Loading...

9 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Blimbing Wuluh

Apakah Anda menyukai buah belimbing? Rasanya segar dan sedikit kecut bukan? Lalu bagaimana dengan belimbing wuluh? Apakah Anda rutin memakan buah yang satu ini? Belimbing wuluh memiliki nama ilmiah Averrhoa bilimbi biasa dikenal sebagai belimbing sayur, karena rasanya yang masam dapat digunakan sebagai bahan tambahan rasa sayur agar lebih terasa segar.

Belimbing wuluh memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan dengan belimbing buah, dari segi ukuran belimbing wuluh memiliki ukuran yang lebih kecil, berwarna hijau muda dan akan menguning jika semakin matang, bentuknya lonjong, dan tumbuh secara bergerombol.

Selain dimanfaatkan sebagai tambahan pada olahan sayuran, belimbing wuluh juga dapat diolah ke berbagai jenis hidangan lainnya, seperti sirup, manisan, dan dodol. Rasanya yang sangat masam membuat tidak semua orang berani untuk memakannya secara langsung, maka dari itu diperlukan pemberian tambahan gula agar terasa sedikit legit.

Namun siapa sangka dibalik rasanya yang masam, belimbing wuluh juga dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Belimbing wuluh memiliki kandungan gizi yang sangat berguna bagi tubuh seperti energi, karbohidrat, protein, vitamin C, kalsium, fosfor, dan zat besi.

9 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan :

1. Dapat mengatasi sariawan
Rasanya yang sangat masam dikarenakan tingginya kandungan vitamin C pada belimbing wuluh, sehingga mampu mengatasi sariawan. Caranya potong belimbing wuluh menjadi beberapa bagian, kemudian tempelkan ke area sariawan yang sedang meradang, lakukan sesering mungkin hingga sariawan hilang.

2. Meningkatkan sistem imun
Tubuh yang fit adalah tubuh yang memiliki sistem imun yang baik. Jika tubuh fit maka berbagai penyakit dapat dihindari. Konsumsilah belimbing wuluh karena kandungan vitamin Cnya ampuh sebagai antioksidan yang dapat menguatkan sistem imun tubuh.

3. Mengatasi batuk kering
Batuk kering dapat menyerang ketika tubuh mulai tidak fit, bahkan bisa menyebabkan batuk berkepanjangan jika tidak diobati sesegera mungkin. Anda dapat menggunakan belimbing wuluh, caranya blender 3 buah belimbing wuluh dengan segelas air, tambahkan 2 sendok teh madu, lalu minum.

Loading...

4. Mencegah kanker
Kandungan vitamin C pada belimbing wuluh juga dapat berperan sebagai anti-oksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas yang bersifat karsinogenik, termasuk penyakit mematikan yaitu kanker.

5. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak
Ketika sakit gigi dan gusi membengkak terjadi secara bersamaan, maka sakit yang ditimbulkan sangat membuat tidak nyaman, Anda jadi sulit makan dan juga tidur. Kunyahlah secara langsung belimbing wuluh yang telah ditaburi garam ke area gigi dan gusi yang sakit, maka perlahan sakit akan hilang.

6. Mengatasi hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyerang apabila Anda tidak menerapkan pola hidup yang sehat, tingginya kadar kolesterol darah selain memicu hipertensi akan berdampak pada penyakit jantung dan stroke. Rebus potongan 3 buah belimbing wuluh dengan 3 gelas air sampai air tersisa 1 gelas, minum setiap pagi hari, maka tekanan darah kembali normal.

7. Mengatasi diabetes
Penyakit diabetes terjadi karena tingginya kadar gula dalam darah. Belimbing wuluh memiliki zat saponin dan flavonoid yang dapat meningkatan kadar insulin sehingga dapat menurunkan gula darah. Rebuslah 5 buah belimbing wuluh dengan 3 gelas air, tunggu sampai tersisa segelas air, minum setiap malam hari.

8. Mencerahkan wajah
Kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan juga antioksidannya dapat mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat, flek hitam, dan komedo sehingga membuat wajah kusam. Caranya haluskan 4 buah belimbing wuluh diberi sedikit madu, lalu jadikan masker wajah setiap malam sebelum tidur selama 30 menit. Wajah akan cerah kembali.

9. Memerahkan bibir
Memiliki bibir merah alami dan sehat adalah dambaan setiap perempuan. Anda dapat menggunakan belimbing wuluh sebagai langkah alami yang mudah dilakukan. Caranya belah belimbing menjadi dua bagian, kemudian oleskan ke bibir selama 20 menit. Gunakan secara rutin.

Itulah beberapa manfaat belimbing wuluh bagi meningkatkan kesehatan tubuh dan kecantikan kulit Anda. Disarankan bagi penderita maag untuk tidak berlebihan mengonsumsi belimbing wuluh karena kadar asamnya dikhawatirkan akan meningkatkan asam di lambung.

Loading...