9 Makanan Dilarang Bagi Penderita Asam Urat

Asam urat adalah suatu kondisi dimana tubuh memiliki kadar purin berlebih sehingga menyebabkan kadar asam urat pun meningkat. Asam urat inilah yang menyerupai kristal dan menumpuk di sendi kaki maupun tangan, dan akibatnya menyebabkan peradangan dan nyeri sendi.

Makanan Pantang Asam Urat

Asam urat umumnya lebih beresiko dialami oleh orang berusia lanjut, namun bagi usia muda pun kemungkinan terkenanya juga besar apabila menerapkan pola makan dan hidup yang tidak sehat. Apabila asam urat kambuh, maka akan timbul rasa nyeri yang luar biasa pada sendi yang terkena, kemudian mengalami pembengkakan, dan yang paling parah ialah sulitnya melakukan aktivitas seperti berjalan.

Namun ada baiknya bagi Anda yang sedang menderita asam urat untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja macam makanan yang dapat memicu kambuhnya asam urat, dan tak terkecuali bagi Anda yang mungkin tidak mengidap gangguan sendi ini untuk memahaminya juga, karena mencegah itu lebih baik bukan?

9 Makanan Pantang Bagi Asam Urat

1. Menghindari asupan kopi

Memang keberadaan kandungan kafein pada kopi dapat memberikan dampak positif bagi tubuh, seperti menangkal radikal bebas dan membuat tubuh terasa segar. Namun kafein pada kopi akan berdampak buruk bagi penderita asam urat, hal ini dikarenakan kandungan kafein pada kopi bisa menyebabkan penebalan atau perbanyakan asam urat, sehingga asam urat pun kumat kembali. Tidak hanya membahayakan bagi sendi, namun juga dapat memperberat kinerja ginjal Anda.

2. Menghindari asupan jeroan

Jeroan mungkin memiliki rasa yang lezat apalagi jika dibumbui dengan rempah yang kental. Tapi tahukah Anda jeroan sangatlah dilarang untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat. Karena jeroan mampu memicu meningkatnya kadar asam urat di dalam darah, sehingga asam urat pun dapat kambuh lagi. Jadi meski jeroan terasa nikmat, jangan terpengaruh ya agar tubuh tetap sehat dan asam urat tak kambuh kembali.

3. Berhenti mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol hanya akan memperparah kondisi kesehatan tubuh Anda, termasuk sebagai penyebab kambuhnya asam urat. Hal ini dikarenakan pada alkohol mengandung purin, yaitu senyawa yang dapat memicu meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh.

4. Menghindari berbagai jenis makanan laut

Loading...

Makanan laut memang terasa sangat nikmat, namun ada beberapa jenis seafood tersebut yang harus Anda hindari agar asam urat tidak kambuh lagi, yaitu kerang, sarden, ikan teri, tiram, lobster, dan kepiting. Hal ini dikarenakan adanya kandungan purin tinggi yang terkandung pada beberapa jenis makanan laut tersebut, sehingga dapat memperbesar resiko kambuhnya asam urat.

5. Membatasi pengonsumsian jenis sayuran tertentu

Sayuran memang baik untuk tubuh apalagi kandungan mineral dan vitaminnya mampu menutrisi tubuh. Namun berbeda halnya dengan penderita asam urat. Penderita asam urat haruslah mensortir beberapa jenis sayuran yang mengandung senyawa purin sehingga bisa memicu kambuhnya asam urat. Beberapa jenis tersebut di antaranya ialah asparagus, bayam, kembang kol, kacang polong, dan jamur.

6. Mengurangi konsumsi daging merah

Hasil riset dari National Institutes of Health-AARP membuktikan bahwa orang yang gemar memakan daging merah maka menimbulkan resiko meninggal 10 tahun lebih cepat dibandingkan dengan orang yang tidak gemar memakan daging merah. Nah hal ini sangat berkaitan juga dengan penderita asam urat untuk sebaiknya mengurangi asupan daging merah, karena keberadaan purin yang tinggi dapat memicu asam urat serta kandungan kolesterolnya dapat meningkatkan resiko gangguan kardiovaskular.

7. Mengurangi asupan telur

Telur memang memiliki kandungan protein hewani yang baik untuk nutrisi tubuh, namun bagi penderita asam urat ada baiknya untuk mengurangi asupan telur ini. Hal ini dikarenakan dalam 100 gr telur ayam saja sudah terkandung 7 gr purin. Purin inilah yang dapat meningkatkan kadar asam urat tubuh. Jadi cukup kurangi saja pengonsumsia telur ayam sehari-hari ya.

8. Kurangi asupan minuman bersoda

Tidak hanya saja makanan yang mengandung senyawa purin, namun minuman bersoda juga memiliki resiko yang sama. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health, menyatakan bahwa minuman bersoda diketahui banyak mengandung senyawa gula berupa fruktosa yang dapat memicu meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh. Tidak hanya minuman bersoda, namun minuman yang manis pun juga memiliki resiko kambuhnya asam urat.

9. Kurangi memakan emping

Emping memang memiliki rasa yang nikmat, bahkan emping banyak digemari. Namun makanan ringan hasil dari olahan melinjo ini diolah melalui proses penggorengan. Dimana minyak dari emping sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh, dan juga  emping di tiap 100 gramnya mengandung 150-800 mg purin. Jumlah yang sangat tinggi sehingga bisa memicu asam urat kambuh kembali. Jadi bagi Anda penderita asam urat, kurangi pengonsumsian emping ya.

Nah itulah 9 makanan maupun minuman yang perlu Anda kurangi bahkan hindari untuk dikonsumsi, karena hanya akan memicu kambuhnya asam urat. Namun jangan khawatir, meski pantangan pada penderita asam urat sangatlah banyak, tetapi ada beberapa jenis makanan yang bergizi dan bisa dikonsumsi seperti: kacang-kacangan, olahan lemak tak jenuh, daging unggas, gandum, serta makanan laut rendah purin.

Loading...