9 Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Pisang

Kalau mendengar buah pisang maka yang terpikirkan adalah rasa buahnya yang manis, lembut, dan lezat. Ditambah lagi buah pisang mengandung berbagai nutrisi ataupun gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Hal yang paling umum dilakukan adalah setelah memakan buah pisang maka kulitnya dibuang begitu saja, hmm padahal ada manfaatnya loh….

Kulit pisang mengandung berbagai nutrisi seperti pada 100 gram kulitnya terdapat vitamin C 17,50 mg, vitamin B 0,12 mg, karbohidrat sebanyak 18,50 gram, lemak 2,11 gram, kalsium 715 mg, protein 0,3 gram, fosfor 117 mg, dan zat besi 1,60 mg. Bagi peternak kulit pisang biasa digunakan sebagai pakan sehari-hari pengganti rumput, dan bagi petani kulit pisang dapat dijadikan pupuk.

Berdasarkan hal tersebut maka tak ada ruginya jika Anda mulai mengolah kulit pisang untuk Anda terapkan sehari-hari baik sebagai obat herbal maupun perawatan wajah secara alami. Lantas apa saja manfaat kulit pisang? Yuk disimak…

9 Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan

1. Memutihkan Gigi

Anda tidak percaya diri dengan warna gigi yang mulai menguning? Mungkin melakukan perawatan pemutihan gigi ke dokter gigi memerlukan dana yang cukup mahal. Lantas jangan khawatir dulu, Anda dapat memanfaatkan kulit pisang.

Caranya ialah cukup menggosokkan bagian dalam kulit pisang ke gigi lalu diamkan semenit dan terakhir gosok dengan sikat gigi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda perlu melakukannya setiap hari selama seminggu, maka lihatlah hasilnya.

2. Mengatasi gatal bekas gigitan serangga

Ketika kulit Anda terasa gatal akibat tergigit serangga, maka untuk mengurangi rasa gatal dan resiko iritasi Anda perlu menggosokkan bagian dalam kulit pisang ke area yang tergigit. Gunakan sampai rasa gatal berkurang.

3. Mencegah penuaan dini

Kandungan kalium pada kulit pisang dapat bertindak dalam memproses pengencangan kulit wajah Anda. Caranya ialah gosokkan bagian dalam kulit pisang ke seluruh wajah lalu biarkan 2-3 menit, terakhir bilas dengan air bersih. Gunakan 3-4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengatasi kutil

Jika Anda risih dengan kutil yang semakin lama semakin membesar maka ada cara mudah untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan kulit pisang. Caranya sama ketika diterapkan ke wajah, olesi dan biarkan ke area yang memiliki kutil dan gunakan setiap hari.

5. Mencegah memar

Loading...

Ketika Anda terbentur sesuatu atau terjatuh maka sudah pasti kulit Anda akan mengalami memar, awalnya memar berwarna kemerahan dengan rasa ngilu, jika dibiarkan memar akan sulit hilang dan meninggalkan warna yang lebih gelap.

Untuk itu Anda dapat menempelkan kulit pisang ke area memar dan biarkan selama semalaman, setelah pagi hari bilas dengan air hangat dan gunakan setiap hari hingga memar perlahan menghilang.

6. Mengobati sakit kepala

Sakit kepala dapat menyerang siapapun dan kapanpun tanpa mengenal waktu, bahkan sering sekali kumat di saat yang tidak tepat. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan kulit pisang. Caranya tumbuk halus kulit pisang lalu kompreskan ke dahi selama 1-2 jam atau boleh sering digunakan sampai sakit kepala mereda.

7. Mengatasi jerawat

Mempunyai jerawat yang membandel memang sangat merisihkan, untuk itu ada cara mudahnya dengan memanfaatkan kulit pisang. Caranya haluskan 3-4 lembar kulit pisang, lalu beri 2 sendok makan madu, kemudian oleskan sebagai masker wajah dan gunakan setiap malam hari menjelang tidur selama 20 menit, terakhir bilas air bersih.

8. Mengurangi mata panda

Padatnya tuntutan pekerjaan ataupun tugas kulit yang menumpuk membuat seseorang akan berkurang drastis waktu istirahatnya, maka jika muncul bengkak dan lebam di bawah mata maka sudah pasti mata mulai terkenan mata panda.

Mata panda tidaklah selucu namanya, justru hal itu akan membuat seseorang semakin tidak percaya diri dan melakukan apapun agar mata panda tertutup. Untuk itu rutinlah gosokkan kulit pisang ke area mata panda setiap malam hari dan lakukan setiap hari menjelang tidur, maka mata panda akan menghilang.

9. Mengatasi depresi

Di jaman yang semakin modern ini maka akan semakin menuntut Anda dalam bertindak dan bekerja, sehingga kadar stress akan semakin meningkat. Jika dibiarkan maka akan menjadi depresi. Depresi sangatlah berbahaya karena akan berdampak buruk bagi kesehatan dan psikologis Anda.

Selain harus istirahat cukup Anda juga perlu menaikkan mood Anda kembali, caranya mudah rutinlah meminum jus hangat kulit pisang bisa dicampurkan dengan madu, maka kandungan senyawa triptofannya mampu memperbaiki suasana hati dengan cara menaikan kadar serotonin (zat yang bertanggung jawab menyeimbangkan mood seseorang).

Nah itu dia beberapa manfaat kulit pisang, jadi mulai dari sekarang Anda jangan mengesampingkan bagian kulitnya ya. Sayang sekali jika tidak dimanfaatkan maka akan berdampak pada menjadi limbah, dengan ketekunan maka kulit pisang bisa Anda olah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Loading...