dada, anda pun bisa melakukan beberapa gerakan yoga. Cara ini memang diyakini cukup membantu untuk melebarkan saluran udara serta mengeluarkan lendir. Untuk melakukannya yaitu dengan meletakkan bantal dilantai, kemudian berbaringlah diatas bantak tersebut, supaya tubuh dan kepala ada pada posisi lebih tinggi dari kaki, kemudian tekuklah bagian lutut. Lalu bentangkan kaki atau lutut dengan posisi datar pada lantai, namun lutut tetap ditekuk dan kedua telapak kaki saling menyentuh.

 

  1. Kompres Panas.

Cara lain membantu meredakan sesak dibagian dada yaitu dengan menempelkan kompres panas yang sudah dimasukkan air panas pada bagian dada serta tenggorokan. Cara melakukannya yakni dengan membaringkan tubuh anda dengan posisi kepala terangkat. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, hingga panasnya meresap masuk ke pori-pori kulit.

 

  1. Berkumur.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi sesak dibagian dada adalah dengan cara berkumur. Karena berkumur ini ternyata sangat membantu untuk menghilangkan lendir pada saluran napas. Untuk melakukan cara ini yakni dengan menyediakan 1 sampai 2 sendok makan garam, lalu siapkan juga setengah cangkir air hangat. Kemudian masukkan garam tadi dan sedikit kunyit kedalam cangkir yang telah terisi air hangat. Setelah itu aduklah secara merata supaya garam tersebut bisa segera larut. Dan sesudah itu anda bisa menggunakannya untuk berkumur.

 

  1. Langkah Penguapan.

Untuk melakukan cara ini memang hampir sama dengan meminum air panas yakni dengan menggunakan air panas serta kelembapan uap yang berguna untuk membantu melarutkan serta membuang lendir di paru-paru dan juga pada bagian tenggorokan bagian dalam. Caranya yakni dengan melakukan mandi menggunakan air panas atau bisa juga dengan menuangkan air panas kedalam mangkuk. Kemudian letakkan bagian wajah diatas mangkuk dan taruhlah handuk diatas kepada, agar uap panasnya bisa masuk. Tahanlah posisi ini dalam beberaoa menit dan jangan lupa juga lakukan pernapasan dalam ketika melakukan cara ini.

 

Beberapa cara mengatasi sesak dibagian dada yang telah kami sampaikan diatas, tentunya bisa anda coba lakukan sendiri dirumah ketika anda sedang mengalami gangguan sesak dibagian dada.

Loading...