9 Manfaat Buah Jeruk untuk Kecantikan

9 Manfaat Buah Jeruk untuk Kecantikan

Buah jeruk memang sudah tidak asing lagi bagi kita, bahkan setiap hari untuk menemukan buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini sangatlah mudah. Beberapa jenis buah jeruk yang sering dikonsumsi ialah jeruk madu, jeruk medan, jeruk pontianak, dan masih banyak lagi. Namun kali ini tidak akan membahas jenis buah jeruk tetapi khasiat buah jeruk yang perlu diketahui.

Manfaat Buah Jeruk

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan sudahlah diketahui, seperti sebagai sumber anti oksidan, melancarkan pencernaan, menyehatkan tulang dan gigi, menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, mencegah penyakit jantung, mencegah stroke, dan masih banyak lagi. Namun selain bermanfaat untuk tubuh, buah jeruk juga baik untuk kecantikan.

Kecantikan memang sangat berperan dalam menunjang penampilan terutama bagi wanita, kecantikan yang dimaksud ialah berupa kulit wajah dan juga rambut. Maka tak jarang banyak wanita rela merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan perawatan demi mencapai cantik yang maksimal. Cara tersebut tidaklah disalahkan namun tidak ada salahnya juga mencoba metode alami.

Metode alami yang dimaksud ialah dengan menggunakan bahan alami dengan langkah yang mudah dan juga murah, salah satunya ialah dengan memanfaatkan buah jeruk. Kandungan yang banyak bermanfaat bagi kecantikan ialah vitamin C dan juga anti oksidannya.

9 Manfaat Buah Jeruk untuk Kecantikan :

1. Mencerahkan wajah

Jeruk memang sudah tidak asing lagi manfaatnya dalam mencerahkan kulit wajah. Caranya blender 1 buah jeruk lengkap dengan kulitnya lalu tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun. Oleskan ke seluruh wajah sebagai masker dan diamkan selama 15-20 menit, kemudian cuci bersih dengan air hangat.

2. Mengecilkan pori-pori wajah

Keberadaan pori-pori wajah yang terbuka akan memicu tumbuhnya black head comedo dan juga membuat wajah tampak lebih kusam. Caranya dengan menghaluskan daging buah jeruk lalu oleskan ke pori-pori wajah selama 15 menit, terakhir bilas air dingin. Gunakan setiap malam hari menjelang tidur.

3. Mengatasi jerawat

Loading...

Jeruk juga dapat bersifat anti bakteri termasuk mengatasi bakteri penyebab jerawat. Caranya sama dengan menggunakan masker jeruk untuk mencerahkan kulit wajah di atas. Gunakan setiap malam hari agar jerawat hilang bahkan noda bekas jerawat pun akan pudar.

4. Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C dan berbagai nutrisi pada buah jeruk sangat baik bagi kulit wajah terutama dalam mengatasi kerutan-kerutan halus di wajah. Gunakan masker jeruk setiap malam hari agar kulit wajah tetap ternutrisi dan kerutan penyebab penuaan dini.

5. Menyamarkan noda hitam

Masker jeruk juga ampuh dalam mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Sel-sel kulit mati ini jika dibiarkan menumpuk akan menimbulkan noda hitam di kulit wajah.

6. Melembabkan kulit wajah

Kandungan nutrisi dan vitamin C pada buah jeruk tidak hanya menimbulkan sensasi segar di wajah namun juga membuat wajah menjadi semakin kenyal dan juga lembab.

7. Memutihkan kulit

Ingin memiliki kulit wajah yang putih dan lebih bersih? Oleskan perasan air jeruk ke seluruh wajah Anda selama 20 menit sambil pijat-pijat lembut, kemudian bersihkan dengan air hangat. Kandungan vitamin C nya dapat memutihkan kulit wajah secara perlahan.

8. Sebagai kondisioner rambut

Jika persediaan produk kondisioner Anda habis maka tenang saja, campurkan jus jeruk dengan madu lalu oleskan ke kulit kepala dan rambut sambil dipijat lembut setiap habis keramas, maka rambut akan tetap lembut dan teratur.

9. Sebagai toner wajah

Kulit wajah juga perlu olesan toner agar tetap terjaga keelastisannya. Rebus kulit jeruk dengan ½ gelas air lalu saring airnya, dinginkan di kulkas selama semalaman lalu keesokan harinya campurkan dengan air mawar dengan perbandingan 1:1. Gunakan racikan tersebut sebagai toner wajah Anda.

Itulah beberapa manfaat jeruk untuk kecantikan Anda. Tidak hanya rutin perawatan dari luar, rutin mengonsumsi buah jeruk pun juga sangat dianjurkan agar kulit ternutrisi dari luar dan dalam tubuh. Jangan lupa diimbangi dengan rutin berolahraga dan instirahat yang cukup.

Loading...