8 Manfaat Kacang Panjang bagi Kesehatan

Pastinya salah satu jenis sayuran ini sudahlah tidak asing lagi. Banyak sekali orang yang menyukai kacang panjang, bahkan selain diolah dalam bentuk tumisan maupun sayuran, kacang panjang juga nikmat untuk dikonsumsi sebagai lalapan (dalam keadaan mentah).

Kacang panjang yang memiliki nama ilmiah Vigna cylindrica L. ini merupakan tanaman semak yang dapat tumbuh menjalar. Bagian yang dikonsumsi adalah buahnya, memiliki bentuk polong memanjang, berwarna hijau, dan bahkan panjangnya dapat mencapai 15-25 cm.

Manfaat Kacang Panjang

Kacang panjang diketahui memiliki sejumlah senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti adanya kandungan antioksidan yang tinggi berupa antosianin. Selain itu dalam 100 gr kacang panjang terdapat: 47 kcal kalori, 0,4 gr lemak, 4 mg natrium, 240 mg kalium, 8 gr karbohidrat, 2,8 gr protein, 865 IU vitamin A, 50 mg kalsium, 18,8 mg vitamin C, 0,5 mg zat besi, dan 44 mg magnesium, serta adanya serat yang mudah larut. Lalu apa sajakah manfaat kacang panjang untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasan di bawah ini…

8 Manfaat Kacang Panjang

1. Mencegah penyakit asam urat

Asam urat terjadi akibat tingginya kadar purin di dalam darah, sehingga memicu pengkristalan asam urat dan menyerang sendi-sendi gerak tubuh, seperti kaki dan tangan. Meski asam urat identik dialami oleh para usia lanjut, namun pola makan dan hidup yang tidak sehat saat ini membuat para orang muda pun mengalami resiko yang sama. Untuk itu cegahlah asam urat sejak dini dengan mengonsumsi kacang panjang. Kandungan vitamin C pada kacang panjang cukuplah tinggi. Dengan begitu mampu untuk menurunkan resiko kadar asam urat di dalam tubuh.

2. Menangkal radikal bebas

Banyaknya aktivitas di luar membuat tubuh rentan terserang langsung oleh berbagai polutan hingga radikal bebas. Kacang panjang dapat dikonsumsi untuk mendapatkan senyawa antosianin, yaitu jenis antioksidan yang dapat berperan dalam menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Sehingga tubuh pun tidak akan mudah sakit.

3. Menjaga kesehatan jantung

Dengan mengonsumsi kacang panjang juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung Anda lho. Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat larut mampu menurunkan kadar lemak jahat di dalam tubuh, dengan begitu aliran darah menuju jantung pun menjadi lancar. Sistem peredaran darah lancar, jantung pun sehat, resiko tekanan darah tinggi dan stroke dapat dihindari.

4. Menyehatkan kulit

Loading...

Memiliki kulit yang sehat adalah idaman bagi siapapun. Kacang panjang memiliki kandungan vitamin C yang dapat memenuhi nutrisi kebutuhan kulit Anda, sehingga kulit pun sehat. Tidak itu saja, kemampuan lain dari vitamin C ini ialah mampu mencegah penuaan dini, memperkuat tendon, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Mencegah anemia

Anemia atau kekurangan darah di dalam tubuh dapat teratasi apabila asupan nutrisi berupa zat besi ke dalam tubuh tercukupi. Kacang panjang mengandung senyawa zat besi yang mampu untuk meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah, sehingga pengikatan dan penyebaran oksigen ke seluruh tubuh pun menjadi lancar, gejala anemia dapat dicegah.

6. Membantu dalam program diet

Bagi Anda yang sedang dalam menjalankan program diet tidak ada salahnya untuk menambahkan menu kacang panjang rebus atau mentah ke dalam asupan harian Anda. Selain serat, karbohidrat dan protein pada kacang panjang mampu membuat perut terasa cepat kenyang dan tidak mudah lapar. Jadi sangat baik sekali untuk membantu dalam menurunkan berat badan.

7. Mencegah diabetes

Diabetes termasuk penyakit yang dapat membahayakan jiwa, bahkan penderitanya pun terus meningkat. Diabetes terjadi karena lebihnya asupan gula atau glukosa ke dalam tubuh, sehingga hormon insulin pun tidak mampu lagi untuk menormalkan kadar gula di dalam darah.

Memang untuk mencegah agar tidak terkena resiko diabetes adalah dengan menjaga asupan gula. Namun kacang panjang dapat dijadikan sebagai menu sehat pencegah diabetes. Hal ini dikarenakan kacang panjang rendah lemak serta gula, jadi walaupun dikonsumsi maka tidak akan membahayakan bagi kesehatan tubuh termasuk dalam meminimalisir kadar gula di dalam tubuh.

8. Menjaga kesehatan mata

Tidak hanya wortel maupun tomat saja yang dapat memberikan nutrisi vitamin A sehingga baik untuk menjaga kesehatan fungsi mata Anda. Kacang panjang juga kaya akan kandungan vitamin A nya. Jadi dengan mengonsumsi kacang panjang maka kebutuhan vitamin A harian tubuh akan terpenuhi, fungsi mata terjaga, dan segala resiko gangguan mata pun dapat dihindari.

Itulah 8 manfaat kacang panjang untuk kesehatan tubuh. Namun sesuatu tidak akan  baik apabila dikonsumsi secara berlebihan, termasuk dalam mengonsumsi kacang panjang. Beberapa efek buruk kacang panjang bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan ialah: munculnya alergi terutama bagi penderita alergi kacanag-kacangan, munculnya nyeri sendi, badan terasa lemas, mual, diare, serta memperberat kerja organ hati dan ginjal.

Loading...