8 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Kacang tanah termasuk ke dalam jenis tanaman polong-polongan. Banyak yang menggemari kacang tanah karena memiliki rasa yang gurih. Kacang tanah banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti kacang rebus, kacang tanah goreng, bahkan juga diolah menjadi sayuran. Dibalik rasanya yang lezat dan gurih, tersimpan banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kacang Tanah

Dalam 100 gr kacang tanah mengandung 567 kcal kalori, 49 gr lemak, 18 mg natrium, 705 mg kalium, 16 gr karbohidrat, 9 gr serat pangan, 4 gr gula, 26 gr protein, 92 mg kalsium, 4,6 mg zat besi, 0,3 mg vitamin B6, dan 186 mg magnesium, serta beberapa senyawa lain seperti mangan, asam lemak tak jenuh, trytophan, vitamin E, dan masih banyak lagi. Berdasarkan beberapa kandungan nutrisi pada kacang tanah tersebut, berikut penjelasan mengenai beberapa manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh.

8 Manfaat Kacang Tanah

1. Mengontrol kadar gula darah

Memiliki kadar gula darah yang berlebih sangatlah berdampak buruk bagi kesehatan. Resiko paling besar yang dialami tubuh akibat kelebihan kadar gula dalam darah ialah diabetes. Penyakit diabetes sangatlah sulit disembuhkan bahkan dapat memicu komplikasi penyakit lain di dalam tubuh.

Untuk itu perlu sekali dalam menjaga asupan makanan ke dalam tubuh agar kadar gula dalam darah tetap terkontrol, salah satu makanan yang baik untuk tubuh ialah kacang tanah. Kacang tanah mengandung sejumlah nutrisi yang dapat menjaga kadar gula dalam darah, sehingga resiko diabetes dapat dihindari.

2. Menjaga kadar kolesterol

Banyak makanan yang jika dikonsumsi justru dapat membuat kadar kolesterol meningkat, seperti makanan bersantan, daging, gorengan, dan masih banyak lagi. Namun justru berbeda dengan kacang tanah rebus. Kandungan mono asam lemak tak jenuh pada kacang tanah sangatlah tinggi, sehingga resiko meningkatnya kolesterol dapat teratasi.

3. Sebagai sumber energi

Dengan mengonsumsi kacang tanah maka asupan energi pada tubuh pun dapat terpenuhi. Kacang tanah kaya akan mineral, protein, karbohidrat, dan serat sehingga tubuh yang mulanya lemah karena kehabisan energi bisa diatasi dengan mengonsumsi kacang tanah.

4. Mencegah penuaan dini

Loading...

Kandungan vitamin B dan vitamin E pada kacang tanah mampu menjaga kelembapan kulit wajah Anda, bahkan kulit wajah yang kusam pun dapat teratasi, kulit wajah menjadi lebih cerah, sehingga wajah akan tampak awet muda.

5. Meningkatkan mood

Banyaknya beban pekerjaan sehari-hari dapat membuat beban pikiran dan mempengaruhi kondisi mood Anda. Stress dan depresi pun tak dapat dihindari. Untuk mengatasinya Anda bisa dengan mengonsumsi kacang tanah sebagai cemilan di sela waktu istirahat Anda, maka senyawa tryptophan pada kacang tanah mampu memperbaiki kondisi mood dan mengatasi stress yang diderita. Perasaan bahagia pun datang dan beban pikiran hilang.

6. Mencegah obesitas 

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat terjadi akibat mengonsumsi jumlah lemak maupun karbohidrat secara berlebihan. Umumnya terlalu sering mengonsumsi makanan semakin memperparah obesitas. Obesitas dapat memicu penyakit yang membahayakan, seperti jantung, tekanan darah tinggi, ginjal, bahkan stroke. Namun dengan rutin mengonsumsi kacang tanah rebus dan dijadikannya sebagai pengganti asupan lemak dan juga mengurangi asupan karbo harian Anda maka tubuh pun dapat terhindar dari kelebihan berat badan.

Hal ini dikarenakan kandungan serat, karbohidrat, dan protein pada kacang tanah mampu membuat perut terasa cepat kenyang serta menahan dari rasa lapar, dengan begitu jumlah konsumsi asupan sehari-hari pun dapat dikontrol dan resiko obesitas dapat dihindari.

7. Memperlancar proses detoksifikasi tubuh

Kandungan serat pada kacang tanah tidak hanya mampu dalam mengontrol berat badan saja, namun juga efektif untuk memperlancar proses pembuangan zat sisa racun di dalam tubuh akibat paparan radikal bebas secara langsung ke tubuh. Dengan begitu racun-racun yang tertumpuk di hati dan ginjal dapat dikeluarkan melalui sistem ekskresi, kinerja organ hati dan ginjal menjadi ringan, dan tubuh pun sehat.

8. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan vitamin B pada kacang tanah mampu menutrisi otak sehingga fungsi otak dan memori pun meningkat. Begitu juga dengan kandungan flavonoid resveratrol pada kacang tanah mampu memperlancar aliran darah menuju otak, sehingga sirkulasi darah ke otak pun menjadi lancar.

Itulah 8 manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh Anda. Meski banyak yang mengatakan bahwa kacang tanah dapat menyebabkan jerawat, itu semua tergantung dari pengolahannya. Apabila kacang tanah digoreng dengan minyak berlebih serta dicampur dengan garam dalam jumlah banyak, tidak hanya memicu jerawat namun juga dapat meningkatkan resiko kolesterol.

Loading...