9 Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Kesehatan

Siapa sih yang tidak tahu salah satu jenis minuman satu ini? Pastinya banyak orang yang memfavoritkannya karena rasanya yang segar apalagi jika diminum di tengah teriknya matahari di siang hari. Bahkan kepercayaan masyarakat hingga saat ini, “jika ibu hamil rutin meminum air kelapa maka bayinya pun akan bersih putih”. Tidak itu saja, air kelapa juga kerap kali digunakan untuk menetralkan tubuh yang mengalami alergi.

Manfaat Air Kelapa

Diketahui bahwa dalam 240 gr air kelapa terkandung 6 gr gula, 2 gr protein, 9 gr karbohidrat, 3 gr serat, 252 mg sodium, 0 gr lemak, 600 mg potassium, kalsium, zinc, fosfor, zat besi, tembaga, mangan, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat, serta hormon sitokinin. Lantas apa sajakah manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh? Yuk disimak…

9 Manfaat Minum Air Kelapa

1. Menurunkan tekanan darah

Dengan meminum air kelapa akan memberikan dampak positif pada kesehatan Anda, terutama bagi Anda yang memiliki penyakit hipertensi alias tekanan darah tinggi. Kandungan potassium pada air kelapa mampu bertindak dalam menetralkan kadar sodium di dalam tubuh, sehingga aliran darah menjadi lancar serta mengurangi resiko hipertensi.

2. Mengatasi dehidrasi

Sangat jelas sekali fungsi utama air kelapa ialah untuk mengatasi kurangnya cairan di dalam tubuh atau dehidrasi tubuh. Beberapa penyebab umum terjadinya dehidrasi tubuh ialah akibat mengidap penyakit disentri, kolera, diare, bahkan demam tinggi. Bahkan setelah berolahraga tubuh pun akan berkeringat dan sangat baik memang untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dengan meminum air kelapa.

3. Mencegah penuaan dini

Manfaat air kelapa lainnya ialah mampu meningkatkan keelastisan kulit dan mencegahnya dari penuaan dini. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung senyawa sitokinin, yaitu suatu senyawa mempunyai efek anti-penuaan dan juga anti-karsinogenik, dengan begitu kadar pH dalam tubuh pun akan seimbang sehingga memperkuat jaringan ikat yang berdampak pada membuat kulit tampak awet muda.

4. Menetralisir racun di dalam tubuh

Berbagai bahan polutan maupun radikal yang terpapar langsung ke dalam tubuh akan menyebabkan menumpuknya zat racun ataupun toksik di dalam tubuh, lalu toksik tersebut akan mengendap di hati serta ginjal dan apabila tidak segera dinetralkan akan berdampak buruk bagi fungsi organ tubuh tersebut.

Loading...

Untuk itu rutinlah meminum air kelapa muda agar racun di dalam tubuh dapat dinetralisirkan dengan baik. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung zat antidotum yaitu zat anti racun, serta enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

5. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet disarankan untuk menambahkan air kelapa sebagai konsumsi menu diet Anda. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung gula sedikit, tanpa lemak, bahkan sedikit karbohidrat. Jadi Anda bisa menikmati segarnya air kelapa tanpa adanya tambahan gula maupun pemanis buatan ya.

6. Menjaga kesehatan jantung

Air kelapa mengandung banyak mineral dan vitamin sehingga dapat membantu dalam melancarkan aliran darah ke jantung, dengan begitu jantung pun sehat dan terhindar dari segala resiko penyakit jantung ataupun stroke yang sangat mengancam jiwa.

7. Mampu mencegah penyakit

Kandungan antioksidan pada air kelapa efektif dalam menjaga sistem imun tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah sakit. Kandungan lainnya ialah terdapat asam laurat, yaitu senyawa yang dapat mencegah tubuh dari berbagai serangan virus, bakteri, maupun jamur.

8. Menurunkan demam

Sama halnya dengan air putih, air kelapa juga mampu mengatasi dehidrasi akibat suhu tubuh yang meningkat karena demam. Jika sanak keluarga Anda mengalami demam yang tak kunjung turun, maka ada baiknya Anda memberikannya dengan segelas air kelapa muda dicampur dengan 1 sendok makan madu. Minumlah 1-2 kali dalam sehari sampai demam turun.

9. Meningkatkan kebugaran tubuh

Manfaat utama air kelapa jika diminum oleh para atlet yang lelah setelah melakukan latihan fisik serta cukup menguras energi dan keringat, maka meminum air kelapa adalah pilihannya. Hal ini dikarenakan kandungan potassium pada air kelapa mampu menggantikan elektrolit yang keluar dari tubuh, sehingga lebih aman dan bermanfaat dibandingkan dengan minuman penambah energi.

Nah itulah 9 manfaat air kelapa yang perlu Anda ketahui. Namun tetap dalam pemanfaatan air kelapa tidaklah boleh dilakukan secara berlebihan, karena akan memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Seperti munculnya diare, bahkan bagi penderita ginjal disarankan untuk meminum air kelapa secukupnya saja karena senyawa potassiumnya dapat memicu parahnya batu ginjal.

Loading...