Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Penderita Mata Minus

Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Penderita Mata Minus. Umumnya seseorang yang menderita mata minus ini akan memiliki pandangan yang kabur saat melihat dari jarak kejauhan atau yang sering diistilahkan sebagai penyakit rabun jauh. Gangguan mata seperti ini bisa juga timbul karena faktor keturunan, akan tetapi juga bisa terjadi karena kebiasaan sehari-hari seperti berada didepan layar komputer dalam waktu lama. Mata minus ini terjadi disebabkan karena penurunan fungsi mata yang pada akhirnya membuat mata kita tidak berfungsi normal sebagaimana mestinya.

Mata minus atau biasa dikenal juga dengan sebutan rabun jauh ini jika masih dalam tahap ringan bisa ditanggulangi dengan menggunakan alat bantu yakni dengan menggunakan kacamata berlensa cekung. Namun untuk pertemuan kali ini, kami tidak akan membahas mengenai cara mengobati mata minus, akan tetapi lebih kami akan mengulas mengenai jenis makanan yang wajib dikonsumi oleh penderita mata minus, agar mata minus yang anda alami tidak menjadi bertambah parah.

Tapi sebelum kita masuk dalam pembahasan ini, tidak ada salahnya jika kita terlebih dahulu mengetahui penyebab dan gejala mata minus itu sendiri. Berikut informasinya.

 

Faktor Penyebab Mata Minus.

 

pemicu dan penyebab mata minus atau rabun jauh

pemicu dan penyebab mata minus atau rabun jauh

 

  1. Pola Makan yang Kurang Baik.

Tentunya aktivitas pekerjaan kita sehari-hari seringkali membuat kita sendiri lupa memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi. Padahal sebenarnya kandungan gizi atau vitamin dari makanan yang kita konsumsi setiap hari tersebut merupakan salah satu faktor penentu agar tubuh kita memperoleh asupan makanan yang sehat, yang dalam hal ini karena kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C.

 

  1. Stres Mata.

Ternyata tidak cuma pikiran saja yang bisa stres, mata pun bisa mengalami stres. Timbulnya stres mata ini biasanya dikarenakan aktivitas mata kita yang terlalu berlebihan saat melihat objek dari jarak dekat, seperti misalnya membaca buku atau menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama sehingga membuat mata tidak bisa beristirahat.

 

  1. Kebiasaan Buruk.

Biasanya kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari terkadang kita sendiri tidak menyadarinya. Yang sebenarnya kebiasaan yang kita lakukan tersebut bisa membuat mata kita menjadi lelah, seperti misalnya kebiasaan menonton televisi atau menggunakan gadget sambil tiduran. Jadi bila tidak ingin mengalami mata minus, mulai sekarang hindarilah kebiasaan-kebiasaan tersebut.

 

  1. Faktor Keturunan.

Seperti yang sudah kami katakan di awal pembahasan tadi, bahwa salah penyebab mata minus bisa juga karena faktor keturunan. Jadi bila anda memiliki anggota keluarga yang terkena mata minus, biasanya anda pun juga berisiko terkena mata minus, meskipun faktor penyebab yang satu ini tidak sepenuhnya benar. Tapi setidaknya kita perlu mewaspadainya.

 

Tanda dan Gejala Mata Minus.

 

ciri tanda dan gejala mata minus atau rabun jauh

ciri tanda dan gejala mata minus atau rabun jauh

 

  1. Kemampuan Penglihatan Buruk Saat Malam Hari.

Apabila anda merasakan ada perbedaan terutama pada kemampuan penglihatan pada malam hari, bisa jadi kondisi ini merupakan sebuah gejala mata minus. Semakin buruknya kemampuan penglihatan pada malam hari, seringkali akan sangat jelas terasa saat ada diluar ruangan dengan kondisi cahaya yang redup.

 

  1. Pandangan Kabur Saat Melihat Dari Kejauhan.

Salah satu gejala mata minus biasanya ditandai dengan penglihatan yang kabur dari jarak kejauhan. Jadi jika itu terjadi pada kita, tentunya kita akan kesulitan saat melihat suatu benda atau melihat orang dari jarak jauh. Dan apabila kondisi seperti ini sering anda alami, kemungkinan besar anda sudah terkena gejala mata minus atau rabun jauh.

 

  1. Mengalami Pusing dan Sakit Kepala.

Jika anda sering mengalami pusing atau sakit kepala, itu kemungkinan juga merupakan salah satu tanda mata anda lelah dan butuh istirahat. Apabila hal ini sering anda alami, bisa jadi anda terkena gejala mata minus. Itu karena memang mata yang lelah merupakan salah satu penyebab utama timbulnya masalah mata minus.

 

Loading...

Memang untuk mengobati mata minus, salah satu cara terbaiknya adalah dengan melakukan operasi, agar fungsi mata bisa sepenuhnya bekerja normal. Namun, ternyata pengobatan mata minus juga bsia dengan melakukan pengobatan alternatif. Jadi, supaya mata minus yang anda alami tidak bertambah parah, sebaiknya hindarilah kebiasaan buruk yang bisa memicu mata minus, dan yang terpenting juga yaitu konsumsilah jenis makanan yang memiliki vitamin yang baik untuk menutrsi mata.

 

Nah, untuk mengetahui jenis-jenis makanan apa saja yang wajib dikonsumsi penderita mata minus, berikut ini bisa kalian baca info lebih lengkapnya!

 

7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Penderita Mata Minus.

 

jenis makanan sayur dan buah untuk mata minus atau rabun

jenis makanan sayur dan buah untuk mata minus atau rabun

 

  1. Ikan Laut.

Jenis-jenis ikan laut seperti tuna makarel dan salmon memang mempunyai banyak kandungan DHA yang sangat baik untuk mencegah penyakit mata. Jadi agar anda bisa terhindar dari mata minus, disarankan untuk sering seringlah mengonsumsi jenis ikan laut ini yang memiliki banyak kandungan nutrisi.

 

  1. Tomat.

Ternyata tomat tidak cuma berfungsi untuk memelihara kesehatan kulit, namun tomat juga sangat berguna untuk mendukung kesehatan mata. Itu karena vitamin A, C, likopen yang terkandung dalam buah tomat ini juga berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan mata, supaya kita terbebas dari penyakit rabun jauh.

 

  1. Wortel.

Jenis sayuran yang satu ini ternyata sangat baik sekali dikonsumsi bagi penderita mata minus. Itu karena kandungan vitamin A yang terdapat dalam wortel sangat berguna untuk mempertajamkan kemampuan penglihatan.

 

  1. Daun Selada.

Jenis sayuran lain yang juga wajib dikonsumsi oleh penderita mata minus yakni selada. Pasalnya, jenis sayuran yang satu ini memiliki kandungan senyawa antioksidan. Dan beberapa penelitian menemukan bahwa kandungan senayawa ini punya peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari penyakit mata seperti mata minus dan katarak.

 

  1. Buah Beri.

Berbagai jenis buah seperti, rasberry, stroberi, blueberry merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk memperkuat fungsi kerja mata. Karena buah-buahan beri ini kaya akan kandungan vitamin C yang dalam hal ini sangat berkontribusi penting dalam melindungi kesehatan mata.

 

  1. Kuning Telur.

Kuning telur ternyata juga sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Karena kandungan senyawa zeaxanthin yang tersimpan dalam kuning telur ini bermanfaat sebagai pencegah timbulnya mata minus. Tak hanya itu kandungan zinc yang terdapat pada telur ternyata juga berguna untuk mencegah penurunan kemampuan penglihatan.

 

  1. Kiwi.

Buah kiwi ini ternyata memiliki khasiat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Kandungan lutein dan karotenoid yang ada pada buah kiwi ini memang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mata.

 

Itulah tadi penjelasan kami mengenai gejala dan penyebab mata minus, serta jenis makan yang wajib dikonsumsi untuk penderita mata minus. Semoga bermanfaat ya!

Loading...