Diabetes


Hidup Sehat, Kunci Utama Cara Mencegah Diabetes

cara-mencegah-diabetes cara-mencegah-diabetes

Indikasi paling utama terjadinya diabetes adalah peningkatan kadar gula darah secara signifikan. Ada dua jenis diabetes, yakni tipe 1 dan 2. Untuk tipe 1, memang susah dicegah sebab munculnya berkaitan erat dengan faktor genetik. Sementara itu, tipe dua dipicu oleh gaya hidup kurang baik karenanya perlu digencarkan cara mencegah diabetes.

Optimasi Cara Mencegah Diabetes

  1. Mengonsumsi gizi seimbang
    Jika selama ini Anda sangat senang mengonsumsi makanan berlemak, berkadar gula tinggi, serta makanan cepat saji, maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut sebelum berakibat buruk bagi kesehatan. Penting untuk mengatur ulang pola makan serta pastikan kandungan gizinya seimbang.
    Hal ini demi memastikan konsumsi nutrisi terlengkapi di antaranya memuat protein, karbohidrat, vitamin, serat, dan lemak. Di samping itu, usahakan untuk meminimalisir makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti kue, gorengan, es krim, sosis, susu sapi berlemak, mie instan, dan sebangsanya.
    Adapun makanan yang cocok untuk menjaga kestabilan kondisi tubuh antara lain buah, biji-bijian, nasi merah, dan sayuran karena memiliki karbohidrat kompleks. Dari sisi kebutuhan serat, diwakili oleh kacang-kacangan. Tak lupa, penuhi sumber lemak baik contohnya zaitun, alpukat, dan daging ikan.
  2. Memastikan berat badan tetap ideal
    Selain faktor penampilan, memiliki berat badan ideal merupakan cara mencegah diabetes yang tidak kalah efektif. Ini karena berat badan berlebihan atau obesitas dapat memicu terjadinya diabetes. Pasalnya, kerja metabolisme tubuh terganggu sehingga berimbas pada tidak optimalnya respon tubuh terhadap kebutuhan pemenuhan insulin.
    Jika tubuh menjadi tidak sensitif merespon insulin, maka itu artinya tinggal menunggu waktu hingga munculnya resistensi, di mana hal tersebut dapat berakhir pada diagnosis diabetes. Untuk mengetahui kondisi berat badan ideal, maka langkah paling praktis Anda harus mencari informasi mengenai Indeks Masa Tubuh (IMT) melalui kalkulator kesehatan.
    Indeks Masa Tubuh biasanya diukur berdasarkan jenis kelamin, tinggi, umur, dan berat badan. Dengan kata lain, setiap orang memiliki IMT ideal. Untuk itu, yang perlu Anda lakukan adalah memastikan berat badan Anda sejalan dengan umur, jenis kelamin, serta tinggi badan.
  3. Memastikan porsi makan tetap terjaga
    Porsi makan terjaga tidak sama dengan berjumlah sedikit. Masih ada kaitannya dengan poin-poin sebelum ini, cara mencegah diabetes adalah dengan memastikan bahwa diri Anda mengonsumsi makanan dalam porsi cukup. Umur, jenis kelamin, serta bobot tubuh jelas juga turut berpengaruh dalam hal ini.
    Apabila Anda termasuk orang yang memiliki porsi makan jumbo, menguranginya barangkali akan menjadi keputusan bijak. Namun sebaliknya, jika Anda kerap kali makan dalam jumlah relatif sedikit, maka menambahnya merupakan langkah yang patut dipertimbangkan. Alternatif terbaik adalah dengan makan sedikit walau berulang kali daripada berjumlah banyak sekaligus.
    Titik penekanan pada langkah ketiga ini yakni mengontrol jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Ukurannya harus pas, tidak boleh kurang tetapi tidak juga berlebihan. Agar mendapatkan hitungan akurat, Anda cukup memanfaatkan kalorimeter yang bisa dibeli di toko-toko daring maupun luring. Untuk itu, jangan ragu mengeluarkan sedikit biaya demi mengupayakan kesehatan pribadi.
    Diabetes termasuk dalam kelompok penyakit yang cenderung sulit diobati terutama jika sudah level kronis. Karenanya, penting bagi setiap individu melakukan sejumlah cara mencegah diabetes demi angka harapan hidup yang lebih tinggi. Jika Anda kesulitan melakukannya sendiri, tidak ada salahnya mencoba mengajak keluarga atau pasangan agar turut serta dalam optimasi tersebut.

Related Articles


5 Obat Alami Diabetes

Obat alami diabetes ternyata bisa ditemukan di sekitar Anda. Cobalah untuk mengupayakan beragam alternatif solusi sembari tetap berkonsultasi pada dokter.

Rekomendasi Buah untuk Penderita Diabetes

Alam menyajikan beragam manfaat untuk makhluk lainnya. Beberapa buah untuk penderita diabetes sangat baik dikonsumsi.



Verify that you are not a robot.