Loading...

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami dan Efektif

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami dan Efektif. Tentunya kita semua pasti mengalami masalah perut kembung, yang mana perut kembung ini merupakan keadaan dimana perut terasa sesak dan apabila dipukul secara perlahan akan mengisyaratkan bunyi. Tak hanya itu saja, biasanya gejala perut kembung ini juga merukan suatu kondisi dimana perut terlihat membesar yang tentunya hal ini akan membuat si penderita merasa tidak nyaman. Kemudian gejala perut kembung lain yang juga sering dirasakan oleh penderita yakni kentut yang terus menerus atau bahkan sulit untuk kentut, dan juga sering bersendawa. Keadaan perut yang kembung ini umumnya berhubungan dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Nah, untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai penyebab perut kembung, berikut ini bisa kalian baca informasi selengkapnya.

 

faktor penyebab perut kembung serta cara mengatasinya secara alami

faktor penyebab perut kembung serta cara mengatasinya secara alami

 

Faktor Pemicu dan Penyebab Perut Kembung.

 

  1. Makanan dan Minuman.

Seringkali dari banyak kasus yang terjadi, masalah perut kembung ini disebabkan karena kesalahan kita sendiri saat mengkonsumsi jenis makanan atau minuman. Sedangkan untuk makanan atau minuman penyebab perut kembung itu sendiri umumnya ada pada jenis makanan yang banyak mengandung gas seperi misalnya minuman bersoda, gorengan, roti, makanan yang mengandung pemanis buatan, produk susu olahan. Tak terkecuali juga jenis buah-buahan seperti nangka, apel, dan durian pun ternyata bisa menjadi penyebab masalah perut kembung. Pasalnya, beberapa jenis makanan atau minuman yang kami sebutkan tadi dapat memproduksi gas yang bisa menjadi penyebab perut kembung.

 

  1. Menelan Udara.

Pada kondisi tertentu ketika kita mengkonsumsi makanan atau minuman, ternyata tanpa disadari kita pun secara otomatis akan menelan angin. Yang mana angin yang tertelan tadi lazimnya akan keluar saat kita kentut ataupun bersendawa. Dan sebenarnya keadaan ini adalah sesuatu yang wajar saja. Namun apabila angin yang anda telan tersebut terlalu banyak yang berakibat anda sulit kentut atau bahkan tidak bisa bersendawa, dikhawatirkan hal itu bisa menyebabkan perut menjadi kembung. Adapun beberapa kondisi yang bisa membuat anda terlalu banyak menelan angin saat mengkonsumsi makanan atau minuman, seperti makan terburu-buru, minum terlalu cepat dengan memakai sedotan, makan permen karet, makan sambil bicara. Jadi bagi kalian yang memang sering melakukan kebiasaan tersebut, sebaiknya mulai sekarang anda merubah kebiasaan tersebut untuk menghindari dari masalah perut kembung.

 

  1. Sering Mengkonsumsi Obat-obatan Atau Suplemen.

Hal lain yang juga bisa menjadi penyebab perut kembung, antara lain karena anda sering mengkonsumsi jenis obat atau suplemen penambah nutrisi seperti obat diare, obat diabetes, obat sembelit, atau suplemen multivitamin. Dan apabila ternyata anda mengalami masalah perut perut kembung sesudah mengkonsumsi salah satu jenis obat atau suplemen tersebut, dianjurkan untuk segera menghentikan penggunaan jenis obat tersebut, atau anda pun bisa berkonsultasi kepada dokter agar bisa memberikan obat yang sesuai dengan kondisi perut anda saat ini.

 

  1. Penyakit.

Salah satu penyebab utama masalah perut kembung biasanya disebabkan karena adanya penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Yang mana hal inilah yang sering sekali menjadi penyebab perut kembung. Beberapa penyakit yang umumnya menjadi penyebab gejala perut kembung antara lain kanker usus, penyakit asam lambung, sembelit, diare dan lain sebagainya.

 

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab perut kembung yang telah kami sampaikan tadi, tentunya anda pun akan lebih mudah mengenali gejala dan penyebab perut kembung serta yang terpenting anda pun harus menghindarinya.

 

Loading...

Namun, tidak cukup dengan mengetahui gejala dan penyebabnya saja, anda juga perlu mengetahui cara mengatasinya. Nah, pada pembahasan kali ini kami pun akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi masalah perut kembung, baik itu dengan obat dokter, maupun dengan menggunakan obat berbahan alami. Berikut caranya!

 

Cara Alami Untuk Mencegah dan Mengatasi Perut Kembung Yang Ampuh dan Efektif.

 

  1. Mengatasi Perut Kembung Menggunakan Ramuan Herbal.

Ternyata ada cukup banyak sekali jenis obat berbahan alami yang bisa konsumsi untuk mengatasi masalah perut kembung, yang salah satunya bisa anda temukan pada jahe. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, hanya dengan meminum air jahe hangat yang telah direbus, atau juga bisa dengan cara mengunyah jahe tersebut. Selain jahe, ada juga jenis obat alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati perut kembung, yakni bawang merah. Yang mana bawang merah memang sejak dulu sudah dipercaya ampuh untuk mengobati perut kembung. Cara penggunaannya yakni dengan menyiapkan bawang merah, kemudian parutlah, lalu anda bisa mencampurkannya dengan minyak kayu putih. Setelah itu tempelkan parutan bawang putih tersebut pada bagian pusar diperut anda.

 

  1. Mengganti Kebiasaan Pola Makan.

Sikap yang perlu kita ambil dalam mencegah timbulnya masalah perut kembung yakni dengan cara mengganti kebiasaan pola makan kita setiap hari. Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh kebiasaan yang bisa anda terapkan untuk mencegah serta mengobati perut kembung, yakni dengan cara:

  • Mengurangi jumlah porsi makanan.
  • Mengunyah makanan secara perlahan hingga halus, baru kemudian ditelan, sehingga lambung akan lebih gampang untuk mencerna makanan tersebut.
  • Diusahakan untuk menghindari konsumsi makan yang mengandung gas dan kurangilah konsumsi makanan goresan atau berlemak.
  • Jika anda memiliki masalah pada sistem perncernaan, sebaiknya anda tidak meminum produk susu olahan.
  • Biasakan ketika minum tidak memakai sedotan.
  • Teratur melakukan olahraga dan berhentilah merokok.

 

  1. Mengatasi Perut Kembung Menggunakan Obat-obatan.

Untuk mengobati masalah perut kembung, anda pun bisa menanganinya dengan mengkonsumsi jenis obatan-obatan yang bisa anda peroleh dengan mudah di apotek.

 

Nah, untuk jenis obat-obatan untuk mengatasi perut kembung antara lain:

 

  • Alpha D-galactosidase.

Jenis obat yang satu ini ternyata memiliki khasiat untuk membantu saluran pencernaan anda agar bisa mencerna makanan dengan baik.

  • Simethocone.

Kandungan yang terdapat dalam obat ini berfungsi untuk menurunkan kadar gas berlebih pada sistem percernaan kita. Sehingga dengan mengkonsumsi obat ini, diharapkan bisa membuat sistem pencernaan anda kembali normal.

  • Suplemen Laktase.

Untuk jenis suplemen yang satu ini memilki kegunaan untuk melancarkan proses pencernaan laktosa didalam tubuh kita.

 

Itulah tadi informasi seputar kesehatan tentang faktor pemicu dan penyebab perut kembung, serta cara mengatasinya secara alami dan terbukti ampuh. Dari beberapa cara mencegah dan mengatasi perut kembung yang telah kami sampaikan diatas, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, terutama bagi anda yang sering mengalami masalah perut kembung.

Loading...