Loading...

9 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor

Sudah sejak jaman dahulu masyarakat Indonesia memanfaatkan biji kelor dan daun kelor sebagai bahan dasar dalam teknik pengobatan tradisional. Mereka percaya bahwa daun kelor dapat menyembuhkan berbagai penyakit, dan anggapan itu sampai saat ini masih ada.

Daun kelor atau biasa dikenal dengan nama ilmiah  Moringa oleifera adalah tumbuhan yang masih satu genus dengan Moringa. Masyarakat Jawa biasa menyebut kelor dengan nama “limaran”.
Tanaman ini memiliki tinggi batang sekitar 7-11 meter, bentuk daun bulat telur agak lonjong, susunan daunnya majemuk dalam satu tangkai. Bunganya berwarna putih kekuningan dan tumbuh di setiap ketiak daun, aroma bunganya sangat semerbak wangi.

Banyak masyarakat menanam kelor tidak hanya dikhususkan sebagai tanaman obat saja, tetapi juga dimanfaatkan sebagai pelengkap sayur sehari-hari. Daun kelor sangat nikmat diolah menjadi sayur bening, campuran telur dadar, dan tumisan. Namun memang benar adanya bahwa daun kelor memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh terjadi karena adanya kandungan berbagai nutrisi yang bermanfaat. Daun kelor mengandung kalsium, besi, protein, vitamin A, B, dan C, zat besi, asam amino, flavonoid, dan fenol. Semua kandungan nutrisi pada daun kelor dapat memenuhi gizi tubuh, maka WHO menyarankan daun kelor sebagai alternatif mengatasi masalah gizi.

9 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan :

1. Mencegah kanker
Kandungan flavonoid pada daun kelor dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan bersifat karsinogenik, termasuk kanker. Olah daun kelor sebagai sayur bening dan konsumsi setiap hari, maka Anda akan terhindar dari kanker.

2. Menjaga sistem imun
Sistem imun yang baik sangat diperlukan oleh tubuh, demi menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit. Vitamin C pada daun kelor dapat berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

3. Baik untuk kesehatan mata
Kandungan vitamin A pada daun kelor setara dengan 4 buah wortel, sehingga dengan rajin mengonsumsi daun kelor maka kesehatan retina mata Anda tetap terjaga. Mata Anda akan terhindar dari berbagai penyakit mata, seperti mata minus, katarak, dan lain-lain.

Loading...

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Ingin tetap menjaga asupan kalsium harian Anda? Tidak perlu repot-repot menyeduh susu, karena daun kelor memiliki kandungan kalsium yang setara dengan kalsium 4 gelas susu. Konsumsi daun kelor setiap pagi, siang, dan sore maka akan mencegah kerusakan tulang dan gigi Anda.

5. Antimikrobia
Daun kelor juga dapat berperan sebagai antimikrobia, sehingga dengan penggunaannya tubuh akan terhindar dari berbagai serangan bakteri, contohnya saja jerawat. Caranya tumbuk halus daun kelor lalu oleskan ke wajah sebagai masker selama 45 menit, maka jerawat akan hilang.

6. Mengendalikan tekanan darah tinggi
Kandungan potassium pada daun kelor setara dengan potassium pada 3 buah pisang. Potassium berperan dalam menekan kadar darah tinggi, sehingga kembali menjadi normal. Tekanan darah tinggi sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

7. Mengatasi sariawan
Jika sariawan sudah sangat mengganggu dan terasa perih, maka tempelkan beberapa daun kelor yang sudah diremas sebelumnya ke area sariawan selama 20 menit. Rutin lakukan kegiatan ini karena kandungan vitamin C pada daun kelor dapat mengatasi sariawan.

8. Mengatasi radang sendi dan pegal linu
Ketika radang sendi dan pegal linu menyerang, jangan buru-buru langsung minum obat. Cobalah dulu gunakan daun kelor. Caranya haluskan dua genggam daun kelor dengan 2 sendok makan kapur sirih, lalu gosokkan ke area yang sakit.

9. Merangsang produksi ASI
ASI sangatlah berguna bagi bayi, namun bagaimana jika ASI tidak lancar sehingga asupan bayi tak dapat terpenuhi? Bukan itu saja, tidak lancarnya ASI keluar akan menimbulkan rasa nyeri payudara ibu. Caranya rutinlah mengonsumsi rebusan daun kelor setiap hari sampai ASI lancar kembali.

Itulah beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan. Daun kelor memang terkenal akan sebutan “tanaman sejuta manfaat”, karena manfaatnya benar-benar terasa untuk tubuh. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, daun kelor juga dapat meningkatkan kecantikan wajah dengan mencoba mengolahnya sebagai masker alami dan digunakan secara rutin.

Loading...