8 Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan

Mendengar nama daun katuk maka yang terbayang adalah olahan sayur bening daun katuk yang nikmat dan segar. Di masyarakat sendiri banyak mengolah daun katuk untuk dimanfaatkan sebagai pelancar ASI bagi ibu yang baru saja melahirkan. Tidak hanya itu saja, daun katuk pun dapat digunakan untuk mengatasi bisul di kulit.

Manfaat Daun Katuk

Diketahui bahwa dalam 100 gr daun katuk terkandung 59 kkal energi, 4,8 gr protein, 11 gr karbohidrat, 204 mg kalsium, 83 mg fosfor, 3 mg zat besi, 0370 IU vitamin A, dan 0370 IU vitamin C. Lantas dengan berbagai kandungan nutrisi pada daun katuk tersebut, apa sajakah manfaat daun katuk untuk kesehatan tubuh? Yuk disimak…

8 Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan

1. Mencegah diabetes

Daun sangat baik sekali untuk dikonsumsi dalam mencegah terjadinya kelebihan kadar glukosa di dalam darah, dengan begitu kadar gula dalam darah dapat diminimalisir sehingga resiko mengidap diabetespun dapat dihindari. Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa orang yang rutin mengonsumsi daun katuk maka akan memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi daun katuk. Bagi penderita diabetes pun juga disarankan untuk mengonsumsi daun katuk ini.

2. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan fosfor dan kalsium pada daun katuk sangatlah berperan dalam menjaga kekuatan dan fungsi tulang Anda. Jadi tidak hanya dengan meminum susu, mengonsumsi daun katuk juga baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Tulang sehat dan resiko osteoporosis pun dapat dihindari. Rutin mengonsumsi daun katuk juga disarankan bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan agar mampu menutrisi tumbuh kembang si anak sejak dini.

3. Melancarkan ASI pada ibu menyusui

Benar memang dengan apa yang dipercaya oleh masyarakat sejak dulu, yaitu daun katuk efektif untuk memperlancar proses pengeluaran ASI terutama bagi para ibu menyusui. Hal ini dikarenakan daun katuk mengandung sejumlah senyawa minyak esensial seperti  saponin, flavooid, dan tanin. Kemudian juga mengandung sejumlah asam amino, vitamin, dan mineral yang mampu merangsang proses pengeluaran ASI pada ibu. Bahkan karena kandungan nutrisinya lengkap, daun katuk juga baik untuk memenuhi nutrisi ibu dan bayi.

4. Menjaga kesehatan mata

Loading...

Kandungan vitamin A pada daun katuk sangatlah tinggi, dan hal inilah yang mampu menutrisi mata Anda dan menjaga fungsi mata Anda agar selalu sehat dan terhindar dari resiko gangguan mata seperti mata minus, katarak, kerusakan retina mata, dan masih banyak lagi. Jadi tidak hanya pada tomat maupun wortel saja ya yang baik untuk kesehatan mata Anda. Daun katuk pun tak kalah khasiatnya.

5. Meningkatkan kesuburan pria

Tidak hanya baik untuk wanita saja, dengan rutin mengonsumi daun katuk maka dapat meningkatkan kesuburan pria, yaitu dengan meningkatkan kualitas sel sperma pada pria. Jadi jika Anda menginginkan segera mempunyai momongan tak ada salahnya untuk mengonsumsi daun katuk ya.

6. Sebagai sumber antioksidan tubuh

Daun katuk kaya akan kandungan antioksidannya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh pun terjaga dan segala radikal bebas maupun patogen penyebab berbagai penyakit mampu dicegah oleh tubuh. Tubuh sehat dan tidak mudah sakit.

7. Sebagai sumber energi tubuh

Kandungan protein, karbohidrat, serta serat pada daun katuk sangatlah baik untuk tubuh, hal ini dikarenakan segala kebutuhan nutrisi tubuh pun dapat terpenuhi, sehingga mampu dijadikan sebagai sumber energi tubuh. Jadi tidak ada salahnya ya mengonsumsi daun katuk sebagai menu sayur wajib sarapan Anda agar aktivitas di siang harinya menjadi lancar.

8. Sebagai anti inflamasi

Daun katuk juga baik untuk kesehatan tubuh dalam mengatasi peradangan karena adanya kandungan etanol yang dapat berperan sebagai antiinflamasi. Jadi jika Anda mengalami berbagai jenis peradangan seperti adanya pembengkakan akibat terjatuh ada baiknya untuk mengonsumsi daun katuk agar peradangan cepat mengempis.

Nah itulah 8 manfaat daun katuk untuk kesehatan tubuh. Carilah daun katuk yang berkualitas dan tidak rusak, karena kandungan gizinya masihlah banyak. Hindari penghangatan berulang daun katuk, serta hindari pengonsumsian daun katuk secara berlebihan karena hanya akan memicu efek samping yang berbahaya yaitu keracunan papaverin.

Loading...