9 Manfaat Minyak Serai Wangi

Serai atau sereh adalah sejenis tanaman rumput-rumputan yang selalu dimanfaatkan ibu-ibu sebagai bahan bumbu dapur. Bagian serai yang diolah ialah batangnya dan alasan ibu-ibu menggunakan serai pada bumbu dapur ialah untuk menguatkan rasa dan menambah aroma pada masakan. Namun dibalik itu semua, serai memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam bentuk olahan minyak.

Manfaat Minyak Serai

Diketahui bahwa dalam minyak serai terkandung sejumlah senyawa kimia, seperti minyak atsiri, sitronellal, geraniol, citronellol, limonene, dan methyl isoeugenol. Olahan serai menjadi minyak biasanya dinamakan dengan minyak serai wangi. Mengapa dinamakan wangi? Hal ini dikarenakan minyak serai tersebut memiliki aroma wangi dan juga menenangkan, lantas apa sajakah manfaat minyak serai wangi itu sendiri? Yuk disimak…

9 Manfaat Minyak Serai Wangi

1. Melemaskan otot

Padatnya aktivitas sehari-hari ataupun setelah melakukan olahraga berat maka tubuh seringkali mengalami kram maupun encok akibat menegangnya otot tubuh. Untuk mengatasinya, cobalah dengan mengoleskan minyak sereh wangi kebagian otot tubuh yang kram dan sakit.

2. Menenangkan pikiran

Beban pekerjaan seharian pun tak menampik membuat pikiran menjadi kacau setelah bekerja. Jika dibiarkan begitu saja maka akan berdampak pada munculnya stress. Untuk itu setelah pulang bekerja cobalah tenangkan pikiran Anda sambil mengoles lembut minyak serai ke pelipis, sambil dipijat lembut. Jika perlu hirup aroma terapi dari minyak serai tersebut, maka tidak hanya pikiran saja yang menjadi rileks namun otot-otot tubuh pun juga ikutan menjadi tenang.

3. Mengatasi rasa lelah

Apapun itu pekerjaan yang dilakukan seharian maka akan menimbulkan rasa lelah di tubuh. Selain dengan beristirahat, Anda bisa sambil melakukan pemijatan lembut tubuh Anda dengan  minyak serai wangi. Maka rasa lelah pun hilang dan pikiran segar kembali.

4. Mengatasi sakit kepala

Sakit kepala dapat menyerang siapapun dan kapanpun tanpa mengenal waktu. Ada  yang jarang mengalami sakit kepala namun yang paling parah ialah penderita sakit kepala vertigo dan juga migrain, gejalanya berupa nyeri yang luar biasa, tubuh menjadi tak seimbang, mual, bahkan dapat menyebabkan pingsan.

Loading...

Jangan selalu berpatokan dengan meminum obatan kimia, cukup dengan memijat lembut pelipis Anda dengan minyak serai lalu olesi juga ke leher dan pergelangan tangan sambil menghirupnya, maka tegang akibat sakit kepala pun dapat teratasi.

5. Menurunkan demam

Apabila tubuh sedang mengalami naik turunnya suhu serta terjadi demam yang tak kunjung sembuh, maka cobakah dengan menggosokkan minyak serai wangi ke area punggung, leher, perut, bahkan telapak kaki Anda. Hal ini dikarenakan minyak serai bersifat menghangatkan sehingga dianggap mampu mempercepat proses penyembuhan akibat demam.

6. Mengatasi insomnia akut

Apabila kebiasaan insomnia atau kurangnya waktu tidur di malam hari akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda, seperti memicu hipertensi, jantung, stroke, tubuh mudah sakit, obesitas, bahkan lemas. Untuk itu cobalah dengan mengoleskan minyak serai wangi ke area pergelangan kaki, tangan, serta kepala Anda. Maka senyawa aromaterapinya dapat menenangkan pikiran serta memicu mudahnya tidur nyenyak  di malam hari.

7. Mengatasi bau badan

Bau badan memang kerap kali mengganggu, tidak hanya baunya saja namun juga dapat membuat orang lain pergi jauh-jauh deh. Nah untuk mengatasinya biasanya dilakukan dengan pemakaian deodorant. Nyatanya menggunakan minyak serai dapat membantu meredakan bau badan yang membandel. Caranya tambahkan 1-3 tetes minyak serai dengan lotion tubuh dan gunakan setiap setelah mandi.

8. Mengatasi radang sendi

Radang sendi dapat diatasi dengan cara mengoleskan minyak serai wangi ke area sendi yang sakit. Hal ini dikarenakan minyak serai mengandung sejumlah senyawa antiinflamasi, sehingga dapat mengatasi nyeri sendi yang membandel.

9. Mengatasi gangguan pernapasan

Apabila Anda tiba-tiba mengalami gangguan sistem pernapasan seperti batuk, flu, pilek yang tak kunjung sembuh bahkan asma sekalipun dapat diatasi dengan minyak serai wangi. Caranya olesi minyak serai ke bagian dada dan perut, maka senyawa minyak atsiri pada serai tersebut tidak hanya menghangatkan namun meredakan infeksi pernapasan yang dialami.

Itulah 9 manfaat minyak serai wangi yang perlu Anda ketahui. Produk minyak serai sudah banyak dijual di pasaran, meski begitu Anda harus tetap memperhatikan keaslian bahan produk ya agar tidak tertipu dan khasiatnya lebih  terasa.

 

Loading...