Fungsi dan Cara Meningkatkan Hormon Progesteron Dalam Tubuh Wanita

Fungsi dan Cara Meningkatkan Hormon Progesteron Dalam Tubuh Wanita. Hormon progesteron adalah salah satu jenis hormon yang memiliki peranan penting untuk fungsi seksual dan reproduksi wanita. Hormon progesteron akan bekerja secara terus menerus dalam melindungi stabilitas tubuh. Hormon progesteron paling banyak dihasilkan oleh korpus luteum di ovarium selama paruh kedua siklus menstruasi, juga bisa dihasilkan oleh plasenta pada saat seorang wanita hamil, dan dihasilkan sedikit oleh kelenjar adrenal. Sejatinya, hormon progesteron ini lebih dibutukan fungsinya bagi kaum wanita yang akan mempengaruhi fungsi dari reproduksi serta membantu mengatasi terjadinya kehamilan yang berisiko dan menjaga hormon tubuh agar bisa dalam keadaan yang seimbang.

hormon progesteron - pengertian fungsi dan cara meningkatkan secara alami

hormon progesteron – pengertian fungsi dan cara meningkatkan secara alami

Fungsi Hormon Progesteron Bagi Tubuh Wanita

Adapun fungsi dari hormon progesteron antara lain :

  • Menebalkan dinding endometrium yang berguna untuk proses implantasi saat terjadi fertilisasi diantara ovum dan juga sperma.
  • Berguna untuk mempertahankan kehamilan saat usia muda sehingga tidak berisiko pada gangguan keguguran.
  • Berperan penting dalam masa kehamilan awal yang akan menekan terjadinya kontraksi uterus.
  • Hormon progesteron juga akan membantu menurunkan gairah seksual pada saat fase awal kehamilan, yang bertujuan untuk membantu melindungi janin yang masih berusia sangat muda yang masih sangat rentan terhadap berbagai benturan.
  • Berfungsi untuk mempersiapkan kondisi payudara dalam proses laktasi.
  • Mengatur siklus haid.

Faktor Penyebab Kekurangan Hormon Progesteron.

Seorang wanita yang kekurangan hormon progesteron akan banyak mengalami gangguan pada kesehatannya. Kekurangan hormon progesteron dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu :

Penggunaan Pil Kontrasepsi.

Sebaiknya penting bagi para wanita untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum memutuskan menggunakan pil kontrasepsi sebagai salah satu alat pencegah kehamilan. Karena penggunaan pil ini terkadang kurang cocok pada kondisi kesehatan setiap wanita.

Adanya Stres.

Stres ternyata akan membuat kadar hormon progesteron dalam tubuh menjadi berkurang dan hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada gangguan kesehatan.

Akibat Diet.

Diet ketat yang dilakukan oleh wanita untuk bisa mendapatkan bentuk badan yang langsing, juga akan sangat mempengaruhi jumlah hormon progesteron ini dalam tubuh.

Pemakaian Produk Kosmetik.

Penggunaan produk kosmetik yang banyak mengandung zat berbahaya juga bisa mengurangi kadar hormon progesteron ini.

Pengaruh Lingkungan.

Kondisi lingkungan yang kurang menjaga kebersihan juga akan berpengaruh pada kondisi hormon progesteron dalam tubuh.

Loading...

Cara Meningkatkan Jumlah Hormon Progesteron Secara Alami

Mengingat pentingnya fugsi dan peran hormon progesteron bagi tubuh wanita, maka perlu untuk selalu menjaga kadar dan jumlah hormon progesteron ini tetap dalam kondisi normal dan tercukupi. Jika anda mengalami kondisi kekurangan hormon progesteron, berikut ini adalah cara meningkatkan jumlah hormon progesteron secara alami yang bisa anda terapkan.

  1. Perbanyak Buah dan Sayur.

Mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran memang sangat perlu untuk dilakukan. Pasalnya dari buah dan juga sayuran tubuh kita akan banyak mendapatkan kandungan senyawa yang mampu meningkatkan kadar hormon progesteron di dalam tubuh. Untuk buah yang direkomendasikan adalah aneka macam buah berry seperti stroberi, blueberry, cranberry, blackberry dan segala macamnya, kiwi, srikaya. Dan untuk jenis sayurannya adalah bayam merah, noni dan lain sebagainya.

  1. Konsumsi Vitamin E.

Selanjutnya cara meningkatkan kadar hormon progesteron di dalam tubuh adalah dengan cara memperbanyak asupan vitamin E. Dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E akan membantu meningkatkan jumlah hormon progesteron dalm tubuh. Bagi kaum wanita yang ingin mempunyai kesuburan pada reproduksinya maka penting untuk selalu menjaga asupan vitamin E ini. Makanan yang banyak mengandung vitamin E antara lain tempe, kecambah atau tauge dan juga jenis biji-bijian.

  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin B6.

Vitamin B6 di dalam tubuh akan membantu menyeimbangkan kadar hormon progesteron didalam tubuh. Dengan selalu menjaga kebutuhan vitamin B6 ini berarti sama halnya dengan menjaga bagian reproduksi wanita dari berbagai macam gangguan. Makanan yang dapat menjadi sumber vitamin B6 adalah susu kedelai, sereal dan juga kenari.

  1. Mengkonsumsi Susu Murni Hewani.

Konsumsilah susu sapi, unta atau kambing yang banyak mengandung senyawa yang hampir sama dengan senyawa yang ada di dalam hormon progesteron. Dengan mengkonsumsi susu murni dari hewani ini terbukti mampu meningkatkan hormon progesteron dalam tubuh. Dengan demikian sangat disarankan untuk meminum sus murni dari hewan pada masa kehamilan dan menyusui. Hal ini akan membantu meningkatkan kesuburan dan kesehatan tubuh.

  1. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Seng.

Untuk bisa mendapatkan keseimbangan kadar hormon progesteron di dalam tubuh bisa dilaukan dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan seng. Seng dikenal sebagai salah satu kandungan dalam makanan yang mampu meningkatkan kadar hormon progesteron. Dengan mengkonsumsi makanan sumber seng akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa jenis makanan yang bisa menghasilkan kandungan seng diantaranya adalah daging merah, daging ayam kalkun, kerang dan juga sayuran bayam.

  1. Mengkonsumsi Kunyit.

Selain mengkonsumsi beragam bahan makanan sehat, kita juga bisa mengkonsumsi kunyit untuk membantu meningkatkan hormon progesteron di dalam tubuh. Jika kunyit ini dikonsumsi secara teratur, maka hormon progesteron didalam tubuh akan perlahan mengalami kenaikan. Cara paling enak untuk mengkonsumsi kunyit ini adalah dengan membuatnya sebagai jamu kunyit yang dapat dinikmati setiap saat.

  1. Konsumsi Makanan Yang Tinggi Vitamin C.

Berbagai macam vitamin di dalam tubuh memiliki peranan yang sangat penting, seperti vitamin C ini. Dipercaya bahwa kandungan vitamin C di dalam tubuh juga berguna untuk mendukung pembangunan hormon progesteron. Keluhan seperti fertilisasi, haid yang tidak teratur dan kekurangan hormon progesteron akan diatasi dengan baik oleh manfaat vitamin C ini. Makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, tomat, stroberi, jambu, mangga dan lain sebagainya.

  1. Mengkonsumsi Kuning Telur.

Bagian dari telur yaitu kuningnya merupakan makanan yang banyak mengandung nilai gizi. Selain itu, telur kuning juga berguna untuk meningkatkan kadar hormon progesteron di dalam tubuh. Untuk lebih mendapatkan manfaatnya, maka disarankan untuk lebih memilih kuning telur dari ayam kampung, karena ayam kampung melewati proses reproduksi yang lebih alami dan sama sekali tida mengandung zat kimia di dalamnya.

  1. Mengkonsumsi Ubi liar.

Ubi liar dapat dikatakan sebagai salah satu tanaman alami yang sangat baik untuk dikonsumsi agar hormon progesteron dalam tubuh dapat meningkat. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan senyawa pada ubi liar di kenal sangat baik untuk tubuh. Dengan meningkatnya hormon ini maka akan semakin meningkat pula kesehatan tubuh kita.

  1. Daging Ayam.

Mengkonsumsi daging ayam berguna juga untuk menaikan kadar hormon progesteron dalam tubuh. Daging ayam kaya akan kandungan protein yang berguna untuk kesehatan tubuh dan juga secara efektif dapat meningkatkan hormon progesteron di dalam tubuh.

Itu dia tadi cara alami untuk meningkatkan hormon progesteron di dalam tubuh. Dari informasi tersebut kita jadi tahu apa sebenarnya hormon progesteron ini dan juga fungsinya untuk tubuh. Sehingga penting bagi kita untuk mulai sekarang mencoba menjaga keseimbangan kadar hormon progesteron ini dalam tubuh. Semoga informasi seputar kesehatan tentang fungsi dan cara meningkatkan kadar hormon progesteron pada wanita ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Loading...