9 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

9 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nangka

Buah nangka atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan sebutan jackfruit merupakan buah yang berasal dari tanaman asli daerah tropis, sehingga di Indonesia sendiri sangat mudah sekali menemukannya. Buah nangka adalah buah favorit, selain karena rasanya yang legit, lezat, dan aromanya yang harum, buah nangka juga dijual dengan harga yang murah.

Selama ini buah nangka diolah ke dalam berbagai bentuk minuman seperti es buah, jus, es balon, bahkan penambah aroma harum pada es krim, untuk makanan buah nangka biasa diolah menjadi dodol nangka, keripik nangka, kolak nangka, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya buah yang kita makan itu merupakan bagian bunga majemuknya dimana ibu tangkai bunga semu mengalami penebalan dan akhirnya terbentuk daging nangka dan kelopak bunganya mengalami diferensiasi menjadi kulit nangka sehingga buah nangka disebut buah semu majemuk.

Padahal banyak orang yang belum mengetahui bahwa buah nangka memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, jadi tidak ada ruginya jika Anda rutin mengonsumsi buah nangka ini. Buah nangka diketahui memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti serat, vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, zat besi, thiamin, niasin, magnesium, potassium, dan masih banyak lagi.

9 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Sistem imun tubuh haruslah selalu dalam keadaan fit agar daya tahan tubuh tidak drop. Buah nangka memiliki kandungan vitamin C yang tidak hanya dapat menjaga daya tahan tubuh, tetapi juga dapat berperan sebagai anti oksidan sehingga tubuh dapat terhindar dari segala penyakit.

2. Melancarkan sistem pencernaan
Pencernaan yang tidak lancar akan menyebabkan sembelit dan membuat perut menjadi tidak nyaman. Buah nangka dengan kandungan serat dan nutrisinya dapat berperan sebagai pencahar alami, maka perbanyaklah memakan buah nangka agar pencernaan Anda lancar.

Loading...

3. Mengatasi hipertensi
Naiknya tekanan darah akan memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti jantung dan stroke. Kandungan potassium pada buah nangka baik untuk menjaga kadar tekanan darah menjadi tetap normal.

4. Mencegah anemia
Anemia rentan sekali menyerang siapapun maka dibutuhkan asupan zat besi yang cukup bagi tubuh. Buah nangka memiliki nutrisi zat besi sehingga baik untuk mencegah terjadinya gejala anemia.

5. Menurunkan berat badan
Jika Anda sedang dalam proses penuruna berat badan maka makanlah buah nangka, kandungan gula alami seperti fruktosa pada buah nangka dapat dengan mudah diserap oleh tubuh lalu menjadikannya sebagai sumber energi, sehingga setelah Anda memakan buah nangka perut tidak cepat lapar dan tubuh tidak mudah lemas.

6. Mencegah rabun mata
Mata adalah jendela dunia, maka ketika fungsi mata mulai menurun akan dapat mengganggu aktivitas harian Anda. Mulailah rutin mengonsumsi asupan vitamin A termasuk dengan memakan buah nangka.

7. Menjaga kesehatan tulang
Tulang sehat sampai usia senja adalah keharusan agar terhindar dari gejala osteoporosis. Maka perlu sekali asupan nutrisi berupa kalsium demi meningkatkan fungsi tulang Anda. Buah nangka diketahui kaya akan kalsium, selain susu Anda bisa memanfaatkannya.

8. Mencegah kanker
Kandungan saponin pada buah nangka sangat penting perannya dalam tubuh yaitu sebagai penangkal radikal bebas yang berbahaya seperti penyebab penyakit kanker.

9. Mencegah penuaan dini
Ternyata kandungan vitamin C dan anti oksidan pada buah nangka sangat baik untuk kesehatan kulit, terutama dalam menjaga kulit agar tetap sehat, lembap, tidak kering, dan terhindar dari gejala penuaan dini.

Itulah beberapa manfaat buah nangka yang rupanya mudah sekali Anda temukan di sekitar Anda. Peringatan untuk penderita maag ataupun asam lambung untuk tidak terlalu berlebihan memakan buah nangka atau dalam keadaan perut kosong, karena nangka mengandung gas yang jika dikonsumsi berlebihan justru akan menaikkan kadar asam di lambung dan juga kembung perut.

Loading...