8 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

Tanaman bidara memiliki nama ilmiah Ziziphus mauritiana, merupakan tumbuhan yang dapat hidup dalam lingkungan panas yang kering. Umumnya tanaman bidara mudah sekali ditemukan di wilayah Sumbawa. Tanaman bidara adalah tanaman lengkap, yaitu memiliki akar, batang, daun, dan buah. Bagian daun bidara merupakan daun majemuk, bentuk oval, tepi daun rata, dan tidak memiliki pelepah daun.

Manfaat Daun Bidara

Daun bidara memiliki sejumlah senyawa kimia berupa minyak  geranyl aseton, metil hexadecanoate, metil octadecanoate, farnesyl aseton C, hexadecanol, dan etil octadecanoate. Kemudian daun bidara juga mengandung sumber flavonoid yang tinggi sehingga dapat berperan sebagai sumebr antioksidan. Lalu terdapat senyawa gula berupa laktosa, glukosa, galaktosa, arabinosa, dan xilosa. 

Lantas dengan berbagai kandungan senyawa kimia pada daun bidara tersebut, apa sajakah manfaat daun bidara? Yuk disimak…

8 Manfaat Daun Bidara

1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Banyaknya aktivitas di luar membuat tubuh terpapaar langsung oleh berbagai zat radikal bebas, termasuk sinar UV. Jika seseorang memiliki kulit yang sensitif, maka kulit pun menjadi lebih mudah mengalami iritasi dan memerah. Untuk itu Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun bidara. Caranya sediakan beberapa lembar daun bidara lalu cuci bersih dan tumbuk halus, terakhir tempelkan ke kulit wajah yang memerah selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

2. Mempercepat proses penyembuhan luka

Luka akibat terjatuh, tergores benda tajam, atau luka bakar maka akan menyebabkan terbukanya lapisan kulit bahkan bisa jadi meradang. Maka dengan menggunakan daun bidara, anti inflamasinya dapat digunakan untuk mengatasi radang akibat luka serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Caranya sediakan beberapa lembar daun bidara, lalu keringkan sampai benar-benar kering. Tumbuk halus daun tersebut, kemudian campurkan dengan air sampai membentuk adonan seperti pasta. Terakhir olesi ke bagian kulit yang terluka selama 10-15 menit, dan terakhir bilas dengan air.

3. Mengatasi jerawat

Siapapun yang memiliki masalah jerawat pastinya akan merasa terganggu. Baru saja jerawatnya kempis, eh tumbuh lagi masalah baru yaitu noda bekas jerawat yang tak kunjung hilang. Jangan khawatir dulu, Anda bisa menggunakan masker dari daun bidara. Daun bidara dapat bersifat sebagai anti bakteri, sehingga mampu mengatasi bakteri bandel penyebab jerawat.

Loading...

Caranya tumbuk halus beberapa lembar daun bidara, lalu Anda bisa sambil menambahkan madu agar adonan daun bidara menjadi berbentuk seperti pasta. Olesi ke seluruh bagian wajah, kemudian diamkan selama 15-20 menit, dan terakhir bilas dengan air dingin. Lakukan penggunaan masker ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

4. Mengatasi kulit wajah kering

Tidak hanya kulit wajah berjerawat saja yang menggangu, memiliki kulit wajah yang kering pun juga tak kalah memberikan dampak buruk bagi kecantikan kulit wajah Anda. Dampak buruk dari kulit wajah kering ialah wajah tampak kusam, kisut, tidak segar, dan terlihat lebih berkeriput.

Untuk itu cobalah menggunakan beberapa lembar daun bidara muda dengan cara menumbukknya sambil menambahkannya dengan perasan air jeruk lemon, kemudian olesi ke seluruh wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Tunggu selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih. Daun bidara mampu meningkatkan kelembapan kulit wajah Anda sehingga kulit wajah kering dapat teratasi.

5. Mengatasi gejala depresi

Menumpuknya beban pikiran dan hati yang Anda pendam akan memicu menjadi stress. Stress semakin berkembang dapat memicu keberadaan depresi. Depresi terlalu lama sangatlah tidak baik untuk kesehatan psikologis Anda bahkan kesehatan fisik. Untuk itu cobalah dengan meminum ramuan dari daun bidara, karena kandungan senyawanya mampu memberikan sensasi rileks saraf-saraf akibat tegang karena stress.

6. Mencegah diabetes

Diabetes terjadi akibat tubuh tidak mampu untuk mengontrol kadar gula dalam darah sehingga gula terus melonjak dan menyebabkan kerusakan insulin. Bahaya dari penyakit diabetes ialah dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain di tubuh, seperti jantung dan ginjal.

Untuk itu selain dengan menjaga asupan makanan yang rendah glukosa, diabetes dapat juga dicegah dengan meminum teh daun bidara. Caranya keringkan daun bidara, lalu keringan daun bidara itu diseduh dengan segelas air panas, biarkan menjadi hangat dan minum. Kandungan senyawa pada daun bidara mampu mengontrol kadar gula di dalam darah, sehingga resiko diabetes dapat dihindari.

7. Mengobati diare

Diare dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan ataupun minuman yang telah terkontaminasi oleh bakteri penyebab diare. Gejalanya ialah penderita akan sering BAB, mengalami kram perut, bahkan massa feses yang sangat encer, dan yang paling parah dapat menyebabkan dehidrasi. Rupanya diare dapat diatasi dengan meminum teh daun bidara. Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara mengeringkan daun bidara dan menyeduhnya dengan air panas. Cukup mudah bukan ?

8. Mengatasi bau badan

Bau badan biasanya disebabkan oleh bakteri di bagian ketiak. Bau badan sungguh membuat rasa percaya diri turun dan juga meresahkan. Selain dapat diatasi dengan pemakaian deodorant, bau badan atau keringat di ketiak Anda dapat diatasi dengan daun bidara. Caranya remas-remas daun bidara sampai lunak, kemudian gosokkan ke ketiak Anda dan dilakukan sebelum mandi. Terakhir bilas dengan air sampai bersih. Bau ketiak pun hilang.

Nah itulah 8 manfaat daun bidara bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya menyehatkan saja, daun bidara juga bisa mengatasi permasalahan rambut seperti rambut rontok. Buah bidara juga bisa dikonsumsi dan tak kalah khasiatnya dibandingkan dengan daun bidara.

Loading...