Tips


Kenali Faktor Penyebab Bayi Cegukan dan Cara Mengatasinya

cara-mengatasi-cegukan-pada-bayi cara-mengatasi-cegukan-pada-bayi

Bayi dapat menjadi sangat rewel dan sulit tidur ketika mengalami cegukan. Meskipun cegukan pada bayi baru lahir adalah hal yang wajar namun bunda tetap khawatir. Bunda perlu mengetahui cara mengatasi cegukan pada bayi dengan cepat agar bayi dapat segera tertidur pulas.

Faktor Penyebab Cegukan Pada Bayi

Sebelum mengetahui cara menghilangkan cegukan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor yang menyebabkan bayi sering cegukan. Beberapa faktor berikut ini adalah penyebab terjadinya cegukan pada bayi:

  • Fungsi saraf bayi yang belum matang
    Bayi yang baru lahir memang belum memiliki fungsi saraf yang sempurna sehingga normal jika bayi sering cegukan. Fungsi saraf yang terdapat pada bagian diafragma bayi yaitu sebagai penyekat antara rongga perut dan dada.
    Saat bayi menyusui, udara ikut masuk ke dalam lambung sehingga menyebabkan kontraksi. Kontraksi pada bayi mudah terjadi akibat fungsi otot belum matang hingga mengakibatkan bayi mengalami cegukan.
  • Udara yang Terlalu Dingin
    Suhu udara di sekitar bayi atau di kamar bayi dapat berpengaruh juga terhadap cegukan pada bayi. Anda perlu memperhatikan suhu AC pada kamar si kecil, jika terlalu dingin maka bayi dapat mengalami cegukan. Pastikan juga untuk memakaikan selimut saat bayi sedang tidur.
  • Minum Dari Botol Susu
    Cegukan lebih sering terjadi pada bayi yang minum susu dari botol karena bentuk dot berbeda dengan payudara bunda. Hal tersebut mengakibatkan udara lebih mudah masuk saat bayi minum susu dengan dot dibandingkan bayi yang diberikan ASI secara eksklusif.

Cegukan pada bayi akan berkurang intensitasnya seiring dengan bertambahnya usia bayi. Bunda tidak perlu khawatir saat bayi mengalami cegukan khususnya ketika berusia 0 hingga 6 bulan.

Tips Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Secara Cepat

Cegukan pada bayi memang normal namun sering membuat para ibu merasa khawatir karena bayi menjadi sulit tidur dan menyusui ketika mengalami cegukan. Berikut ini cara mengatasi cegukan pada bayi dengan cepat yang mudah untuk ditiru:

  1. Bayi usia 0-6 bulan dengan ASI Ekslusif
    Ubahlah posisi bayi ketika Anda sedang menyusui, Anda dapat menurunkan pantat bayi menjadi lebih rendah dari posisi kepala ketika bayi sedang Anda gendong saat menyusui.
    Perhatikan pula posisi puting Anda ketika sedang menyusui. Anda perlu memastikan bahwa puting telah sepenuhnya masuk ke dalam mulut bayi. Posisi puting pada mulut bayi yang benar tidak akan membuat udara dengan mudah masuk.
    Perhatikan juga posisi tubuh bayi saat Anda menggendongnya, pastikan lengan dan perut bayi dalam posisi sejajar. Usahakan tubuh bayi menghadap perut Anda ketika sedang menyusui.
    Bila bayi Anda masih mengalami cegukan, berhenti sejenak menyusui bayi. Ubahlah posisi bayi dan lakukan burping pada bayi Anda. Sandarkan bayi secara tegak menghadap Anda dengan kepala bayi berada di pundak Anda.
    Kemudian tepuk-tepuk punggung bayi secara lembut, atau pijat punggung bayi mulai dari bawah ke arah atas secara pelan. Lakukan hal tersebut hingga bayi mengeluarkan sendawa. Dengan bersendawa, udara di dalam perut akan terdorong keluar dan membuat bayi merasa lebih lega.
  2. Bayi Menyusu Dengan Botol
    Cara mengatasi cegukan pada bayi yang menyusui menggunakan botol adalah bunda perlu memperhatikan pemilihan botol susu. Pilihlah botol susu yang memiliki lubang dot dan regulator yang lebih kecil sehingga dapat mengatur ritme aliran susu yang baik untuk menghindari bayi cegukan.

Related Articles


Cara Mengatasi Perut Buncit Secara Alami

Agar tubuh Anda langsing dan terhindar dari masalah kesehatan cobalah cara mengatasi perut buncit secara alami ini. Apa saja caranya? Selengkapnya ada di bawah ini.

Cara Mengobati Luka Bakar dengan Tepat

Mengatasi luka bakar tentu tidak bisa dianggap hal yang remeh. Berikut cara mengobati luka bakar yang mudah tapi sangat efektif.



Verify that you are not a robot.