Loading...

9 Cara Mudah Mengatasi Jerawat Batu

9 Cara Mudah Mengatasi Jerawat Batu

Cara Mudah Mengatasi Jerawat Batu

Memiliki wajah bersih dan sehat adalah dambaan bagi siapapun, termasuk memiliki wajah bebas dari jerawat. Beberapa contoh jenis jerawat yang paling umum diderita ialah jerawat batu dan jerawat pasir. Kalau sudah berjerawat, bisa pusing tujuh keliling deh.

Kehadiran jerawat batu sangatlah mengganggu terkhusus bagi wanita. Tidak hanya mengganggu penampilan saja, jerawat batu memiliki dampak negatif bagi kulit wajah yang dideritanya yaitu terdapat bekas jerawat berupa noda-noda hitam bahkan bopeng yang membuat permukaan wajah menjadi tidak rata, sehingga untuk ditutupi dengan make up pun tetap saja terlihat.

Beberapa faktor penyebab munculnya jerawat batu ialah:

1. Kurang istirahat
Istirahat sangatlah penting bagi tubuh, tidak hanya merilekskan bahkan dengan istirahat tubuh dengan sendirinya dapat melaksanakan tugas meregenerasi sel-sel tubuhnya termasuk kulit wajah. Tanpa istirahat menyebabkan tumpukan sel-sel kulit mati di wajah dapat memicu munculnya jerawat batu.
2. Mengonsumsi junk food
Makanan siap saji memang digemari oleh siapapun, namun jika berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan dan juga kulit wajah. Kandungan lemak berlebih pada junk food akan menambah kadar kulit berminyak di wajah, yang akhirnya menyebabkan kotoran menempel di wajah dan muncullah jerawat batu.
3. Naiknya kadar hormon
Ketika masa pubertas, produksi hormone akan androgen akan meningkat yang juga memicu naiknya kadar sebum wajah dan berujung munculnya jerawat batu. Ketika menstruasi naiknya kadar hormone androgen dan estrogen juga dapat berpengaruh terhadap tumbuhnya jerawat batu.
4. Kulit wajah berminyak
Memiliki kulit wajah berminyak lebih menaikkan resiko timbulnya jerawat batu. Jika wajah Anda adalah tipe berminyak, maka rutinlah melakukan pembersihan wajah agar terhindar dari munculnya jerawat batu.
5. Jarang membersihkan wajah
Jika seharian wajah sudah terpapar berbagai debu, polusi, kotoran, bahkan make up dan Anda malas mencucinya, hal ini akan memicu terjadinya penyumbatan pori-pori wajah, dan akhirnya muncullah jerawat batu.
6. Kulit wajah sensitif
Memiliki kulit wajah yang sensitif memang sangatlah menjengkelkan. Kulit dengan mudahnya mengalami peradangan sehingga kulit wajah memerah dan tumbuhlah jerawat batu.
7. Stress berlebih
Stress yang Anda alami tidak hanya berdampak negatif pada pikiran Anda namun juga dapat memicu menaiknya kadar minyak di kulit wajah dan akhirnya kulit wajah meradang dan muncullah jerawat batu.

Anda jangan risau dulu jika jerawat batu yang Anda alami tidak kunjung sembuh dan hilang, ada beberapa cara mengatasi jerawat batu dengan mudah dan pastinya tidak perlu merogoh kocek yang dalam ya.

9 Cara Mengatasi Jerawat Batu :

1. Rutin membersihkan wajah
Membersihkan wajah dapat menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel di kulit Anda, rutin membersihkan dapat meminimalisir tumbuhnya jerawat batu.

2. Menghindari penyentuhan wajah berjerawat
Jika terlalu sering menyentuh wajah yang berjerawat dengan kondisi tangan tak higienis maka bakteri pemicu tumbuhnya jerawat semakin memperparah keadaan kulit wajah bahkan jerawat semakin menyebar ke seluruh area wajah Anda.

Loading...

3. Menghindari pemencatan jerawat
Jerawat batu yang sudah matang memang merisihkan, apalagi dengan adanya nanah. Jerawat jangan dipencet karena akan memperparah kulit wajah dan semakin meradang, jerawat batupun bukannya hilang malah timbul di area wajah yang lain.

4. Memanjemen stress
Mengalami stress karena tuntutan pekerjaan sehari-hari memanglah tidak dapat dihindari, akan tetapi alangkah baiknya jika Anda mengalami stress yang memuncak lakukan refreshing terlebih dahulu sehingga stress hilang, maka tidak hanya menjadi sehat, kulit pun juga terhindar dari munculnya jerawat.

5. Menggunakan belimbing wuluh
Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada belimbing wuluh dapat berperan sebagai antibakteri dan juga kolagen alami bagi kulit wajah. Caranya haluskan 3 buah belimbing wuluh lalu beri sedikit air, oleskan di wajah sebagai masker selama 30 menit. Gunakan 2 kali sehari, maka jerawat batu dan bekasnya akan menghilang.

6. Menggunakan tomat
Kandungan vitamin A, C, dan E pada buah tomat sangatlah baik bagi kulit wajah termasuk mengatasi jerawat. Caranya iriskan tipis-tipis 1 buah tomat kemudian tempelkan ke wajah selama 20-30 menit. Gunakan 1 kali sehari setiap menjelang tidur.

7. Menggunakan madu
Madu memang dapat berperan sebagai antioksidan dan mencerahkan kulit wajah. Gunakan madu alami, oleskan ke seluruh area wajah terutama yang berjerawat setiap pagi hari dan sebelum tidur selama 45 menit, lalu bilas dengan air dingin.

8. Menggunakan putih telur dan madu
Telur memang kaya akan protein yang dapat berperan dalam menjaga keelastisan kulit, bahkan dapat mengangkat sel kulit mati termasuk jerawat batu. Campurkan 1 putih telur dengan 2 sendok teh madu, aduk dan jadikan masker wajah selama 30 menit. Gunakan 3 kali dalam seminggu.

9. Menggunakan teh hijau
Antioksidan pada teh hijau memang dapat mengatasi peradangan kulit akibat jerawat batu. Caranya seduh teh hijau dan diamkan 1 jam, kemudian balurkan air teh hijau ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 30 menit.

Beberapa langkah di atas sangatlah mudah untuk Anda terapkan, gunakan langkah termudah yang dapat Anda lakukan. Janglah gegabah menggunakan berbagai produk kimia yang justru dapat memperparah jerawat batu di kulit wajah Anda.

Loading...