9 Cara Cepat Mengatasi Cegukan

Cegukan adalah keluarnya suara khas seperti “hik” yang terkadang selalu muncul tanpa mengenal waktu. Penyebab cegukan ialah terjadinya penutupan pita suara secara tiba-tiba dikarenakan adanya kontraksi otot-otot diafragma. Cegukan dapat menyerang siapapun tanpa mengenal usia, bayi, anak-anak, orang dewasa, bahkan usia lanjut pun tak luput dari cegukan ini. Intensitas lamanya cegukan umumnya hanya beberapa menit, meski jarang sekali ada yang mengalami beberapa jam cegukan.

Cara Mengatasi Cegukan

Umumnya penyebab terjadinya cegukan sangatlah bervariasi, diantaranya: minuman yang terlalu panas, minuman bersoda, makanan pedas, minuman beralkohol, perubahan suhu yang terjadi secara riba-tiba, kembung perut, makan yang terlalu cepat dan banyak, serta menelan makanan yang terlalu dingin maupun panas.

Munculnya cegukan sangatlah membuat tidak nyaman, mau berbicara saja terganggu, dan parahnya jika tidak diatasi sesegera mungkin akan mengganggu segala aktivitas harian Anda. Meski jaman dulu terkenal dengan mitos bahwa semakin sering seorang anak mengalami cegukan maka si anak akan tumbuh tinggi, itu tidak ada kaitannya sama sekali dengan dampak dari cegukan itu sendiri. Jika Anda tiba-tiba mengalami cegukan, ada baiknya Anda untuk tidak panik terlebih dahulu, berikut langkah mudah mengatasi cegukan.

9 Cara Mengatasi Cegukan

1. Menahan napas 

Cara pertama paling mudah untuk mengatasi cegukan ialah dengan menahan napas. Caranya cukup mudah, yaitu Anda menghirup udara sebanyak mungkin melalui hidung lalu tahan selama beberapa detik sampai dada terasa penuh, lalu hembuskan dengan pelan melalui mulut. Menahan napas ini membuat karbondioksida dalam tubuh bertambah, sehingga cegukan pun dapat dikurangi.

2. Menelan perasan jeruk nipis

Meski rasanya sangat masam, namun dengan menelan secara langsung perasan jeruk nipis sangatlah berkhasiat dalam menghilangkan cegukan yang Anda alami. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang sangat tinggi mampu menenangkan saraf vagus akibat cegukan. Caranya belah menjadi 2 bagian jeruk nipis, lalu peras dan minum air perasan jeruk nipis tersebut.

3. Mengoleskan es batu

Es batu memang dingin apabila bersentuhan langsung dengan kulit, dengan begitu es batu juga efektif mampu mengatasi cegukan. Caranya oleskan atau gosokkan es batu ke tenggorokan Anda, dengan begitu saraf menjadi lebih santai akibat tegang karena cegukan, dan cegukan pun berhenti.

4. Menggunakan gula pasir

Loading...

Caranya cukup mudah, yaitu sediakan 1 sendok makan gula pasir lalu masukkan ke dalam mulut dan cukup Anda lakukan dengan mengemutnya saja, tanpa menelannya secara langsung. Mengemut gula pasir dapat dilakukan selama 5 menit, kemudian buang gula tersebut. Lakukan berulang sampai cegukan hilang.

5. Menjulurkan lidah

Cara mudah untuk mengatasi cegukan ialah dengan menjulurkan lidah Anda. Tujuan dari gerakan ini ialah untuk merangsang saraf vagus dan juga nasofaring, sehingga mampu mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma. Otot-otot diafragma yang berkontraksi karena cegukan pun dapat rileks kembali, dan cegukan pun hilang.

6. Bernapas dengan kantung plastik

Apabila cegukan datang secara tiba-tiba, Anda bisa memanfaatkan kantung plastik yang ada. Caranya bukalah kantung platik dan arahkan ke mulut dan hidung Anda sehingga Anda akan bernapas dan menghirup langsung dari kantung plastik yang Anda gunakan. Proses ini akan membuat kandungan karbondioksida meningkat, maka cegukan pun dapat berhenti dengan sendirinya.

7. Menggunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih tidak hanya memberikan kehangatan pada perut yang kembung atau mencegah tubuh dari gigitan nyamuk, namun dengan mengoleskan minyak kayu putih ke leher, dada, bahkan perut akan memberikan kehangatan dan aroma atsirinya mampu merilekskan otot-otot diafragma, sehingga cegukan pun dapat teratasi.

8. Meminum air hangat

Air hangat dapat melancarkan aliran oksigen di dalam darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk dalam mengatasi cegukan. Caranya minumlah air hangat lalu kumurkan dan tahan di dalam mulut jangan langsung ditelan, lalu tarik napas dalam-dalam melalui lubang hidung, kemudian membungkukkan badan dan kembalikan ke posisi tubuh tegap. Terakhir baru minum air hangat tersebut. Ulangi langkah ini sampai cegukan benar-benar hilang.

9. Mengatur pernapasan

Aturlah pernapasan Anda dengan teratur dan benar, hirup dalam-dalam udara melalui lubang hidung lalu hembuskan secara perlahan melalui mulut. Ulangi langkah tersebut sampai cegukan benar-benar hilang.

Nah itulah 9 langkah mudah mengatasi cegukan. Jika cegukan terjadi secara tiba-tiba, Anda jangan panik dahulu. Rilekskan pikiran dan otot tubuh Anda lalu lakukan beberapa cara di atas yang paling dianggap mudah. Apabila cegukan terjadi setiap hari bahkan dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Loading...