9 Cara Menaikkan Berat Badan dengan Cepat

Setiap wanita maupun pria pasti menginginkan berat badan yang ideal dengan tubuh yang proporsional. Rupanya tidak hanya permasalahan obesitas atau kelebihan berat badan saja yang dianggap masalah, namun kekurangan berat badan atau bisa dibilang memiliki badan yang terlalu kurus atau kerempeng juga bisa menjadikan masalah tubuh. Karena banyak orang yang tidak percaya diri dengan tubuhnya yang terlalu kurus, belum lagi semua pakaian yang digunakan akan terasa lebih kendur dan pastinya mengganggu penampilan sehari-hari.

Banyak orang yang memang sudah kurus karena faktor keturunan, atau ada juga yang memiliki badan kurus akibat menurunnya berat badan secara drastis. Meminum vitamin ataupun berbagai jenis susu sudah dilakukan, namun permasalahannya berat tubuh tetap saja tidak naik. Lantas adakah solusi tepat yang mudah dan aman untuk mengatasinya?

Menaikkan Berat Badan

Ingin menaikkan berat badan dan mempunyai tubuh yang proporsional antara berat dan tinggi badan rupanya tidaklah sulit untuk dilakukan asal rutin dalam penerapannya, seperti mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung nilai gizi ataupun nutrisi lebih tinggi. Nah berikut akan diulas apa saja cara menaikkan berat badan secara alami dan aman serta mudah untuk dilakukan? Yuk disimak…

9 Cara Menaikkan Berat Badan

1. Memilih makanan

Memilih makanan yang dimaksud ialah makanan harus memiliki nutrisi yang tinggi. Bukan berarti dengan sembarangan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula berlebihan, makanan yang bernutrisi tinggi adalah makanan yang kaya akan protein, vitamin, serta mineral. Contohnya ialah sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, dan juga berbagai jenis buah-buahan yang banyak mengandung serat.

2. Meningkatkan nafsu makan

Bisa jadi tubuh yang kurang ideal akibat berat badan terlalu rendah adalah kurangnya tingkat nafsu makan, hal ini menyebabkan kinerja sistem metabolisme tubuh akan terganggu. Maka dari itu cobalah dari sekarang mulai meningkatkan nafsu makan Anda, jika Anda masih kesulitan bisa diatasi dengan cara meminum obat-obatan herbal yang baik untuk tubuh dan mampu merangsang nafsu makan Anda, seperti obat-obatan herbal yang mengandung Curcuma maupun madu.

3. Rutin berolahraga

Rupanya dengan rutin berolahraga tidak hanya berdampak untuk kesehatan tubuh, namun juga bisa membantu Anda dalam meningkatkan berat badan. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan ialah berlari, berenang, aerobik, dan masih banyak lagi. Dengan rutin berolahraga, maka tubuh akan mengirim sinyal untuk meningkatkan asupan gula dan lemak sebagai sumber energi yang akan digunakan, yaitu memicu meningkatnya kadar hormon insulin dan kortisol, nah hal inilah yang bisa memicu rasa lapar dan akhirnya menambah nafsu makan Anda.

4. Kebiasaan untuk cukup istirahat

Istirahat berupa tidur itu perlu bagi tubuh. Bisa jadi karena tekanan dan menumpuknya pekerjaan membuat waktu istirahat Anda berkurang sehingga memicu turunnya berat badan secara drastis. Untuk itu cukupilah waktu istirahat Anda apalagi bagi Anda yang jarang tidur lebihkan jam tidur ketika waktu senggang.

Loading...

Karena berdasarkan sebuah studi, mengatakan bahwa kebiasaan tidur lebih dari 10 jam per malamnya dalam sehari lebih bisa menaikkan berat badan dibandingkan dengan menggunakaan waktu tidur rata-rata sekitar 7 sampai dengan 9 jam per malamnya.

5. Meningkatkan konsumsi karbohidrat

Cara menaikkan berat badan yang paling efektif juga bisa dilakukan dengan meningkatkan pengonsumsian karbohidrat sehari-hari. Berbagai jenis karbohidrat yang bisa Anda konsumsi ialah nasi, jagung, kentang, ubi jalar, gandum, dan juga singkong pun bisa dijadikan pilihan utama menu karbohidrat harian Anda.

6. Rutin meminum jus

Tidak hanya asupan karbohidrat saja yang dapat meningkatkan berat badan, meminum jus buah juga berkhasiat bagi berat badan Anda. Buah yang bisa menaikkan berat badan Anda secara alami adalah alpukat, mangga, pisang, dan buah lainnya yang mengandung serat. Usahakan jangan terlalu banyak menggunakan gula, jika ingin memiliki cita rasa manis Anda bisa menggantikan gula dengan madu atau yoghurt rasa buah di bahan jus buah Anda.

7. Rutin mengonsumsi cemilan sehat

Cemilan juga bisa dijadikan makanan pendamping selain makanan berat yang efektif untuk menaikkan berat badan Anda lho. Cemilan yang disarankan adalah cemilan yang kaya akan protein dan vitamin serta mineral namun rendah lemak ataupun kalori, yaitu Anda bisa membuat cemilan berupa salad buah ataupun salad sayur. Meminum susu juga dianjurkan, susu yang harus diminum ialah susu murni dan konsumsilah setiap hari.

8. Perbanyak minum air putih

Minumlah air putih setidaknya 2 liter dalam sehari. Air putih bermanfaat bagi tubuh karena dapat melancarkan sistem metabolisme. Tidak hanya itu saja, meminum air putih juga bisa meningkatkan berat badan secara alami. Namun yang perlu diingat adalah, biasakan untuk tidak meminum air putih sebelum makan karena justru akan membuat Anda cepat kenyang sehingga makanan tidak habis.

9. Cukupi asupan lemak

Meski diperbolehkan namun tidak diperbolehkan dikonsumsi secara berlebihan, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Lebih baik memanfaatkan lemak nabati seperti minyak sayur dan kelapa. Boleh juga memakan daging asalkan daging yang kaya akan serat dan tidak bergajih, serta memakan daging ikan karena ikan juga kaya akan protein dan omeganya sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Itulah 9 langkah mudah untuk menaikkan berat badan Anda secara alami. Namun jika Anda sudah meningkatkan nafsu makan dan porsi makan diperbanyak tetapi berat badan tidak naik-naik malah cenderung tetap kurus, ada baiknya Anda segera untuk berkonsultasi dengan dokter atau para ahli gizi dan kesehatan. Selamat mencoba…

 

Loading...