8 Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Manfaat daun kumis kucing

Apakah anda mengenal tanaman kumis kucing? Dinamakan kumis kucing karena memiliki bentuk bunga yang menyerupai dengan kumis kucing. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Orthosiphon aristatus ini termasuk tanaman dari family  Lamiaceae. Di indonesia tanaman kumis kucing juga termasuk sebagai tanaman herbal. Sesuai dengan jenisnya sebagai tanaman herbal, tanaman kumis kucing memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

8 Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan tubuh

1. Mengobati rematik

Daun kumis kucing dapat mengatasi rematik, yaitu penyakit yang menyerang sistem persendian atau biasa disebut dengan radang sendi. Hal ini dikarenakan daun kumis kucing bersifat sebagai anti inflamasi sehingga mampu mengurangi rasa nyeri sendi. Caranya rebus 20-30 gram daun kumis kucing muda dengan segelas air, lalu rebus sampai mendidih. Seduh air rebusan tersebut 2 sampai dengan 3 kali dalam sehari.

2. Mengobati batuk

Daun kumis kucing dapat mengatasi batuk. Beberapa jenis batuk yang sering diderita ialah batuk rejan, batuk berdahak, batuk kering, dan batuk asma. Caranya ambil 15-20 gram daun kumis kucing yang masih muda dan segar, lalu rebus dengan 1 gelas air, rebus sampai mendidih dan minum 3 kali dalam sehari.

3. Mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi

Caranya rebus 50 gram daun kumis kucing yang telah dikeringkan lalu rebus dengan segelas air hangat. Rebus juga 50 gram daun kumis kucing yang masih muda, rebus dengan segelas air sampai mendidih. Campur kedua racikan rebusan tersebut dan minum 3 kali dalam sehari.

4. Mengobati penyakit batu ginjal

Penyakit batu ginjal diakibatkan karena adanya endapan zat toksik maupun limbah hasil dari peredaran darah, lama-lama akan mengendap dan akhirnya mengkristal. Caranya sediakan 80 gram daun kumis kucing muda lalu rebus dengan segelas air. Rebus sampai mendidih, sisakan setengah gelas air. Minum racikan tersebut 3 kali dalam sehari.

5. Mengatasi susah BAB/ sembelit

Loading...

Salah satu gangguan pencernaan ialah sulitnya BAB atau sembelit. Hal ini terjadi akibat tubuh kekurangan asupan serat. Untuk itu konsumsilah daun kumis kucing untuk melancarkan sistem pencernaan Anda. Caranya rebus 60-70 gram daun kumis kucing dengan segelas air sampai benar-benar mendidih. Minum ketika air dingin.

6. Mengatasi perut kembung

Beberapa penyebab perut menjadi kembung paling umum ialah tubuh mengalami gejala masuk angin. Untuk itu Anda bisa menggunakan rebusan daun kumis kucing untuk mengeluarkan angin dan kembung pun hilang. Caranya sama yaitu dengan merebuskan daun kumis kucing, lalu minum dalam keadaan hangat.

7. Mengatasi keputihan

Salah satu gangguan organ kewanitaan adalah keputihan. Keputihan sebenarnya terjadi secara alami karena fungsinya ialah untuk melindungi vagina dari gangguan iritasi maupun infeksi. Namun kadang kala banyak wanita yang mengalami keputihan secara terus menerus dan menyebabkan kerisihan dan mengganggu kenyamanan. Untuk itu agar keputihan menghilang rebuslah daun kumis kucing dan rutin meminumnya setidaknya 2 kali dalam sehari.

8. Meredakan demam

Demam dapat membuat suhu tubuh meningkat, bahkan bisa sampai panas dingin atau menggigil. Keadaan ini sangatlah membuat penderitanya sulit untuk melakukan aktivitas bahkan makan pun tak enak. Sebenarnya demam itu sendiri adalah proses dimana sel-sel darah putih melawan  patogen (bakteri atau virus) yang menyerang tubuh, untuk membunuh patogen tersebut harus terjadi peningkatan suhu tubuh. Peningkatan suhu tubuh ini direspon balik oleh tubuh dengan mengirim sinyal dingin (menurunkan panas), maka kondisi inilah tubuh menggigil.

Dalam keadaan menggigil tersebut maka tubuh akan mengalami dehidrasi, nah perlu sekali asupan air yang tidak hanya dapat mengatasi dehidrasi namun juga dapat meredakan demam tubuh. Caranya ialah rebus 50 gram daun kumis kucing dengan segelas air, lalu minum dalam keadaan hangat. Minum 2-3 kali dalam sehari, sampai suhu tubuh kembali normal.

Nah itulah 8 manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan. Rupanya manfaat lain olahan rebusan daun kumis kucing ialah dapat meredakan gatal-gatal akibat iritasi alergi, melancarkan siklus haid, mampu bertindak sebagai detoksifikasi pada organ hati, mengatasi gusi bengkak, bersifat sebagai anti bakteri, dan juga mampu menurunkan berat badan secara alami.

Loading...