Loading...

Penyakit Endometriosis Pada Wanita : Pengertian, Gejala, dan Faktor Resiko

Penyakit Endometriosis Pada Wanita : Pengertian, Gejala, dan Faktor Resiko. Penyakit endometriosis merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan alat reproduksi pada wanita. Tiap bulan, tubuh wanita akan melepaskan hormon yang memicu penebalan dinding rahim atau endometrium, yang merupakan persiapan untuk menerima sel telur yang sudah dibuahi. Apabila tidak terjadi kehamilan, dinding rahim akan luruh dan keluar dari tubuh dalam bentuk darah yang keluar dari vagina.

Endometriosis terjadi saat jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Jika Anda mengidap endometriosis, jaringan tersebut juga mengalami proses penebalan dan luruh, yang sama dengan siklus menstruasi. Tetapi, darah tersebut akhirnya mengendap dan tidak bisa keluar karena terletak di luar rahim. Endapan tersebut akan mengiritasi jaringan di sekitarnya. Lama-kelamaan, jaringan parut atau bekas iritasi pun terbentuk.

 

endometriosis - definisi pengertian tanda dan gejala serta faktor resiko

endometriosis – definisi pengertian tanda dan gejala serta faktor resiko

 

Definisi dan Pengertian Penyakit Endometriosis.

Endometriosis adalah penyakit yang diketahui dengan munculnya bercak di jaringan tubuh endometrium yang berkembang di luar rahim. Seharusnya endometrium ini hanya bisa ditemukan di lapisan perut rahim, yang berada dilapisan rongga perut.

 

Tanda dan Gejala Penyakit Endometriosis Pada Wanita.

Tanda dan gejala awal endometriosis yang timbul akan berbeda-beda dari setiap penderita, namun secara umum ada beberapa tanda dan gejala yang mengarah pada munculnya penyakit endometriosis, yaitu :

 

  • Sering merasa sakit perut hingga panggul.
  • Menstruasi yang tidak teratur.
  • Sakit saat berhungan seksual.

 

Faktor Resiko dan Bahaya Penyakit Endometriosis.

 

  • Mengalami Haid Lebih Cepat.

Biasanya menstruasi akan datang pada seorang gadis ketika dia sudah memasuki usia 14 tahun keatas. Namun sekarang banyak kasus ditemukan bahwa gadis berusia 10 tahun juga telah mengalami masa haid. Hal ini dapat menandakan adanya pertumbuhan hormon yang terlalu baik atau bisa jadi sebagai tanda adanya penyakit endometriosis.

 

  • Rasa Sakit Saat Buang Air Kecil.

Ternyata ada banyak hal yang harus wanita perhatikan seputar organ intimnya. Sebab penyakit endometriosis juga akan menimbulkan gejala dengan memunculkan rasa sakit saat buang air kecil. Hal ini dapat terjadi akibat adanya endometrium yang menempel di salah satu organ yang berhubungan dengan proses ekskresi.

 

  • Muncul Rasa Nyeri Saat Berhubungan Intim.
Loading...

Gejala penyakit endometriosis juga dapat dirasakan saat sedang melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Yaitu dengan munculnya rasa sakit pada organ intim saat sedang melakukan hubungan seksual.

 

  • Siklus Haid yang Lebih Awal.

Biasanya wanita yang menderita penyakit endometriosis akan mengalami siklus haid yang lebih cepat dari normalnya. Hal ini disebabkan karena endometriosis akan menyerang bagian kesuburan dari penderita.

 

  • Siklus Menstruasi Lebih Lama.

Pada penyakit endometriosis, tidak hanya membuat siklus haid lebih awal akan tetapi juga bisa kebalikannya yaitu mengalami siklus haid yang lebih lama.

 

  • Mengalami Orgasme Di Saat Haid.

Wanita yang menderita endometriosis, cenderung akan mengalami orgasme padahal sedang dalam masa haid. Hal ini tentu akan memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan.

 

  • Kemandulan.

Wanita yang harus berurusan dengan penyakit endometriosis maka memiliki kemungkinan yang besar untuk tidak bisa memiliki keturunan atau mandul. Hal ini dapat terjadi karena jaringan endometrium yang seharusnya berada pada lapisan rahim justru tumbuh dan berkembang pada jaringan organ lainnya. Sehingga akan memunculkan gangguan pada rahim yang membuatnya tidak dapat berfungsi dengan baik.

 

  • Sakit Perut.

Munculnya rasa sakit di perut dan juga bagian panggul memang dapat terjadi saat menstruasi. Namun adakalanya gejala ini merupakan tanda adanya penyakit endometriosis yang sedang bersarang.

 

  • Kematian.

Kematian dalam penyakit endometriosis merupakan salah satu risiko paling besar dan mengerikannya lagi adalah risiko utama yang harus di alami oleh wanita. Penyakit endometriosis akan merusak organ reproduksi wanita, dan sangat berpotensi merusak organ lain didalam tubuh juga.

 

Jangan pernah menyepelekan masalah sekecil apapun yang mungkin terjadi pada organ kewanitaan sebab bisa jadi masalah kecil tersebut dapat berkembang menjadi lebih parah dan serius. Semoga pengetahuan mengenai gejala dan bahaya dari penyakit endometriosis ini dapat membuat kita semua lebih waspada dan berhati-hati akan segala perubahan yang terjadi pada kondisi fisik. Untuk lebih baiknya, segera lakukan pemeriksaan jika sampai terjadi hal-hal yang janggal pada organ tubuh agar segera bisa mengetahui gangguan kesehatan apa yang sedang mengancam diri kita. Jika artikel tentang Penyakit Endometriosis Pada Wanita : Pengertian, Gejala, dan Faktor Resiko ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan kepada keluarga dan kerabat anda.

Loading...