Khasiat dan Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan. Susu kambing memang masih jarang dikonsumsi oleh masyarakat untuk di jadikan minuman sehat sehari-hari. Masyarakat cenderung masih bertahan dengan susu sapi yang memang sudah sedari dulu diambil untuk dikonsumsi setiap harinya. Sebenarnya apakah susu kambing itu baik dikonsumsi layaknya susu sapi? Masih banyak diantara kita yang belum begitu memahami manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh. Di negara India, susu kambing sudah menjadi minuman yang tak asing lagi, bahkan orang disana lebih memilih mengkonsumsi susu kambing daripada susu sapi. Mereka percaya bahwa susu kambing baik untuk kesehatan tubuh, dan di dalamnya pun tersimpan kandungan kalsium yang cukup tinggi, sama seperti susu sapi.

 

Perlu untuk kita ketahui, didalam satu gelas susu kambing terdapat kandungan kalori sebesar 170 kalori, 27 miligram kolesterol, 10 gram protein, 6,3 gram lemak jenuh dan 11 gram karbohidrat. Tidak hanya itu, di dalam susu kambing juga terdapat kandungan lain diantaranya vitamin A, vitamin B2, vitamin C, vitamin D, fosfor, magnesium, tembaga, seng, riboflavin, selenium, dan juga potassium. Dan berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai segala khasiat dan manfaat susu kambing untuk kesehatan.

 

Perbandingan manfaat susu kambing dengan susu sapi bagi kesehatan tubuh.

 

khasiat dan manfaat susu kambing

khasiat dan manfaat susu kambing

 

  1. Membantu Penyerapan Nutrisi.

Dengan meminum susu kambing akan membuat tubuh kita bisa secara efisien dalam melakukan penyerapan terhadap segala nutrisi yang masuk dalam tubuh seperti kalsium, fosfor, zat besi serta magnesium. Susu kambing mampu mencegah masalah anemia dan osteoporosis dini.

 

  1. Kandungan Laktosanya Rendah.

Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah. Hal ini sangat berguna bagi kita yang menderita intoleransi terhadap kandungan laktosa di dalam susu. Atau bagi kita yang sulit untuk mencerna susu biasa, kini kita bisa menggantinya dengan susu kambing, namun sebaiknya mencoba untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung.
Loading...

Susu kambing ternyata memiliki peranan yang cukup baik untuk tubuh, karena susu kambing mampu melindungi kesehatan organ jantung kita. Hal ini ditunjukan dengan adanya manfaat yang mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik di dalam tubuh, dan menekan atau mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah. Dengan demikian organ jantung akan mendapatkan pengaruh baiknya dari menurunnya kadar kolestrol jahat di dalam tubuh.

 

  1. Menjaga Kesehatan Kulit.

Selanjutnya manfaat susu kambing yang jarang diketahui adalah mampu menjaga kesehatan kulit tubuh kita. Di dalam susu kambing terdapat kandungan vitamin A yang cukup tinggi, dan hal ini tentu akan memberikan pengaruh yang baik pada kesehatan kulit kita. Dengan rajin mengkonsumsi susu kambing dalam beberapa hari saja, kulit dapat terasa lebih halus, lembut dan sehat terlindungi.

 

  1. Mengandung Asam Lemak.

Didalam susu kambing terdapat kandungan asam lemak rantai sedang sebanyak 35 persen, sedangkan pada susu sapi hanya ada sekitar 20 persennya saja. Asam lemak rantai sedang ini berguna untuk mencegah gangguan pada usus dan juga beberapa masalah pada organ jantung.

 

  1. Berkalsium Tinggi.

Susu kambing juga mengandung kalsium yang merupakan komponen pembentuk tulang yang sehat. Dengan meminum susu kambing dapat membantu memelihara kesehatan tulang, dan melindunginya dari berbagai masalah seperti osteoporosis, pengapuran dan lain sebagainya.

 

  1. Lebih Mudah Dicerna.

Kebaikan susu kambing jika dibandingkan dengan susu kambing saat dikonsumsi adalah terletak pada kemudahan dalam proses pencernaannya. Susu kambing di dalamnya memiliki molekul lemak yang ukurannya jauh lebih kecil dibanding dengan susu sapi, sehingga akan lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh.

 

Itulah tadi beberapa khasiat dan manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh yang ternyata sampai saat ini masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Loading...