9 Manfaat Pinang Untuk Kesehatan

Manfaat Pinang

Pasti Anda tidak asing lagi dengan peribahasa “Bagai pinang dibelah dua”? Meski dikenal sebagai peribahasa, tanaman pinang juga dapat bermanfaat bagi tubuh terutama bagian buahnya. Apakah Anda sudah pernah melihat buah pinang?

Berbicara mengenai buah pinang, tanaman yang masih sekerabat dengan pale mini memang sudah terpercaya akan khasiatnya bagi tubuh. Bahkan sejak jaman dahulu para orang tua kerap kali menggunakan buah pinang sebagai bahan tambahan menyirih. Nah bentuk buah pinang itu sendiri lonjong, berwarna hijau ketika muda dan merah ketika masak.

Namun Anda jangan terkecoh terlebih dahulu dengan sebutan “buahnya” karena meski buah, bagian ini tidak boleh dimakan langsung, dan biasanya digunakan dengan cara direbus ataupun dengan memanfaatkan bijinya. Lalu apa sajakah manfaat buah pinang itu sendiri? Yuk disimak…

9 Manfaat Pinang Untuk Kesehatan

1. Mengobati cacingan

Cacingan umumnya menyerang anak-anak, penderitanya akan selalu tampak kurus walaupun sudah makan banyak. Ditambah lagi tubuhnya selalu saja lemas. Untuk itu Anda dapat memanfaatkan buah pinang sebagai pengganti obat-obatan berbahan kimia.

Caranya Anda ambil sepermpat buah pinang, setengah jari kunyit dan temulawak yang telah digeprek sebelumnya, rebus ke dalam 2 gelas air, rebus sampai air mendidih dan tersisa 1 gelas. Minum 1 kali sehari setiap hari sampai cacingan hilang.

2. Mengecilkan rahim

Setelah melahirkan maka ukuran rahim akan membesar dan tidak dapat kembali ke ukuran semula, untuk itu memarkan 1 buah pinang muda dan seduh ke dalam segelas air hangat dengan ditambahkan 1 sendok makan madu.

3. Mencegah dan mengobati difteri

Penyakit difteri merupakan penyakit yang berbahaya dan harus dihindari karena akan berdampak pada kesehatan. Untuk itu rebuslah 2 buah pinang muda yang telah digeprek lalu rebus ke segelas air, setelah mendidih tambahkan 2 sendok makan madu.

4. Mengecilkan pori-pori dan menghaluskan wajah

Untuk mendapatkan kulit wajah halus dan terbebas dari pori-pori ialah cukup gunakan dengan buah pinang. Caranya parut 2 buah pinang muda lalu berikan sedikit air, saring, dan oleskan air ramuan tersebut ke seluruh wajah sambil didiamkan 15 menit. Terakhir bilas air hangat.

5. Mengobati luka

Loading...

Luka akibat terbentur ataupun tergores benda tajam perlu sekali penanganan pengobatan agar luka cepat kering dan tidak terjadi infeksi. Anda dapat menggunakan buah pinang dengan cara memarut buah pinang lalu mengoleskannya ke area luka dan harus rutin berganti racikan tersebut setiap 2-3 jam sekali.

6. Memperkuat gigi

Jika Anda sering melihat orang tua atau nenek buyut menyirih hingga membuat warna gigi memerah hal itu dikarenakan mereka menggunakan racikan daun sirih, kapur, dan juga buah pinang dengan tujuan untuk menguatkan gigi agar tidak keropos maupun tanggal.

Buah pinang juga dapat menguatkan gigi, jadi Anda tidak perlu membuat racika nyirih cukup dengan buah pinang saja. Caranya iris buah pinang lalu kunyah dan usahakan seluruh bagian gigi terkena.

7. Mengatasi mulut kering

Mulut jika terlalu kering dengan kadar ludahnya kurang sangatlah tidak baik, bahkan bisa menyebabkan bau mulut. Untuk itu gunakan buah pinang sebagai obat kumur Anda agar dapat merangsang keluarnya kelenjar ludah.

Caranya geprek dahulu 2 buah pinang yang masih muda, kemudian rebus ke dalam 2 gelas air bersamaan dengan 4 lembar daun sirih dan sedikit garam. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali Anda mandi. Maka mulut kering hilang, bau mulut pun bablas.

8. Mengatasi jerawat

Jerawat yang membandel apalagi susah dihilangkan sungguh membuat jengah siapapun bagi penderitanya, apalagi jerawat tersebut tumbuh memenuhi seluruh area wajah. Untuk itu gunakanlah buah pinang, karena dapat bertindak sebagai anti bakteri sehingga mampu mematikan bakteri penyebab jerawat.

Caranya cuci bersih 4 buah pinang muda, lalu buang bijinya dan ambil bagian daginnya saja, haluskan dan beri sedikit air. Oleskan sebagai masker wajah Anda dan gunakan selama 15-20 menit, gunakan rutin setiap malam hari menjelang tidur. Terakhir bilas dengan air bersih.

9. Mencegah penuaan dini

Jika kerutan-kerutan halus mulai muncul di wajah Anda maka ada baiknya melakukan perawatan sedini mungkin untuk mencegahnya dari penuaan dini. Gunakanlah buah pinang yang sudah tua. Caranya 4 buah pinang tua diiris-iris lalu jemur hingga kering, kemudian haluskan dan beri sedikit air sampai berbentuk seperti pasta.

Pasta buah pinang tersebut Anda oleskan ke wajah sebagai masker dan diamkan selama 20 menit, terakhir bilas dengan air dingin. Gunakan 3 kali dalam seminggu maka kerutan halus akan hilang dan gejala penuaan dini dapat dihindari.

Itulah beberapa manfaat buah pinang yang perlu Anda ketahui. Tidak hanya untuk kesehatan, namun juga baik untuk menjaga kecantikan kulit wajah Anda. Penggunaan masker buah pinang yang sudah tua pun tidak hanya mampu mencegah penuaan dini, namun juga dapat mengatasi flek hitam dan kulit hitam serta berminyak.

Loading...