8 Manfaat Rumput Teki bagi Kesehatan

Rumput teki atau yang dikenal dengan nama ilmiah Cyperus rotundus adalah sejenis rumputan yang dapat tumbuh dengan liar, bahkan banyak yang menganggap tanaman ini sangatlah mengganggu. Sehingga wajar sekali banyak orang yang memangkas habis rumput teki apabila tumbuh di pekarangan rumah. Rumput teki dianggap menggangu karena akarnya mampu menyerap nutrisi tanaman di sekitarnya termasuk juga jenis rerumputan sendiri yang sengaja ditanam.

Manfaat Rumput Teki

Padahal rumput teki mengandung sejumlah senyawa kimia yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti flavonoid, alkaloid, minyak atsiri, antiinflamasi, antimikroba, etanol, glikosida, dan masih banyak lagi. Lantas dengan beberapa kandungan senyawa tersebut, apa sajakah manfaat rumput teki untuk kesehatan? Yuk disimak…

8 Manfaat Rumput Teki

1. Menurunkan demam

Apabila tubuh mengalami demam maupu panas, maka akan menyebabkan suhu tubuh meninggi. Cobalah untuk mengurangi pengonsumsian obat berbahan kimia, Anda bisa menggunakan umbi dari rumput teki. Bagian umbi dari rumput teki mengandung senyawa kimia etanol yang sangat efektif untuk menurunkan panas tubuh, dan khasiatnya 6 kali lipat dibandingkan dengan obatan berbahan kimia asam salisilat.

Caranya ambil bagian umbi dari rumput teki secukupnya, lalu bersihkan dengan air bersih dan selanjutnya potong-potong tidak terlalu tipis maupun tidak terlalu besar. Kemudian keringkan umbi teki tersebut dengan cara dianginkan, kemudian rebus 9 gram umbi rumput teki dengan segelas air, rebus sampai benar-benar mendidih. Terakhir dinginkan dan saring, minum dalam keadaan hangat.

2. Mengatasi berbagai penyakit kulit

Rumput teki juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit, seperti kutu air, panu, kudis, eksim. Caranya ambil beberapa bagian rumput teki, lalu bersihkan dan rajangkan atau lumatkan sampai benar-benar halus. Terakhir tempelkan lumatan rumput teki tersebut ke area kulit yang gatal. Langkah ini selan dapat menghilangkan berbagai gangguan di kulit, namun juga dapat mengurangi rasa gatal di kulit.

3. Dapat mengobati kencing batu

Kencing batu adalah suatu keadaan saluran kencing tidak dapat berfungsi secara maksimal, sehingga kencing pun tidak dapat dikeluarkan dengan lancar. Jika dibiarkan maka akan berdampak pada kesehatan tubuh dibalik adanya rasa nyeri.

Untuk mengatasi kencing batu sangatlah mudah, yaitu dengan menggunakan umbi rumput teki. Caranya ambil beberapa bagian dari umbi teki, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus. Kemudian campurkan halusan rumput teki tersebut dengan segelas air, rebus sampai mendidih. Setelah mendidih, matikan api kemudian saring dan seduh minum airnya saja dalam keadaan hangat. Sifat diuretik pada umbi rumput teki ampuh dalam melancarkan saluran kencing Anda.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Berbagai macam gangguan pencernaan seperti sembelit, wasir, mual, kenaikan asam lambung, bahkan kembung pun dapat dengan mudah teratasi dengan rumput teki. Caranya sama seperti langkah nomor 1 dan 3 diatas, gunakan umbi teki dan direbus dengan air. Jika ingin menambah cita rasa agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkannya dengan 1-2 sendok makan madu. Maka minumlah ramuan ini sebanyak 1-2 kali sehari, sampai gangguan pencernaan benar-benar teratasi dengan baik.

5. Dapat mengatasi nyeri haid pada wanita

Loading...

Tamu langganan tiap bulan ini memang selalu dialami oleh semua wanita. Namun keluhan ketika haid tetaplah ada, termasuk adanya rasa nyeri yang luar biasa, bahkan masalah lainnya adalah haid yang tidak lancar. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan rumput teki. Caranya gunakan umbi dari rumput teki dan direbus dengan air, minum air tanpa ampasnya. Minumlah 1-2 kali sehari sampai nyeri haid benar-benar hilang.

6. Mengatasi keputihan

Permasalahan lain yang dialami setiap wanita adalah produksi keputihan secara berlebihan, sehingga akan berdampak buruk pada kesehatan organ intim wanita. Keputihan memang normalnya terjadi pada saat menjelang dan setelah haid, namun karena adanya faktor kurang menjaga kebersihan area miss V dan juga faktor stress bisa memicu produksi keputihan secara berlebihan.

Untuk mengatasi keputihan tidak perlu dengan mengonsumsi obatan kimia, dengan meminum rebusan umbi rumput teki pun maka permasalahan tersebut dapat teratasi. Tetapi tetap saja, selain melakukan pengobatan dari dalam, tidak lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan area miss V agar keputihan tidak terjadi.

7. Menghilangkan bekas jerawat

Tidak hanya bermanfaat dalam kesehatan tubuh saja, rumput teki juga bisa meningkatkan kecantikan kulit wajah Anda termasuk dalam menghilangkan bekas jerawat. Jerawat memang masalah umum sebagai penyakit kulit di wajah, namun ketika jerawat telah hilang maka akan tumbuh permasalahan baru yaitu adanya noda bekas jerawat yang membandel.

Cara untuk menghilangkan noda bekas jerawat sangatlah mudah, yaitu tumbuk halus umbi rumput teki kemudian jadikan sebagai masker wajah. Diamkan masker tersebut selama 30 menit, dan terakhir bilas dengan air bersih. Lakukan langkah tersebut sebanyak 3-4 kali dalam seminggu, maka noda bekas jerawat pun akan hilang dan wajah kembali cerah.

8. Mempercepat penyembuhan luka

Luka yang diakibatkan karena terjatuh, tergores, ataupun terbakar pastinya akan menimbulkan rasa perih apalagi luka dalam keadaan terbuka. Untuk itu Anda bisa menggunakan rumput teki untuk mempercepat proses pembekuan darah dan penyembuhan luka. Caranya tumbuk halus rumput teki yang sudah dibersihkan, lalu tempelkan ke area kulit yang terluka. Biarkan hingga mengering lalu basuh dengan air.

Itulah 8 manfaat rumput teki yang tak terduga sebelumnya. Meski dianggap sebagai tanaman pengganggu, namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk memulai memanfaatkan tanaman satu ini sebagai pilihan pengobatan alternatif di rumah.

 

 

Loading...