Tips


Apa Saja Penyebab Dan Cara Mengobati Mata Merah?

cara-mengobati-mata-merah cara-mengobati-mata-merah

Jika mata kita merah, maka bisa membuat kita tidak nyaman serta bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Keluhan satu ini memang cukup umum dan bisa disebabkan berbagai hal. Mata merah ialah kondisi yang tidak terlalu berbahaya.

Walau demikian, kondisi tersebut bisa mengganggu penglihatan, sehingga cukup berbahaya jika pandangan kita terganggu. Meski terkesan ringan, kita tetap harus waspada dan harus diketahui beberapa cara mengobati mata merah. Terutama jika mata merah disertai dengan nyeri, gatal, bernanah, bengkak dan perih.

Penyebab Terjadinya Mata Merah

Melebarnya atau pembengkakan pembuluh darah di sekitar mata bisa menyebabkan mata merah. Kondisi tersebut terjadi karena debu, partikel asing dan sebagainya yang masuk ke mata, alergi, cedera, infeksi, dan mata yang dalam kondisi kering. Agar lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa faktor yang menyebabkan mata merah.

  1. Mata kering
    Kondisi mata kering terjadi saat kelenjar air di mata tidak bisa memproduksi banyak air atau bisa karena air mata terlalu banyak yang menguap. Hal ini membuat mata kering dan juga iritasi sehingga memerah. Mata kering bisa dipicu juga oleh cuaca yang panas dan baik itu kering atau pun berangin. Pemakaian lensa kontak berlebihan dan peradangan kelopak mata juga membuat mata kering.
  2. Kelelahan
    Jika terlalu sering bekerja dengan memakai komputer, maka dapat membuat mata mudah lelah, berair terus-menerus atau kering. Kondisi tersebut kadang disertai nyeri kepala dan kelelahan luar biasa.
    Perlu kita ketahui bahwa mata jarang berkedip ketika melihat layar komputer, layar televisi atau sebagainya. Hal ini yang kemudian bisa membuat mata akan memerah dan menjadi kering. Pastikan beristirahat sejenak tiap beberapa jam, teteskan juga obat mata kalau merahnya semakin parah.
  3. Konjungtivitis
    Konjungtivitis merupakan penyebab mata menjadi merah yang sering kali terjadi. Kondisi tersebut membuat pembuluh darah di mata membengkak, seakan-akan kesat dan membuat mata menjadi merah. Konjungtivitis disebabkan infeksi, reaksi alergi atau iritasi di mata.

Cara Mengobati Kondisi Mata Merah

Penggunaan obat tetes merupakan bentuk pengobatan paling umum untuk ampuh meredakan mata yang memerah. Biasanya mata merah berangsur-angsur akan membaik dengan obat mata tersebut. Selain itu, cara mengobati mata merah perlu disesuaikan juga dengan apa penyebabnya.

  1. Karena infeksi bakteri
    Kalau disebabkan infeksi bakteri, maka penanganan dilakukan lewat pemberian antibiotik yang dilakukan oleh dokter atau ahli kesehatan. Antibiotik bisa berupa tetes mata, obat minum atau salep mata.
  2. Karena alergi
    Mengatasi mata merah karena alergi dapat dilakukan dengan menghindari beberapa faktor alergi dan memakai obat untuk meredakan alergi misalnya seperti antihistamin.
  3. Karena mata kering
    Jika mata merah disebabkan mata kering, maka penggunaan obat air mata artificial tears atau buatan bisa menjadi solusi yang tepat. Sekarang, obat ini bisa dibeli secara bebas tanpa harus dengan resep dokter. Pakai tiap 2–3 jam dengan petunjuk penggunaan yang ada di kemasan atau menurut anjuran dokter.
  4. Disertai gejala lain
    Kalau mata merah misalnya disertai dengan rasa sakit, maka cara mengobati mata merah paling tepat yaitu harus diperiksa. Misalnya seperti sakit kepala, mual, penglihatan yang terganggu, mata lebih sensitif terhadap pancaran cahaya dan lainnya.

Segera periksakan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan paling tepat. Mata merah sebenarnya bukan kondisi serius meski lebih baik perlu ditangani segera. Pada banyak kasus, mata merah dapat dicegah dengan jaga kebersihan, serta menghindari faktor yang bisa memicu mata kita merah seperti debu, make up dan mengucek mata.


Related Articles


Kenali Faktor Penyebab Bayi Cegukan dan Cara Mengatasinya

Bayi rewel saat cegukan? Tidak perlu panik. Ketahui cara mengatasi cegukan pada bayi dengan langkah-langkah mudah berikut ini tanpa obat dan tanpa dokter secara aman.

Cara Alami Atasi Pilek

Tidak bisa tidur karena hidung tersumbat? Ikuti cara mengatasi pilek tanpa obat dengan bahan-bahan alami berikut ini. Dijamin hidung tersumbat akan hilang dengan cepat!



Verify that you are not a robot.