Faktor Pemicu dan Penyebab Lambung Pecah

Faktor Pemicu dan Penyebab Lambung Pecah. Lambung dapat mengalami berbagai macam masalah salah satunya adalah peradangan yang berakibat pecahnya lambung. Hal ini dapat terjadi akibat adanya masalah infeksi, peradangan atau luka yang akhirnya dapat membuat lambung menjadi pecah. Apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan lambung pecah? Perforasi gaster atau lambung pecah adalah penyakit yang disebabkan oleh komplikasi serius dari penyakit tukak lambung. Tukak lambung merupakan luka yang terjadi pada lapisan lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung, yang juga bisa terjadi pada dinding duodenum (bagian  pertama usus  kecil). Pola hidup yang buruk dan pola makan yang tidak sehat akan menjadi penyebab utama dari adanya permasalahan pada lambung ini. Ketika lambung sudah sampai pecah, maka dapat menyebabkan gejala mual, muntah, turunnya nafsu makan dan juga timbul rasa perih di dalam jaringan perut, bahkan bisa juga mengakibatkan kematian.

lambung pecah - pengertian, gejala, dan penyebab

lambung pecah – pengertian, gejala, dan penyebab

Dan inilah beberapa hal yang dapat menyebabkan lambung pecah, diantaranya adalah sebagai berikut.

Hal-Hal yang Dapat Menyebabkan Lambung Pecah.

  1. Pemakaian Obat-Obatan.

Untuk kita yang sering menggunakan obat-obatan tanpa adanya resep dari dokter mulai saat ini cobalah untuk beralih pada pengobatan yang alami jika memang sakit yang dirasa masih terbilang ringan. Sebab obat warung yang bukan berdasarkan resep dari dokter mempunyai kandungan yang dapat berakibat pada gangguan kesehatan. Obat-obatan tersebut mengandung zat kimia jenis non steroid, aspirin atau diclofenol dan juga ibuprofen yang kadarnya berlebihan. Sehingga dapat menyebabkan iritasi pada lapisan lambung di bagian dalam yang dapat berkembang menjadi peradangan dan memicu lambung pecah.

  1. Makanan yang Tidak Bersih.

Salah satu penyebab terjadinya permasalahan pada lambung adalah makanan yang kurang terjaga kebersihannya. Makanan yang dijual dipinggiran jalan dan tidak menggunakan penutup diatasnya akan memudahkan bakteri, kotoran dan kuman menempel di dalam makanan tersebut. Dan jika sampai makanan yang tidak steril ini masuk kedalam perut maka timbulah masalah di lambung. Makanan yang tidak tertutup akan dapat tercemari oleh bakteri dari jenis helicobacter pylori yang biasa di bawa oleh angin, dan juga jamahan hewan seperti lalat, kecoa, dan tikus. Bakteri jenis helicobacter pylori ini merupakan bakteri yang akan berbuat kerusakan di jaringan lambung yang akan melakukan serangan dengan cara melukai, kemudian melubangi yang akhirnya menyebabkan pendarahan akibat lambung pecah.

  1. Tumor Lambung.

Organ lambung juga dapat ditumbuhi oleh tumor, meskipun terkadang tumor ini mempunyai sifat jinak yang tidak berbahaya, akan tetapi jika keberdaannya tidak segera dimusnahkan maka bisa berkembang dan ukurannya akan semakin besar. Akibat pembesaran tumor inilah yang akhirnya dapat mendesak dinding lambung yang dapat menimbulkan luka, iritasi dan berkembang menjadi peradangan. Apabila dalam kasus peradangan ini ada bakteri yang ikut berperan dialamnya, maka potensi untuk mengalami lambung pecah akan semakin bertambah.

  1. Makanan Asam dan Pedas.

Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas dan juga asam akan membuat asam lambung menjadi meningkat. Jika asam lambung ini terlampau tinggi, tentu akan memberi dampak yang fatal pada organ lambung. Karena dapat mengiritasi, melukai dan merusak lambung sehingga lambung akan kehilangan segala fungsinya dan jika hal ini tidak segera diatasi, maka akan berpotensi pada pendarahan dan lambung pecah.

  1. Mengkonsumsi Alkohol.

Berlebihan dalam mengkonsumsi alkohol tidak hanya akan merusak organ dalam tubuh saja, tetapi akan berakibat sangat fatal jika kebisaan tersebut tidak segera dihentikan. Alkohol memiliki sifat panas yang dapat merusak dinding lambung sehingga dinding lambung ini akan mengalami penipisan. Jika dinding ini terus menipis tentu akan cepat mengalami berbagai gangguan seperti iritasi, peradangan hingga risiko lambung pecah.

  1. Riwayat Penyakit.

Selanjutnya penyebab terjadinya lambung pecah adalah adanya riwayat penyakit seperti maag kronis. Akibat dari penyakit ini akan memudahkan lambung untuk terserang iritasi dan juga peradangan yang jika dibiarkan akan menyebabkan masalah pendarahan dan bisa menimbulkan risiko besar lambung menjadi pecah.

  1. Pembuluh Darah Lambung Mengalami Kerusakan.

Ketika pembuluh darah di lambung mengalami kerusakan atau peradangan yang diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri, pasca operasi dan cedera karena benturan keras. Maka bisa meningkatkan asam lambung yang akan membuat kondisi asam lambung menjadi semakin parah. Karena peningkatan asam lambung inilah yang akhirnya akan membuat lambung mengalami pecah dan pendarahan.

Loading...
  1. Varises Lambung.

Tidak hanya bagian kaki saja yang rentan terhadap gangguan seperti varises. Karena organ lambungpun tak luput dari masalah varises ini. Varises lambung adalah suatu kondisi yang akan membuat masalah pelebaran pada pembuluh lambung yang tidak segera mendapatkan pertolongan maka akan mengakibatkan masalah peradangan, pendarahan dan berujung pada masalah lambung pecah.

  1. Kanker Lambung.

Di dalam lambung kita banyak terdapat sel yang ada di dalam jaringan lambung. Jika sel sehat ini terjangkiti oleh kanker maka akan terus menyerang lambung sampai menimbulkan masalah iritasi, peradangan, pembengkakan dan juga pendarahan. Sel kanker juga mampu menipiskan lapisan dinding lambung sehingga masalah lambung pecahpun tidak dapat dihindarkan lagi.

  1. Kandungan Racun.

Ada banyak kandungan racun yang dapat masuk kedalam lambung, terlebih untuk para penderita penyakit maag baik maag biasa atau kronis. Jika zat kimia beracun ini masuk kedalam lambung, maka akan menimbulkan iritasi dan terjadilah penipisan pada dinding lambung bagian dalam. Racun didalam tubuh pastilah hanya akan membuat kerusakan sehingga tak heran jika masalah peradangan dan lambung pecah akan pasti terjadi.

  1. Berlebihan Mengkonsumsi Kafein.

Minuman seperti kopi ataupun teh dikenal memiliki kandungan kafein yang cukup banyak didalamnya. Jika mengkonsumsinya masih dalam tahap yang normal tentu tidak akan berujung pada gangguan kesehatan. Akan tetapi jika sampai berlebihan dalam mengkonsumsinya, maka kandungan kafein ini akan menumpuk dan menempel pada dinding lambung dan akan membuat masalah iritasi dan juga masalah lambung pecah serta maag kronis.

  1. Penyakit Diabetes.

Saah satu penyakit yang seringkali menjadi pencetus utama terjadinya lambung pecah adalah diabetes tipe 1 dan tipe 2. Jika peningkatan kadar gula dalam darah tidak dapat dikendalikan dengan baik, maka akan menyebabkan kerusakan organ lambung yang diakibatkan dari adanya terhambatnya aliran darah yang akan menuju ke lambung.

  1. Kebiasan Merokok.

Terutama untuk para pecandu rokok, maka sama saja sedang menabung racun di dalam tubuh. Zat yang terkandung di dalam rokok bisa melukai lambung dan bisa menjadi salah satu penyebab lambung berlubang. Terlebih jika seseorang tersebut sudah pernah mengalami masalah peradangan pada lambungnya, maka kesempatan untuk terkena lambung pecah akan semakin besar.

Dan itulah beberapa penyebab terjadinya lambung pecah yang sebaiknya bisa menjadi koreksi bagi kita semua. Mulailah terapkan pola hidup sehat dengan mencoba menghilangkan kebiasaan-kebisaan buruk yang dapat berakibat fatal untuk kesehatan organ lambung kita.

Semoga informasi seputar kesehatan mengenai lambung pecah – pengertian, gejala, dan faktor penyebab ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Loading...