8 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Manfaat Jengkol

Jengkol atau yang memiliki nama ilmiah Archidendron pauciflorum merupakan tanaman khas dari Asia Tenggara. Jengkol juga dikenal dengan sebutan tumbuhan “jering”  termasuk ke dalam famili Fabaceae atau suku biji-bijian. Biasanya kebanyakan masyarakat Indonesia mengenal jengkol sebagai bahan pangan, memiliki biji yang berwarna hijau dengan tekstur sedikit keras ketika mentah, tekstur biji tersebut akan lembut jika dimasak sampai matang. Meski bau namun banyak orang yang menyukai jengkol.

Jengkol dapat diolah menjadi lalapan sehingga dapat dimakan dalam keadaan mentah ataupun dapat dimakan ketika telah masak ataupun telah diolah menjadi berbagai jenis semur. Baik mentah maupun telah diolah menjadi masakan rasa jengkol tetaplah enak meski banyak juga yang menghindari jengkol karena takut dengan baunya. Bahkan saat ini harga jengkol perkilonya sudah melampaui harga daging ayam, hal ini dikarenakan penggemar jengkol di Indonesia pun sangatlah banyak.

Diketahui bahwa dalam 100 gram jengkol terdapat berbagai kandungan zat gizi yang berguna bagi tubuh, yaitu 133 kalori, 23,3 gram protein, 20,7 gram karbohidrat, 240 IU vitamin A, 0,7 mg vitamin B, 80 mg vitamin C, 166,7 gr fosfor, 140 mg kalsium, 4,7 mg besi, dan 49,5 gr air. Dengan begitu apakah Anda masih ogah mengonsumsi jengkol? Yuk disimak 8 manfaat jengkol untuk kesehatan Anda.

 8 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

1. Mencegah penyakit anemia

Anemia terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi dalam darah sehingga produksi hemoglobin pun kurang. Kekurangan hemoglobin inilah penyebab terjadinya tubuh kekurangan darah atau anemia. Anemia dapat dicegah dengan mengonsumsi jengkol karena jengkol kaya akan kandungan zat besinya.

2. Memenuhi kebutuhan protein

Tubuh sangatlah memerlukan jenis makromolekul satu ini, yaitu protein. Sel-sel tubuh kita juga tesusun atas protein, protein berperan sebagai zat pembangun bagi tubuh, lalu protein juga berperan dalam memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak, sebagai sumber energi tubuh yang dapat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, pengatur pembentukan hormon, pengatur produksi enzim, dan juga berfungsi sebagai anti bodi bagi tubuh agar tidak mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit.

3. Menyehatkan mata

Jengkol juga mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata Anda. Secara tidak langsung dengan mengonsumsi jengkol maka kebutuhan akan vitamin A bagi tubuh terpenuhi. Organ mata pun akan sehat dan terhindar dari berbagai gangguan mata seperti katarak, mata minus, dan lain-lain.

4. Menangkal radikal bebas

Loading...

Vitamin C pada jengkol lebih banyak dari pada buah jeruk  hal inilah yang membuat jengkol juga bisa membanu tubuh dalam berperan sebagai anti oksidan dan menghindarinya dari radikal bebas. Tidak hanya vitamin C saja, keberadaan vitamin A juga berperan dalam menjaga  imunitas tubuh. Dengan begitu tubuh tidak akan mudah terserang penyakit termasuk dari radikal bebas penyebab penyakit jantung dan kanker.

5. Menyehatkan tulang 

Keberadaan senyawa kalsium dan fosfor pada jengkol sangatlah baik untuk kesehatan tulang Anda. Tulang Anda akan tetap sehat dan terhindar dari gejala pengeroposan tulang atau osteoporosis. Tidak hanya menguatkan tulang saja, namun gigi Anda pun tidak akan mudah keropos.

6. Mencegah diabetes

Jengkol memiliki senyawa asam jengkolat yang dapat berperan dalam menurunkan kadar gula dalam darah sehingga mampu mencegah terjadinya penyakit diabetes. Asam jengkolat berupa kristal-kristal yang tidak larut dalam air.

7. Melancarkan sistem pencernaan

Ketika tubuh kekurangan serat maka sistem penceraan pun menjadi terganggu, termasuk BAB menjadi tidak lancar. Nah dengan mengonsumsi jengkol, maka masalah susah BAB bisa teratasi. Tidak itu saja, lancarnya sistem pencernaan Anda akan mencegah terjadinya gejala sembelit maupun wasir.

8. Menyehatkan jantung

Dengan memakan jengkol, maka secara tidak langsung aliran darah dari seluruh tubuh ke jantung maupun sebaliknya akan menjadi lebih lancar, hal ini dikarenakan kemampuan senyawa pada jengkol yang mampu melebarkan pembuluh darah. Sehingga jantung pun menjadi sehat, dan gejala penyakit stroke dapat dihindari.

Nah itulah 8 manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh. Namun perlu diingat bagi penderita kelainan ginjal ada baiknya untuk menghindari jengkol ini karena senyawa asam jengkolatnya bersifat tidak larut dalam air hal itu akan membahayakan kesehatan ginjal Anda. Dan juga bagi penderita asam urat dilarang memakan jengkol karena akan memperbanyak pengkristalan asam urat yang akhirnya menumpuk di sendi dan akan memperparah kondisi sendi.

Bahkan dalam mengonsumsi jengkol juga disarankan untuk tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, hal ini dikarenakan kelebihan memakan jengkol hanya akan membuat tubuh mengalami gejala jengkolan atau bisa disebut dengan keracunan jengkol, seperti sakit pinggang, susah buang air kecil, bahkan mulas di perut. Untuk itu perlu kejelian Anda dalam mengonsumsi jengkol, cukup seperlunya.

Loading...