9 Manfaat Bunga Rosella

Pastinya Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bunga cantik berwarna merah satu ini. Tanaman yang berasal dari Benua Afrika ini memiliki nama ilmiah  Hisbiscus sabdariffa, dan untuk beberapa daerah bunga ini memiliki sebutan seperti asam paya, asam kumbang, asam susur, dan rosela. Tanaman yang bergenus Hibiscus ini memiliki kerabat dengan dengan kembang sepatu.

Manfaat Bunga Rosella

Asal Anda tahu saja, bagian yang disebut dan dikenal sebagai bunga selama ini ialah kelopak buah. Dinamakan bunga karena bentuknya yang menyerupai bunga. Rosella merupakan tanaman semusim, dapat hidup di bagai lingkungan dan suhu apapun, serta biasa dimanfaatkan sebagai penambah warna pada sirup, selai, maupun puding. Aromanya sungguh khas, sehingga wajar saja banyak yang menyukai bunga rosella ini.

Namun dibalik cantik dan aroma khas yang dimiliki bunga rosella tersebut, diketahui bahwa bunga rosella memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Diketahui bahwa dalam 100 gram bunga rosella terkandung 49 kal kalori, 84,5 gr air, 1,9 gr air, 0,1 gr lemak tak jenuh, 12,3 gr karbohidrat, 1,2 gr serat, 0,0172 gr kalsium, 0,57 gr fosfor, 0,029 gr zat besi, 3 gr beta karotene, dan 0,14 gr vitamin C. Lalu apa sajakah manfaat bunga rosella bagi kesehatan tubuh? Yuk disimak…

9 Manfaat Bunga Rosella

1. Mengencangkan kulit

Bunga rosella memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit wajah Anda, hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Ditambah lagi bunga rosella mengandung juga kaya akan antioksidan, dan apabila dikonsumsi secara rutin maka akan memberikan efek baik bagi kesehatan dan kekencangan kulit Anda. Kedua kandungan senyawa tersebut sangatlah bermanfaat dalam menjaga kulit wajah dari serangan radikal bebas serta mengencangkan kulit wajah sehingga resiko penuaan dini pun dapat dicegah.

2. Mencegah kanker

Kanker terjadi akibat adanya mutasi gen pada sel ketika pembelahan sel terjadi, menyebabkan pertumbuhan sel-sel kanker tumbuh tak terkendali. Bagian tubuh pun dapat beresiko terkena kanker apabila disebabkan oleh beberapa hal, seperti faktor keturunan, pola makan yang tidak sehat, terpapar radikal bebas, dan masih banyak lagi. Maka agar resiko pertumbuhan sel-sel kanker dapat dicegah sejak dini, maka rutinlah dengan meminum racikan bunga rosella, kandungan senyawa antioksidannya yang tinggi mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bunga rosella juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, kandungan vitamin C, antioksidan serta senyawa lain dalam bunga rosella mampu mencegah tubuh dari paparan radikal bebas serta patogen yang dapat menyerang sistem imunitas. Dengan begitu, tubuh pun akan selalu sehat, bugar, dan tidak mudah sakit. Sangat baik bagi Anda yang memiliki jadwal aktivitas padat agar kekebalan tubuh Anda selalu kuat.

4. Menjaga tekanan darah

Loading...

Seringnya mengonsumsi makanan yang tinggi lemak menyebabkan kadar kolesterol di dalam darah pun meningkat, apabila tidak segera diatasi maka akan memicu meningkatnya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi dapat memicu penyakit yang berbahaya lainnya, seperti jantung koroner, stroke, dan komplikasi lain. Untuk itu cobalah dengan rutin meminum teh bunga rosella karena kemampuannya yang menyerupai captopril, yaitu obat yang dapat mengatasi hipertensi.

Hipertensi digambarkan seperti selang air yang mampat dan sempit, lalu terus-terusan terisi air dengan tekanan tinggi, maka apabila dibiarkan akan pecah. Hal inilah juga terjadi pada pembuluh darah. Maka untuk memperlancar aliran darah Anda, minumlah teh bunga rosella. Kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah Anda menjadi normal kembali dan sangat baik untuk dijadikan sebagai minuman herbal Anda.

5. Membantu menurunkan berat badan

Bunga rosella mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai sumber energi Anda sehingga Anda membutuhkan asupan karbohidrat lain dalam kadar sedikit. Ditambah lagi dengan kandungan serat pada bunga rosella mampu diserap oleh tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah lapar dan selalu terasa kenyang. Kandungan vitamin C yang tinggi pada bunga rosella juga mampu memperlancar proses metabolisme tubuh, dengan begitu teh bunga rosella mampu membantu Anda dalam menjalankan program diet yang sedang Anda  terapkan.

6. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium dan fosfor pada bunga rosella apabila rutin dikonsumsi maka akan berdampak baik bagi kesehatan tulang Anda. Fungsi tulang Anda pun dapat terjaga dengan baik, maka tulang pun kuat dan mampu terhindar dari resiko osteoporosis.

7. Memperlancar sistem pencernaan

Kandungan serat pada bunga rosella mampu memperlancar sistem pencernaan Anda, sehingga resiko sembelit ataupun wasir dapat dihindari. Begitu juga dengan sistem metabolisme tubuh pun menjadi lancar. Jika Anda ingin memiliki usus yang sehat, maka minumlah teh bunga rosella secara rutin.

8. Membantu dalam mengeluarkan racun

Dengan rutin mengonsumsi teh bunga rosella maka akan baik untuk tubuh terutama dalam menetralkan racun yang menumpuk di dalam tubuh. Beberapa paparan radikal bebas serta polutan menyebabkan racun masuk ke dalam tubuh, akan tetapi dengan sendirinya tubuh dapat menetralkan dan mengeluarkan racun melalui hati dan ginjal. Akan tetapi jika racun berjumlah banyak dan menumpuk akan menjadi toksik yang membahayakan bagi tubuh, untuk itu dengan rutin meminum teh bunga rosella maka proses detoksifikasi tubuh menjadi lancar.

9. Menurunkan demam

Apabila tubuh mengalami demam, maka suhu tubuh pun menjadi meningkat. Hal inilah yang dapat menyebabkan tubuh mengalami panas dingin, serta dehidrasi. Untuk itu atasilah demam dengan meminum teh bunga rosella, maka suhu tubuh akan turun dan dehidrasi pun dapat dihindari.

Nah itulah 9 manfaat bunga rosella bagi kesehatan tubuh. Untuk membuat teh bunga rosella pun cukup mudah, yaitu dengan menyediakan 3-5 kelopak bunga rosella kering lalu rebus ke dalam segelas air hingga mendidih, matika api dan diamkan air mendingin. Minum dalam keadaan hangat sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

Loading...