9 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan

9 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan

Apakah Anda sudah pernah mendengar tanaman saga? Atau Anda merasa asing? Padahal bisa jadi tanaman saga begitu tumbuh liar di lingkungan sekitar Anda. Saga adalah sejenis tanaman liar, dapat ditemukan di hutan-hutan, ladang, atau bahkan pekarangan rumah. Sekilas tanaman saga mirip seperti tanaman petai karena adanya polongan biji yang memanjang.

Tanaman saga juga merupakan tanaman perdu dengan bentuk daunnya yang bulat kecil seperti telur, majemuk, daun berwarna ungu berbentuk seperti kupu-kupu, dan juga bijinya yang merah cerah. Rasa daun saga ialah manis. Namun karena minimnya pengetahuan akan manfaat daun saga bagi kesehatan tak jarang banyak orang yang menganggap tanaman ini adalah hama.

Manfaat Daun Saga

Padahal daun saga memiliki berbagai kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, kalsium oksalat, pentosan, dan beberapa senyawa kimia lain. Sehingga mulai dari sekarang taka da ruginya Anda membudidayakan tanaman saga dan memanfaatkannya sebagai bahan tanaman obat di rumah.

Bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman saga untuk kesehatan tubuh ialah daun, bunga, dan akar. Anda harus menghindari biji tanaman saga, meskipun warnanya sangat menarik yaitu merah cerah tetapi biji saga mengandung senyawa toksik yang berbahaya bagi tubuh. Namun kali ini akan membahas manfaat daun saga bagi kesehatan tubuh Anda.

9 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan :

1. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi sangatlah mengganggu, rasi nyerinya bisa terasa sampai ke ubun-ubun. Caranya ambillah beberapa lembar daun saga lalu cuci bersih, rebus dengan segelas air, setelah mendidih biarkan dan dalam keadaan hangat kumur-kumur dengan air tersebut.

2. Mengobati gusi bengkak

Gusi bengkak terjadi karena adanya infeksi bakteri di mulut, maka gunakanlah daun saga untuk mengatasinya. Penerapannya sama seperti mengobati sakit gigi dan gunakan secara rutin setiap pagi, siang, dan sore hari sampai gusi tidak bengkak lagi.

3. Mengatasi sakit radang tenggorokan

Loading...

Perubahan cuaca, makanan pedas, makanan berlemak, dan minuman yang terlalu manis adalah pemicu mudahnya tenggorokan Anda mengalami radang. Untuk itu rebuslah 2 tangkai daun saga dengan 3 gelas air sampai mendidih, selanjutnya setelah mendingin minum airnya. Konsumsi sampai radang sembuh.

4. Mengatasi radang mata

Radang juga dapat terjadi pada mata Anda. Penyebab radang mata ialah karena infeksi sehingga mata akan perih dan memerah. Caranya rebus beberapa lembar daun saga lalu tutup sampai didapatkan uap-uap air yang menempel. Gunakan kumpulan uap air tersebut sebagai obat tetes mata.

5. Mengatasi panas dalam

Panas dalam terjadi dengan ciri-ciri adanya sariawan, bibir pecah-pecah, susah BAB, dan juga pilek. Untuk mengatasinya rebuslah beberapa daun saga dengan 2 gelas air sampai mendidih, selanjutnya minum air daun saga yang telah disaring dalam 1 kali sehari.

6. Sebagai antioksidan tubuh

Duan saga kaya akan kandungan vitamin C dan mineral yang baik sebagai antioksidan bagi tubuh sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit seperti batuk, pilek, flu, bahkan penyakit berat seperti kanker dan jantung.

7. Menjaga sistem imun tubuh

Sistem imun pada tubuh haruslah selalu terjaga agar tubuh tidak cepat drop. Jika tubuh mudah drop maka akan mudah sekali terserang oleh berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit. Duan saga dengan vitamin C nya mampu menjaga daya tahan tubuh untuk tetap fit.

8. Mengatasi amandel

Gejala amandel memang mirip seperti radang tenggorokan sehingga pengobatannya juga dapat menggunakan daun saga. Caranya rebus beberapa daun saga dengan 1 potong kayu manis dan 1 sendok makan gula pasir dalam 2 gelas air. Rebus hingga mendidih. Setelah mendingin saring dan minum sampai amandel tidak bengkak lagi.

9. Melebatkan rambut

Ingin memiliki rambut lebat dan sehat? Anda bisa memanfaatkan daun saga, caranya ambil beberapa lembar daun saga kemudian cuci bersih dan remas-remas sampai keluar sarinya. Gunakan sari daun saga sebagai masker rambut Anda setiap habis keramas.

Daun saga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tak hanya untuk tubuh tetapi juga dapat meningkatkan kecantikan kulit wajah dan juga rambut. Jadi mulai sekarang janganlah membabat habis tanaman saga yang tumbuh liar di sekitar Anda, karena Anda bisa memanfaatkannya untuk kesehatan Anda.

Loading...