9 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

9 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

Siapa sih yang tidak terganggu dengan adanya pori-pori wajah? Terlebih lagi buat ladies yang awalnya memiliki wajah mulus bersih menjadi rusak karena masalah pori-pori wajah muncul. Ada tiga tipe kulit wajah, yaitu wajah dengan kulit normal, kering, dan berminyak. Nah permasalahan utama bagi yang memiliki minyak berlebih wajahnya sudah umum untuk terserang masalah pori-pori wajah ini. Pori-pori wajah yang membesar cukup membuat rasa percaya diri turun, apalagi bagi ladies yang sudah menutupinya dengan make-up tebal tetapi tetap tidak bisa terbohongi celah-celah yang justru menjadi mendempul dan semakin merusak penampilan.

Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori yang membesar juga membuat wajah menjadi lebih kusam dan tampak lebih tua, pasti ladies tidak maukan lama-lama mengalami kejadian buruk ini? Jika ladies ingin langkah instan dan cepat, maka perawatan atau treatment di dokter kecantikan atau kulit adalah solusinya, tapi tak menampik diperlukan biaya yang ekstra.

9 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

1. Jagung muda

Selain dapat dikonsumsi sebagai kebutuhan karbohidrat, jagung muda juga bisa diolah menjadi masker alami wajah. Diketahui senyawa thiamin pada jagung mampu untuk mengeringkan luka bekas cacar dan jerawat, bahkan ampuh sebagai anti oksidan sehingga pori-pori wajah bisa mengecil dan wajah menjadi lebih segar. Caranya ialah cukup menggerus jagung muda lalu dijadikan masker pada wajah, didiamkan selama 30 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat. Aplikasikan seminggu 3 kali.

2. Minyak zaitun

Siapa yang tidak mengenal bahan satu ini. Sudah banyak khasiat yang dihasilkan baik itu sebagai anti kolestrol dan memproduksi anti oksidan bagi tubuh. Minyak zaitun juga dapat dijadikan sebagai masker alami pada wajah, karena kandungan vitamin E yang sangat tinggi mampu sebagai pemerhalus kulit, penghilang jerawat, dan pengecil pori-pori wajah. Penggunaannya cukup diolesi ke seluruh wajah setelah wajah bersih dicuci dan digunakan pada malam hari menjelang tidur, pagi harinya bilas dengan air hangat.

3. Jeruk nipis

Buah-buahan satu ini memiliki rasa yang sangat masam, biasa digunakan sebagai tambahan sambal goreng, bahan untuk menghilangkan amis pada ikan, dan bahan tambahan sabun cuci piring. Akan tetapi jeruk nipis ampuh untuk mengatasi pori-pori wajah yang besar. Kandungan vitamin C nya yang tinggi serta anti oksidannya dapat membuat sensai segar pada kulit wajah. Penggunaanya mudah, cukup belah menjadi dua jeruk nipis, lalu peras airnya dan dioleskan ke wajah sebagai masker. Akan tetapi bagi ladies yang memiliki kulit wajah sensitif, alangkah baiknya cukup menggunakan tissue sebagai pelapis masker wajah yang sudah dibasahi dengan air perasan jeruk nipis. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Tomat

Loading...

Tomat juga sebagai bahan utama pembuatan sambal pada masakan. Rasanya yang sedikit masam dan segar ini memiliki kandungan vitamin A dan C serta anti-oksidan yang baik bagi tubuh. Penggunaan masker tomat cukup mudah, dengan mengiris tipis buah tomat lalu dipasang ke wajah secara langsung sebagai masker. Biarkan selama 30-45 menit, lalu bilas dengan air hangat. Sering menggunakan masker tomat, selain dapat mengecilkan pori-pori wajah, namun juga dapat mengencangkan wajah dan membersihkannya sehingga wajah tampak putih alami.

5. Lidah buaya

Tanaman yang bernama ilmiah Aloe vera ini mudah ditemukan bahkan penanamannya tidaklah sulit. Penggunaan masker lidah buaya secara rutin juga mampu mengecilkan pori-pori wajah, cukup dengan mengambil gel pada lidah buaya yang telah dicuci bersih sebelumnya, lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit, terakhir bilas dengan air hangat. Hasilnya wajah akan lebih kenyal, berseri, dan pori-pori wajah mulai mengecil.

6. Madu alami

Madu yang manis dan sehat ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, begitu juga bagi wajah ladies. Cukup mudah menemukan madu alami yang dijual di pasaran, cara penggunaan madu juga sebagai masker wajah. Cukup dengan menuang 1 sendok makan madu lalu dioleskan ke wajah secara merata, biarkan selama 30-45 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kandungan anti oksidan yang tinggi ampuh mengatasi permasalahan pori-pori wajah.

7. Susu murni

Susu kaya akan vitamin D yang dapat menambah produksi kolagen kulit dan B kompleks berperan dalam menjaga kelembapan dan keelastisan kulit. Caranya cukup mudah, gunakan susu murni lalu oleskan langsung ke seluruh area wajah. Biarkan selama 60 menit dan rasakan hasilnya. Susu murni juga bisa dicampur dengan kefir grain menjadi bahan susu kefir dan dijadikan masker wajah. Penggunaan yang rutin mampu membuat wajah tampak cerah dan pori-pori wajah mengecil.

8. Air rendaman beras

Bagi ladies yang rutin mencuci beras ada baiknya air tersebut jangan langsung dibuang, karena kandungan asam ferullic dan allantoin pada air beras mampu membuat pori-pori wajah mengecil, wajah menjadi kencang, kenyal, dan cerah. Caranya mudah, air sisa cucian beras ditampung di wadah terbuka dan dibiarkan selama 1-2 hari, lalu tampak di pinggir endapan-endapannya, maka ambillah endapan tersebut dan bisa digunakan sebagai masker wajah. Gunakan masker air beras pada malam hari menjelang tidur dan rasakan hasilnya.

9. Es batu

Bahan yang satu ini memang paling nikmat diminum saat musim panas seperti saat ini, tetapi selain sebagai penghilang dahaga es batu juga efektif pengecil pori-pori wajah. Jika ladies pernah treatment pasti di akhir kegiatan wajah dibersihkan dengan air dingin, karena tujuannya ialah untuk mengecilkan pori-pori. Es batu cukup dibungkus dengan kain atau handuk bersih sesuai selera lalu oleskan berkali-kali ke seluruh area wajah. Penggunaan es batu secara langsung ke wajah tidak dianjurkan karena ditakutkan wajah menjadi memerah karena dinginnya.

Sekian beberapa langkah mudah untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Cukup mudah bukan ladies terlebih bahan-bahan di atas tersedia dimanapun. Menjadi cantik adalah keharusan, tetapi kulit wajah tetap sehat adalah kewajiban. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.

Loading...