Diabetes


Rekomendasi Buah untuk Penderita Diabetes

buah-untuk-penderita-diabetes buah-untuk-penderita-diabetes

Diabetes berasal dari bahasa Yunani yaitu Diabetes yang artinya pancuran sedangkan Melitus yang artinya gula atau madu. Penyakit ini ditemukan pertama kali pada 1550 SM hingga sekarang diabetes masih menjadi salah satu penyakit mematikan yang telah menggerogoti banyak orang, tercatat 5 juta orang dewasa telah dirampas nyawanya karena diabetes. Banyak cara yang bisa dilakukan mulai dari mencegah hingga mengobati, salah satu caranya ialah dengan mengonsumsi beberapa buah untuk penderita diabetes dibawah.

7 Buah untuk penderita diabetes yang baik dalam menurunkan gula darah

  1. Belimbing
    Tingginya kandungan serat yang ada dalam buah belimbing berperan penting untuk menyerap pati glukosa, sehingga hasilnya kadar gula darah dalam tubuh akan terjaga.  Dalam 100 gram buah belimbing hanya terdapat 4 gram saja kandungan gula, sehingga tidak heran kalau buah tropis ini sangat cocok untuk penderita diabetes. Namun, tetap disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang sedang.
  2. Pepaya
    Dengan mengonsumsi buah pepaya secara rutin dapat mencegah dan menurunkan kadar gula darah penyebab diabetes karena dalam 100 gram buah pepaya hanya terkandung 11 gram gula alami serta 60 untuk skor indeks glemik. Pepaya juga mengandung 2,46 gram serat yang berfungsi baik dalam menurunkan kadar glukosa. Ternyata walaupun rasa buahnya manis namun pepaya merupakan buah untuk penderita diabetes yang baik.
  3. Pare
    Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Healthline mengatakan bahwa buah pare mengandung nutrisi yang salah satunya bermanfaat dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Seperti halnya obat anti-diabetes yang bertebaran di pasaran, pare pun memiliki kandungan senyawa tersebut.
    Tak hanya itu, dalam pare juga terkandung  senyawa polypeptida-P yang fungsinya ialah menurunkan kadar glukosa dalam darah. Mengonsumsi pare dalam jumlah yang cukup secara rutin, baik untuk penderita diabetes.
  4. Alpukat
    Walaupun kandungan lemak dalam alpukat terkenal tinggi, namun lemak tersebut justru dapat mengendalikan kadar gula darah. Karena lemak yang terkandung adalah tak jenuh sehingga tidak berbahaya untuk penderita diabetes Alpukat juga mengandung karbohidrat yang rendah, baik untuk mengurangi resiko diabetes tipe 2 pada wanita.
  5. Tomat
    Penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi tomat secara rutin dengan cukup dapat menghambat resiko penyakit jantung serta pembuluh darah penyebab diabetes tipe 2. Karena dalam 100 gram tomat hanya terkandung 4 gram karbohidrat saja sehingga tomat merupakan buah untuk penderita diabetes yang baik. Tak hanya itu jus tomat mampu mengontrol kolesterol serta sangat baik bagi kesehatan jantung.
  6. Apel
    Buah yang sering menjadi primadona diantara buah-buah yang lainnya ini ternyata sangat baik bagi penderita diabetes. Buah apel mengandung serat yang tinggi, serta indeks glemik yang rendah sehingga dapat mencegah terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah secara ekstrim. Buah ini pun mengandung banyak nutrisi yang berfungsi dengan baik untuk mengontrol kadar gula darah.
  7. Mangga
    Buah ini kaya akan vitamin C dan A yang bertugas menjaga sistem imun pada penderita diabetes. Tak hanya itu mangga juga mengandung mengiferin serta serat yang tugasnya mengurangi kadar gula dalam darah dan melancarkan pencernaan. Ternyata tak hanya lezat, mangga pun dapat memberi manfaat untuk penderita diabetes.

Itulah beberapa buah untuk penderita diabetes yang sangat baik dikonsumsi. Buah-buah yang disebutkan diatas adalah golongan buah tropik yang mudah ditemukan di Indonesia, jadi kita tidak perlu jauh-jauh untuk merasakan khasiatnya pun dengan harga yang mahal.


Related Articles


Hidup Sehat, Kunci Utama Cara Mencegah Diabetes

Cara mencegah diabetes harus dimulai sedari dini agar tidak menyesal di kemudian hari. Mak dari itu, hidup sehat merupakan salah satu kunci.

Obat Herbal Diabetes Melitus

Bahan alami yang bermanfaat sebagi obat diabetes mellitus. Obat herbal diabetes mellitus yang dijamin ampuh.



Verify that you are not a robot.