8 Manfaat Rumput Kebar Bagi Kesehatan

Rumput kebar, mungkin Anda masih belum terlalu familier dengan tanaman yang memiliki nama ilmiah Biophytum petersianum ini. Rumput kebar merupakan sejenis tanaman terna yang tersebar di beberapa wilayah Afrika, Madagaskar, dan juga Asia Tenggara. Khusunya di Indonesia sendiri, rumput kebar paling subur tumbuh di Jawa, Kalimantan, dan Papua. Meskipun tanaman ini sejenis rumput, namun manfaatnya begitu luar biasa bagi kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Rumput Kebar

Diketahui bahwa rumput kebar mengandung sejumlah senyawa seperti flavonoid, saponin, dan alkaloid. Tidak hanya itu saja, rumput kebar juga mengandung sejumlah asam amino seperti asam aspartat, glutamat, serin, glisin, histidin, dan lain-lain. Bahkan rumput kebar juga disertai dengan berbagai kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin C, dan juga vitamin E.

Rumput kebar dipercaya sejak dulu mampu meningkatkan kesuburan, terutama sangat bermanfaat bagi pasutri yang baru menikah. Lalu adakah manfaat lain rumput kebar bagi kesehatan tubuh Anda? Yuk simak penjelasan berikut ini…

8 Manfaat Rumput Kebar

1. Meningkatkan kesuburan

Manfaat pertama dari rumput kebar ini adalah kemampuannya dalam membantu meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita yang ingin segera mempunyai momongan. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E pada rumput kebar mampu memacu kesuburan, kemudian kandungan vitamin B6 dan B12nya mampu dalam meningkatkan kualitas sperma pada pria dan kesuburan pada wanita.

2. Sebagai antioksidan alami

Rumput kebar memiliki senyawa kimia flavonoid tinggi serta vitamin A yang dapat berfungsi sebagai sumber antioksidan tubuh alami. Keberadaan antioksidan sangatlah penting, karena mampu dalam menangkal berbagai polutan maupun radikal bebas ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Jadi jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar serta tidak mudah sakit, tidak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi rumput kebar ini.

3. Mencegah keguguran

Masa-masa trimester awal mengandung adalah masa-masa kritis yang mana perlu keekstrahatian terhadap kesehatan ibu dan tumbuh kembang si janin. Masa awal kehamilan rentan sekali ibu mengalami keguguran yang bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti tidak kuatnya rahim ibu, beban pekerjaan ibu yang berat, dan masih banyak lagi penyebabnya.

Loading...

Untuk itu selain dengan beristirahat dan menerapkan pola hidup yang sehat, ibu juga diperbolehkan untuk rutin meminum jus rumput kebar, yang dikarenakan kandungan vitamin Enya mampu untuk memperkuat rahim ibu serta mencegahnya dari resiko keguguran dini.

4. Melancarkan haid

Terkadang masalah yang sering sekali meresahkan semua wanita adalah tidak lancarnya siklus haid. Ketidak seimbangnya hormon di dalam tubuh menyebabkan siklus haid tidak teratur pada wanita. Bahkan beberapa penyebab seperti stress dan juga pola hidup yang tidak sehat pun bisa menjadi pemicu terbesarnya. Untuk itu cobalah atasi ketidaklancaran siklus haid Anda dengan rutin meminum jus rumput kebar. Kandungan senyawa pada rumput kebar mampu menyeimbangkan hormon di dalam tubuh sehingga memperlancar siklus haid.

5. Mengobati malaria

Penyakit malaria dapat terjadi apabila tubuh telah terinfeksi dari tusukan nyamuk Anopheles. Malaria dapat menyebabkan tubuh mengalami kenaikan suhu selama berhari-hari, mual, sulit tidur, tidak enak makan, kepala sakit, dan masih banyak lagi. Jika malaria tak segera diobati, maka akan membahayakan kesehatan.

Untuk itu cobalah atasi malaria dengan meminum ramuan jus dari rumput kebar, maka malaria pun dapat teratasi dan juga suhu tubuh pun menjadi normal kembali. Yang terpenting ialah jangan lupa selalu membersihkan lingkungan sekitar rumah dari genangan air serta tumpukan sampah agar nyamuk tak berkembang biak, ditambah lagi di saat musim pancaroba ini nyamuk semakin bertambah jumlahnya.

6. Memperlancar proses detoksifikasi tubuh

Banyaknya zat polutan yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan berbagai zat racun masuk dan mengendap di hati serta ginjal. Secara alami tubuh memang dapat mengeluarkan racun tersebut, akan tetapi jika terlalu banyak racun yang tidak dikeluarkan dikhawatirkan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Nah dengan meminum jamu rumput kebar, maka proses detoksifikasi tubuh pun menjadi lancar sehingga proses pengeluaran zat-zat racun bersifat toksik dapat dikeluarkan dari tubuh.

7. Mengatasi nyeri sendi

Seiring bertambah usia maupun padatnya aktivitas membuat sendi mengalami nyeri yang tak tertahankan. Namun selain dapat diatasi dengan obatan luar, nyeri sendi dapat diatasi dengan obat-obatan herbal, salah satunya ialah rumput kebar. Caranya dengan meminum rebusan rumput kebar 2 kali sehari, maka nyeri sendi pun teratasi.

8. Mengatasi nyeri maag

Maag terjadi akibat kebiasaan pola makan yang tidak teratur sehingga menyebabkan asam lambung naik sehingga terjadilah tukak lambung. Apabila maag kambuh, maka minumlah rebusan rumput kebar, sehingga nyeri maag pun berhenti dan aktivitas dapat berjalan lagi. Hal yang perlu diingat adalah, terapkan pola hidup sehat dan teratur agar maag tidak kambuh lagi.

Itulah 8 manfaat rumput kebar bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Cara pengolahan rebusan rumput kebar pun cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan 15 batang rumput kebar lalu bersihkan. Kemudian rebus ke dalam 500 ml air, rebus sampai tersisa 3/4 nya. Terakhir matikan api dan biarkan rebusan mendingin, dan minum air rebusan rumput kebar dalam keadaan hangat. Minumlah setidaknya 1-2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Loading...