Loading...

8 Manfaat Kulit Delima Untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Delima

Berbicara mengenai buah delima maka yang terpikirkan adalah manfaatnya baik untuk kesehatan tubuh juga kecantikan kulit wajah. Buah delima juga dianggap buah yang cantik karena memiliki biji-biji dengan bentuk unik dan berwarna merah, sehingga pengolahan biji buah delima sudah banyak macamnya. Maka biji buah delima juga dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun banyak yang tidak diketahui adalah bahwa kulit dari delima juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga selain bijinya Anda bisa juga menggunakan kulit buah delima, jadi setelah mengambil bijinya ada baiknya Anda tidak membuang kulit delima begitu saja yaa…

Lalu kandungan apa sajakah yang terkandung pada kulit buah delima sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh?

Kulit buah delima mengandung senyawa kimia seperti kalsium oksalat, pati, granatic, betulic acid, resin, alkaloid, tannin, elligatin. Sedangkan untuk kandungan vitaminnya kulit delima kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Dengan beberapa kandungan di atas maka berikut ini beberapa manfaat kulit buah delima bagi kesehatan tubuh:

8 Manfaat Kulit Delima Untuk Kesehatan

1. Mengatasi cacingan
Cacingan tidak saja menyerang anak-anak namun orang dewasa juga bisa mengalaminya. Untuk itu Anda dapat menggunakan kulit buah delima sebagai pembasmi cacingan secara alami.

Caranya keringkan kulit delima sampai benar-benar hilang kadar airnya, kemudian tumbuk halus, ambil 15 gram bubuk kulit delima dan rebus ke dalam 3 gelas air. Setelah mendidih dinginkan lalu minum 1-2 kali sehari sampai cacingan hilang.

2. Menjaga kesehatan jantung
Penyakit jantung adalah penyakit nomor 1 mematikan di dunia, sehingga penyakit ini menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang. Penyakit jantung bisa menyerang siapapun dan kapanpun, terutama bagi yang tidak pernah menerapkan pola hidup sehat.

Kulit buah delima kaya akan antioksidan sehingga mampu melindungi fungsi jantung Anda secara optimal. Untuk itu pengolahannya sangatlah mudah, kulit buah delima yang telah Anda keringkan rebus ke dalam panci berisi air 2 gelas, didihkan sampai tersisa 1 gelas. Minum dalam keadaan hangat, dan lakukan setiap hari.

Loading...

3. Menyehatkan mulut
Mulut yang sehat adalah terhindar dari segala gangguan mulut seperti bau mulut, gusi bengkak, dan juga gusi berdarah. Penyebab gangguan mulut ialah bakteri, untuk itu perlu ramuan anti bakteri yang ampuh mengatasi berbagai permasalahan mulut tersebut.

Kulit buah delima memiliki senyawa yang dapat bertindak sebagai anti bakteri, caranya cukup rebus kulit buah delima yang telah kering dalam segelas air dan diberi 1 sendok teh garam, gunakan sebagai obat kumur setiap mandi.

4. Mencegah radang tenggorokan
Penyakit radang tenggorokan kerap kali menyerang ketika tubuh sedang tidak fit, sehingga tenggorokan akan terasa nyeri ketika makan bahkan berbicara. Radang tenggorokan akan menyebabkan penyakit batuk dan juga pilek bahkan demam berhari-hari, untuk itu Anda bisa juga mengatasinya dengan cara alami yaitu kulit delima.

Langkahnya sama dengan seperti obat kumur untuk mulut tetapi Anda boleh jika tidak ingin menggunakan garam, gunakan secara rutin agar radang cepat sembuh dan tubuh Anda fit kembali.

5. Mencegah penuaan dini
Anda ingin memiliki wajah yang awet muda dan terhindar dari keriput di wajah? Caranya mudah, Anda cukup dengan menghaluskan kulit delima beri sedikit air dan tambahkan dengan madu, karena kandungan vitamin C dan E pada kulit delima dapat mempertahankan kolagen di wajah Anda.

6. Mengatasi pendarahan
Pendarahan jika tidak ditangani secara cepat maka akan berbahaya bagi tubuh, wanita yang sedang mengalami haid yang tidak kunjung berhenti ataupun wanita yang menjalani proses lahiran rentan mengalami pendarahan. Cara mengatasinya ialah cukup meminum rebusan air kulit delima di pagi dan malam hari, gunakan sampai pendarahan selesai.

7. Mengobati diare
Bahaya dari penyakit diare yang tidak segera diobati ialah akan membuat penderitanya lemas bahkan dehidrasi, untuk itu rebus kulit delima yang masih segar, tambahkan masing-masing 15 gram buah pala, krokot, dan sambiloto. Rebus semua bahan ke dalam 3 gelas air dan sampai tersisa 1 gelas, kemudian minum 1 kali sehari.

8. Mengatasi keputihan
Keputihan yang berlebihan tidak hanya merisihkan namun juga berbahaya bagi kesehatan organ intim wanita. Buatlah racikan obat alami dengan memadukan 15 gram kulit buah delima kering dan 15 gram daun sambiloto kering ke dalam 4 gelas air, rebus sampai tersisa 2 gelas. Minum 2 kali sehari sampai keputihan berhenti.

Itulah beberapa manfaat kulit buah delima bagi kesehatan, jadi mulai dari sekarang jangan langsung dibuang ya kulit buahnya. Namun hal yang harus diperhatikan adalah jangan berlebihan meminum rebusan air kulit delima karena dikhawatirkan akan menyebabkan penyakit sembelit.

Loading...