9 Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

Rutin meminum air putih setidaknya 8-10 gelas air sehari sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sudah banyak penelitian yang menjelaskan keuntungan dari rutin meminum air putih. Bahkan jika tubuh mengalami kekurangan cairan maka solusi yang paling tepat ialah dengan minum air putih. Meski sepele, masih saja banyak orang yang mengabaikan khasiat dari air putih ini, masih saja banyak orang yang tahan untuk minum sedikit air putih dalam seharian dikarenakan rasa malas dan alasan tidak haus.

Manfaat Minum Air Putih

Padahal air putih mengandung sejumlah senyawa mineral yang baik untuk kesehatan tubuh, yaitu:

  • Kalsium: senyawa mineral yang baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang;
  • Magnesium: senyawa mineral yang mampu menjaga kekuatan fungsi otot dan membantu dalam meningkatkan hemoglobin sebagai pengikat oksigen;
  • Sodium: senyawa mineral yang sangat berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh;
  • Bikarbonat: mineral yang berperan dalam menjaga keseimbangan kadar asam dalam darah;
  • Kalium: mineral yang sangat berperan dalam pembentukan sel.

Manfaat dengan rutin mengonsumsi air putih tidak cukup hanya berdasarkan penjelasan di atas saja, berikut akan dijelaskan manfaat lain dari minum air putih yang baik untuk kesehatan tubuh. Yuk disimak…

9 Manfaat Minum Air Putih

1. Mencegah dehidrasi

Rutin meminum air putih sangatlah bermanfaat dalam mencegah kekurangan cairan di dalam tubuh. Kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi) jika dibiarkan begitu saja akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, seperti tidak lancarnya sirkulasi darah, penyerapan makanan yang semakin maksimal, meringankan kerja ginjal, serta mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal.

2. Menghilangkan rasa haus

Manfaat utama dengan meminum air putih adalah mampu menghilangkan rasa dahaga akibat lelah ataupun teriknya panas matahari di siang bolong. Bayangkan jika Anda merasakan haus namun tidak segera meminum air putih? Pastinya tubuh akan merasa lemas bahkan bisa sampai mengalami dehidrasi parah.

3. Memberikan energi pada otot

Dengan rutin mengonsumsi air putih ternyata juga berdampak pada kekuatan otot Anda, dengan begitu kebutuhan energi pada otot Anda akan terpenuhi serta melumasi sendi-sendi agar tidak mengalami aus sendi atau agar tetap lentur. Sehingga otot-otot di tubuh Anda pun tidak akan mudah mengalami kelelahan.

4. Mengeluarkan racun dari tubuh

Setidaknya biasakan untuk memulai minum air putih sesaat setelah bangun tidur di pagi hari, hal ini dikarenakan kemampuan air putih dalam menyeimbangkan cairan di dalam tubuh. Dengan begitu semakin sering meminum air putih maka akan semakin sering Anda buang air kecil, sehingga segala macam racun-racun di dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan mudah.

5. Mengontrol berat badan

Loading...

Dengan meminum air putih bisa membantu Anda dalam mengontrol berat badan, sehingga berat badan selalu normal dan terhindar dari obesitas. Untuk itu biasakanlah meminum segelas atau dua gelas air sebelum makan, maka perut  Anda akan merasa kenyang di awal, dengan begitu jumlah asupan kalori ke dalam tubuh pun hanya sedikit dan terkontrol.

6. Membuat wajah tampak awet muda

Sudah rahasia umum jika rutin meminum air putih maka akan menyebabkan kulit tampak kencang dan menghindarkannya dari penuaan dini. Di dalam sel-sel tubuh kita terkandung 70%  air, bayangkan jika tubuh kekurangan asupan cairan maka sel-sel tubuh pun akan mengisut, hal ini akan menyebabkan dehidrasi tubuh bahkan berdampak pada pengisutan kulit. Jadi jika ingin memiliki tubuh sehat dan awet muda rutinlah meminum air putih.

7. Mengurangi sakit kepala

Efek buruk dari kurangnya cairan pada tubuh atau dehidrasi ialah munculnya sakit kepala yang sangat mengganggu. Apabila sakit kepala muncul cobalah untuk meredakannya dengan meminum air putih sambil merilekskan pikiran Anda, maka sakit kepala pun hilang, aktivitas pun menjadi lancar.

8. Menurunkan demam

Demam tidak hanya menyebabkan suhu tubuh meningkat, namun juga dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Untuk mengatasinya perlu sekali mencukupi asupan cairan tubuh agar suhu demam menurun dan dehidrasi teratasi, yaitu dengan meminum air putih.

9. Mencegah penyakit 

Beberapa penyakit yang dapat menyerang apabila kekurangan asupan air putih ialah sariawan, radang tenggorokan, sulit BAB, bahkan yang paling mengerikan ialah batu ginjal. Jadi tidak ada salahnya bukan mulai saat ini rutin meminum air putih agar cairan tubuh tak mengalami dehidrasi dan menghindarkannya dari berbagai penyakit?

Itulah 9 manfaat dari minum air putih secara rutin. Dibutuhkan perubahan kebiasaan baik dalam meminum air putih, dimulai dari membiasakan diri meminum air putih sesaat setelah bangun tidur di pagi hari. Karena selama tidur tubuh mengalami dehidrasi, untuk itu lakukanlah langkah tersebut. Meski sepele, namun kebiasaan ini wajib diterapkan di setiap harinya.

Namun yang perlu diingat adalah hindari meminum air putih dalam jumlah yang berlebihan dan diluar rasa haus yang mendera, maka akan menyebabkan kelainan intoxication, yaitu kelebihan cairan di dalam tubuh dan berakibat pada masuknya air ke dalam sel-sel tubuh. Jadi disarankan minumlah secukupnya dan sesuai kadar, setidaknya untuk pria dewasa dibutuhkan 3,7 liter sedangkan wanita dewasa membutuhkan 2,7 liter air perharinya.

 

 

Loading...