Loading...

9 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

9 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Srikaya

Mendengar nama srikaya sudah tentu yang dipikirkan adalah tanaman yang menghasilkan buah-buahan mirip dengan sirsak karena buahnya memiliki rasa hampir sama. Perbedaan yang mencolok antara buah sirsak dengan buah srikaya adalah struktur kulitnya, jika buah sirsak memiliki duri-duri dan berbentuk lonjong sedangkan srikaya berbentuk bulat dan tak berduri.

Buah srikaya mempunyai sebutan nama lain yaitu apple custard, asli dari daerah tropis dan masih satu keluarga dengan annoaceae. Daging buahnya berwarna putih, dikelilingi oleh biji hitam mengkilat, rasanya manis dan juga lezat. Wajar saja jika banyak orang yang menyukai rasa buah srikaya ini.

Tidak hanya lezat, buah srikaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Telah dilakukan sebuah penelitian dan menunjukkan bahwa buah srikaya memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh seperti serat, energi, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, tannin, asam amino, potassium, magnesium, dan lemak tak jenuh.

9 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan :

1. Menurunkan kolesterol jahat
Banyaknya kolesterol jahat dalam tubuh dapat menyebabkan tidak lancarnya aliran darah sehingga dapat memicu penyakit stroke dan jantung koroner. Buah srikaya memiliki zat niasin yang mampu menurunkan kadar kolesterol darah dan juga mengandung lemak tak jenuh sehingga tidak akan menjadi kolesterol dalam tubuh.

2. Mencegah sembelit
Ketika tubuh kekurangan serat maka pencernaan akan terganggu, termasuk sulit sekali BAB. Maka dari itu buah srikaya memiliki kandungan serat yang tinggi dan jika rutin dikonsumsi maka akan memperlancar sistem pencernaan dan terhindar dari gejala sembelit.

3. Mencegah anemia
Keberadaan senyawa magnesium dan zat besi sangatlah penting bagi tubuh karena dapat menormalkan kadar hemoglobin dalam darah. Buah srikaya kaya akan kedua kandungan tersebut dan baik untuk mencegah gejala anemia.

Loading...

4. Mencegah penyakit jantung
Kandungan vitamin B6 pada buah srikaya sangatlah berguna dalam menurunkan kadar hemosisten darah, yang jika dibiarkan akan dapat memicu penyakit jantung.

5. Sebagai sumber anti oksidan
Kandungan vitamin C sangatlah berperan sebagai sumber anti oksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebbakan berbagai penyakit seperti asma, batuk, pilek, radang, dan masih banyak lagi.

6. Mencegah kerusakan tulang
Menjaga kesehatan tulang itu penting terutama harus selalu terpenuhi kebutuhan mineralnya seperti kalsium, magnesium, dan fosfor. Buah srikaya memiliki kandungan mineral tersebut maka rutin memakan buah srikaya tidak hanya menyehatkan tulang dan gigi namun mencegahnya dari kerusakan tulang seperti osteoporosis dan asthritis.

7. Sumber energi alami
Kandungan karbohidrat pada buah srikaya sangatlah baik bagi tubuh dan mudah diserap sebagai sumber energi sehari-hari. Tidak itu saja buah srikaya mengandung gula alami sehingga tidak akan membahayakan tubuh.

8. Menjaga kesehatan mata
Menjaga kesehatan mata itu perlu, tidak hanya harus menghindari berbagai tindakan buruk yang dapat merusakkan mata, kebutuhan nutrisi mata pun juga harus dipenuhi seperti vitamin A dan riboflavin. Buah srikaya kaya akan kedua kandungan tersebut dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi mata Anda agar selalu sehat dan terhindar dari segala gangguan penglihatan.

9. Menjaga kesehatan tubuh
Ingin selalu sehat? Selain olahraga tubuh juga perlu asupan nutrisi yang baik seperti vitamin dan mineral yang lengkap, maka buah srikaya bisa menjadi pilihannya. Rutinlah memakan buah srikaya untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Yang perlu diperhatikan adalah hindari memakan biji srikaya secara langsung karena adanya senyawa annonain dan resin bersifat racun. Untuk pengolahan akar, batang, maupun daun harus memperhatikan prosedur yang jelas dan perlu pengawasan para ahli demi menghindari hal yang tidak diinginkan.

Loading...