Tips


Cara Mengobati Luka Bakar dengan Tepat

cara-mengobati-luka-bakar cara-mengobati-luka-bakar

Ketika Anda secara tidak sengaja terkena luka bakar, maka Anda tidak perlu panik karena sebenarnya cara mengobati luka bakar itu sangat mudah untuk dilakukan siapa saja di rumah. Kerap kali seseorang harus berhubungan dengan sesuatu yang bisa menyebabkan kecelakaan kebakaran.

Contoh yang paling sering terjadi adalah kecelakaan kebakaran yang disebabkan oleh alat seperti kompor, setrika atau juga pemanggang roti. Dalam kehidupan sehari - hari tentu saja kita tidak pernah terlepas dari beberapa alat tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia.

Penanganan Pertama Pada Luka Bakar

Ketika kulit kita terkena kobaran api atau benda yang memiliki suhu sangat panas maka kulit kita tersebut akan melepuh atau itu yang biasa disebut sebagai luka bakar. Luka bakar kerap kali membuat seseorang yang mengalami merasa merasakan sensasi perih dan juga panas.

Luka tersebut akan berbahaya jika tidak ditangani dan di obati dengan cepat dan benar. namun ketika terkena luka bakar alangkah baiknya tidak perlu panik dan mengikuti beberapa cara yang ada di bawah ini untuk meredakan agar luka bakar tersebut tidak semakin parah.

  • Mengoleskan Krim Untuk Luka Bakar
    Saat kulit seorang manusia terkena luka bakar, maka jika memungkinkan cara pertama yang paling efektif yang sudah teruji secara klinis yaitu dengan mengoleskan krim khusus untuk luka bakar ke area luka yang terkena luka bakar tersebut.
    Dengan cara seperti ini maka kulit tersebut akan tertangani dengan baik karena kandungan yang ada di dalam krim tersebut memang diciptakan secara khusus dan sudah melalui penelitian yang panjang efektif untuk meredakan dan juga mengobati luka bakar.
    Meskipun luka yang timbul akibat benda bersuhu panas atau kobaran api tersebut cukup parah. Cara menemukannya pun sangat mudah karena krim seperti ini dijual secara bebas di toko obat ataupun minimarket terdekat.
  • Aliran Air Bersih
    Cara Mengobati Luka Bakar ringan selanjutnya bisa dilakukan dengan cara menggunakan aliran air bersih yang suhunya sesuai dengan suhu ruangan. Hal berfungsi untuk menjaga suhu luka bakar tersebut agar tetap stabil.
    Aliran air bersih tersebut bisa mencegah luka bakar bertambah parah atau terinfeksi, bahkan jika luka bakar yang diderita tidak begitu parah maka cara ini juga bisa menyembuhkan luka bakar tersebut secara perlahan.
  • Mengoleskan Madu
    Madu adalah salah satu benda yang paling mudah ditemui dan ada di hampir setiap rumah semua orang. Maka ketika seseorang terkena luka bakar cara untuk menangani yang paling mudah selanjutnya adalah dengan mengoleskan madu ke area yang terkena luka bakar tersebut.
    Madu memiliki peran yang sangat penting untuk menghambat infeksi dan juga menyembuhkan luka yang ditimbulkan akibat benda bersuhu panas atau api tersebut. Maka selain bisa mengurangi rasa sakit madu juga mempercepat pemulihan.
  • Mengoleskan Lidah Buaya
    Lidah buaya adalah obat alami yang terkenal memang efektif untuk menyembuhkan luka bakar. Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri sehingga kemungkinan luka bakar tersebut untuk infeksi menjadi berkurang.

Hendaknya Setiap Orang Harus Tetap Berhati – Hati Dengan Sumber Api

Meskipun sudah saya jelaskan dengan sederhana dan jelas mengenai berbagai macam tindakan untuk menangani luka bakar namun tetap saja sebagai seorang manusia kita harus selalu hati-hati dan waspada terhadap sumber api.

Karena tetap saja akan lebih baik jika kita tetap menghindari resiko untuk terkena luka bakar tersebut. Cara Mengobati Luka Bakar yang sudah saya sampaikan diatas tersebut hanya digunakan ketika keadaan benar - benar terdesak dan memang hal tersebut terjadi karena sebuah insiden.


Related Articles


Tips Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Kehamilan terkadang mendatangkan permasalahan kesehatan ibu hamil seperti sembelit. Begini nih cara mengatasi sembelit pada ibu hamil dengan aman.

Kenali Faktor Penyebab Bayi Cegukan dan Cara Mengatasinya

Bayi rewel saat cegukan? Tidak perlu panik. Ketahui cara mengatasi cegukan pada bayi dengan langkah-langkah mudah berikut ini tanpa obat dan tanpa dokter secara aman.



Verify that you are not a robot.