8 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Buncis atau yang memiliki nama ilmiah Phaseolus vulgaris L. adalah salah satu tanaman polong-polongan yang biasa diolah menjadi aneka jenis sayur. Bagian buah, biji, bahkan daun buncis pun dapat dikonsumsi dan diolah menjadi masakan yang lezat. Buncis memiliki buah yang berbentuk pipih melebar dengan panjang dapat mencapai 20 cm, susunan pada polongnya pun bersegmen dan dalam 1 buah jumlah biji dapat mencapai 14 biji. Biasanya untuk dapat dimakan buncis diolah dengan cara direbus, ditumis, maupun dikukus.

Manfaat Buncis

Diketahui bahwa dalam 100 gr buah buncis terkandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, yaitu: 35 kkal energi, 2,4 gr protein, 0,2 gr lemak, 7,7 gr karbohidrat, 65 mg kalsium, 44 mg fosfor, 1 mg zat besi, 630 IU vitamin A, 0,08 mg vitamin B1, dan 19 mg vitamin C. Nah dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, lantas apa sajakah manfaat buncis untuk kesehatan? Yuk disimak…

8 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

1. Mencegah resiko penyakit jantung

Mengonsumsi buah buncis secara rutin rupanya dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Hal ini dikarenakan buah buncis mengandung senyawa flavonoid yang sangat tinggi, yaitu berupa antioksidan polifenol yang biasa terkandung pada sayuran hijau. Senyawa inilah yang mampu melancarkan aliran darah sehingga jantung pun tetap sehat. Sehatnya jantung juga mempengaruhi kesehatan lain, yaitu terhindar dari resiko stroke dan tekanan darah tinggi.

2. Mencegah resiko terkena diabetes

Kandungan protein pada buah buncis dapat diserap dengan mudah oleh tubuh, bahkan protein pada buncis tak kalah dengan kandungan protein pada telur. Mudahnya penyerapan protein ini berdampak pada kemampuannya dalam mengontrol kadar glukosa di dalam darah, sehingga dapat membantu tubuh agar terhindar dari penyakit diabetes.

3. Mencegah resiko obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat dikontrol dengan rutin mengonsumsi buah buncis. Buncis mengandung rendah lemak namun tinggi serat, protein, dan juga karbohidrat sehingga jika dikonsumsi maka akan membuat perut terasa cepat kenyang dan tidak mudah lapar. Dengan begitu bobot tubuh pun akan terus terkontrol dan mencegahnya dari obesitas. Rebusan buah buncis juga cocok untuk Anda yang sedang dalam program diet. Lebih nikmat dan berkhasiat apabila rebusan buncis dipadukan dengan rebusan kentang.

4. Menjaga kesehatan tulang

Loading...

Mengonsumsi buncis juga dapat berkhasiat dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang Anda. Buncis kaya akan kandungan kalsium dan juga fosfor, dua nutrisi yang baik untuk tulang. Bagi anak-anak yang masih dalam usia pertumbuhan disarankan untuk mengonsumsi buncis agar pertumbuhan tulangnya tak terganggu. Namun bagi Anda dengan mengonsumsi buncis juga baik untuk mencegahnya dari resiko osteoporosis di hari tua nanti.

5. Menjaga kesehatan mata

Tidak hanya tomat maupun wortel saja yang mampu dalam menjaga kesehatan mata Anda, namun buncis juga kaya akan kandungan vitamin A sehingga baik untuk menjaga kesehatan mata Anda dan menghindarkannya dari kelainan mata, seperti: mata minus, katarak, rabun dekat, dan masih banyak lagi.

6. Melancarkan sistem pencernaan 

Kandungan serat pada buncis sangatlah tinggi, hal ini akan sangat menguntungkan bagi sistem pencernaan Anda. Serat pada buncis dapat dengan mudah diserap dan mampu mempercepat kinerja usus, sehingga segala bentuk zat sisa makanan yang menumpuk di usus pun dapat dikeluarkan, pencernaan Anda menjadi sehat dan terhindar dari segala macam gangguan pencernaan seperti sembelit maupun wasir.

7. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Buncis juga sangat berperan dalam menjaga kesehatan sistem imunitas tubuh sehingga tubuh pun tidak mudah sakit. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi pada buncis mampu berperan sebagai antioksidan tubuh sehingga segala macam patogen penyebab penyakit pun dapat ditangkal dengan mudah.

8. Baik untuk ibu hamil

Mengonsumsi buncis rebus juga baik untuk ibu yang sedang mengandung. Selain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada ibu, kandungan asam folat pada buncis baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin yang dikandungnya. Jadi, ibu bisa menambahkan buncis sebagai menu tambahan makanan wajib harian selama masa mengandung ya.

Jadi itulah 8 manfaat buncis untuk kesehatan Anda. Meski buncis mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, namun pengonsumsian secara berlebihan sangatlah tidak disarankan. Dikarenakan buncis mengandung senyawa asam oksalat yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak pada penumpukan asam tersebut di ganjil, dan berujung pada pembentukan batu ginjal. Jadi bagi penderita ginjal disarankan untuk tidak berlebihan memakan buncis ini.

 

Loading...