Loading...

Ciri dan Tanda Hormon Dalam Tubuh Tidak Seimbang

Ciri dan Tanda Hormon Dalam Tubuh Tidak Seimbang. Didalam tubuh kita terdiri beberapa hormon yang memiliki peranan masing-masing. Terkadang jumlah hormon di dalam tubuh bisa mengalami ketidakseimbangan yang dapat berpengaruh pada masalah mood, emosi dan lain sebagainya. Maka dari itu tak heran jika terkadang kita merasa mudah emosi, mudah menangis, merasa mudah lelah, mood yang buruk dan bahkan masalah kenaikan berat badan pun dapat berkaitan erat dengan adanya masalah hormon didalam tubuh kita. Banyak dari kita yang kurang menyadari hal tersebut bukan? Kita hanya berpikir jika berat badan itu dapat meningkat karena adanya pola makan kita sehari-hari yang banyak mengkonsumsi makanan berlemak namun faktanya, faktor hormon juga bisa ikut berpengaruh didalamnya.

Lalu apa saja tandanya jika hormon didalam tubuh kita dalam kondisi yang tidak seimbang? Berikut hal-hal yang bisa kita rasakan saat hormon tubuh sedang tidak seimbang.

 

ciri, tanda, gejala kadar hormon dalam tubuh tidak seimbang

ciri, tanda, gejala kadar hormon dalam tubuh tidak seimbang

 

Tanda dan gejala hormon tidak seimbang

 

  1. Merasa Mengantuk Setelah Makan.

Seharusnya setelah kita makan, kita mendapatkan asupan energi yang dapat membuat kita kembali bersemangat untuk menjalani segala aktivitas. Namun jika kita justru merasa mengantuk setelah makan, berarti ada yang salah dengan menu makan yang kita konsumsi. Untuk menghindari rasa mengantuk setelah makan sebaiknya hindari berlebihan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat. Sebab jika kita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, akan membuat perut terasa sangat kenyang. Selain itu kandungan gula yang berlebih juga bisa membuat insulin menjadi kacau dan akhirnya akan membuat kita merasa mengantuk.

 

  1. Mudah Lapar dan Terus Menginginkan Cemilan.

Saat kita merasa mudah lapar atau sering merasa lapar, tentu akan mendorong kita untuk bisa terus menikmati cemilan. Perlu untuk kita ketahui bahwa keinginan ngemil tersebut dapat menjadi tanda bahwa meningkatnya hormon kortisol dan juga stres. Untuk mengatasinya cobalah untuk mengkonsumsi dark cokelat yang dipercaya mampu meningkatkan hormon kebahagiaan, serta tambahkan potongan kecil dari buah-buahan sebagai pengganti cemilan yang kurang sehat.

 

  1. Sering Merasa Lelah Dan Mengantuk Di Pagi Hari.
Loading...

Hal ini tentu banyak dirasakan oleh kita bukan? terutama buat kita yang hobi mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi di malam hari. Padahal kebisaan ini akan membuat kita sulit untuk terlelap di malam hari, sehingga membuat kita kekurangan waktu untuk beristirahat dan akhirnya, dipagi hari kita akan merasa lelah dan mengantuk yang disebabkan kurang mendapatkan kualitas tidur sepanjang malam.

 

  1. Penumpukan Lemak Di Perut.

Jika kita mendapati adanya tumpukan lemak di bagian tertentu khususnya di perut, maka itu menandakan kita kurang meluangkan waktu untuk berolahraga dan bisa saja hal itu terjadi jika kita lebih sering duduk dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

 

  1. Kehilangan Gairah Seksual.

Hilangnya gairah seksual dapat diakibatkan oleh stres, terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol tinggi dan juga kurang istirahat. Cara untuk mengatasinya adalah dengan berolahraga, hindari mengkonsumsi alkohol dan cukuplah beristirahat.

 

  1. Lemak di Bagian Pinggul.

Kurang olahraga dan terjadinya gangguan pada fungsi hati akan membuat daerah pinggul terisi penuh oleh lemak. Untuk itu konsumsi makanan dan minuman probiotik untuk mengembalikan fungsi hati dan mengatasi gangguan pada pencernaan. Selain itu berolahragalah secara teratur.

 

  1. Rambut Rontok Dan Mudah Sakit.

Kelebihan hormon kortisol didalam tubuh dapat mengaibatkan daya tahan tubuh melemah dan rambut menjadi mudah patah. Cobalah untuk mengurangi konsumsi gula, kafein dan juga istirahat yang cukup untuk mengatasinya.

 

Itu dia tadi beberapa hal yang dapat menjadi tanda dan gegjala kadar hormon yang tidak seimbang didalam tubuh. Semoga dengan mengetahui ciri dan tanda kadar hormon dalam tubuh yang tidak seimbang, kita bisa segera melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh kita.

Loading...