8 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

Manfaat Zuriat

Mendengar nama buah zuriat mungkin yang terpikirkan adalah buah-buahan dari Arab dan terkenal di kalangan para haji. Jadi mungkin sangat sulit sekali menemukan buah zuriat di Indonesia, namun tak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui buah yang biasa disebut dengan nama buah adam ataupun buah hawa.

Buah zuriat memang tergolong buah dengan harga yang agak mahal di Indonesia karena keberadaannya yang susah ditemukan dan untuk mendapatkannya harus import terlebih dahulu. Bahkan salah satu situs penjualan online menjual 1 buah zuriat berkisar dari harga Rp. 25.000,00 – 54.000,00.

Khasiat buah zuriat tak perlu diragukan lagi, bahkan sejak jaman dahulu masyarakat Mesir maupun Arab menggunakan buah zuriat untuk mengobati berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kolesterol, mengatasi kemandulan, dan masih banyak lagi.

Buah zuriat memiliki ukuran sebesar buah apel, warna kulit merah keoranyean, bahkan biji dan kulitnyapun dapat digunakan sebagai bahan sirup maupun manisan. Tidak hanya menyehatkan, buah zuriat juga bisa menahan kelaparan ketika krisis tengah menyerang¸ seperti masyarakat di wilayah Turkana dari Kenya sangat bergantung pada buah ini selama tahun kekeringan 1992-1994.

8 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

1. Sebagai sumber anti oksidan

Buah zuriat kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin C, flavonoid, kumarin, dan komponen lignin yang bermanfaat untuk mencegah masuknya radikal bebas. Sehingga buah zuriat dapat bersifat  sebagai antikarsinogenik, antialergi, antivirus, antiiskemik, dan antiinflamasi.

2. Meningkatkan kesuburan

Di negara asalnya bagian Timur Tengah buah zuriat dianggap mampu meningkatkan kesuburan pria maupun wanita dan sangat baik dikonsumsi bagi pasangan suami istri yang ingin bersegera memiliki anak.

Maka untuk pengolahannya sangatlah mudah, yaitu belah buah zuriat menjadi 2 bagian kemudian rebus dengan 800 ml air sampai mendidih lalu saring. Selanjutnya sediakan 2-3 sendok makan madu ke dalam gelas dan tuang rebusan zuriat, minum dalam keadaan hangat.

3. Mengatasi hipertensi

Loading...

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi maka boleh mencoba memakan buah zairut secara langsung karena buah ini mampu menurunkan kadar kolesterol dan juga tekanan darah tinggi. Makan buah zuriat ketika lagi mentah karena kalau sudah matang akan sangat keras.

4. Meningkatkan mood

Banyaknya tuntutan kerjaan dan juga beban kerja tak menampik akan membuat Anda semakin stress. Stress berlebihan akan berdampak pada rentannya tubuh terserang penyakit. Untuk itu konsumsilah buah zairut karena faktanya buah ini mengandung antioksidan phytochemical yang bermanfaat untuk mengurangi stress Anda.

5. Kaya akan nutrisi

Rutin mengonsumsi buah zuriat maka kebutuhan nutrisi harian Anda akan terpenuhi, dalam 1 buah zairut mengandung berbagai mineral, protein dan asam lemak, flavonoid, dan vitamin.

6. Mencegah kanker

Pertumbuhan sel-sel kanker akan semakin cepat berkembang apabila terus menerus terpapar radikal bebas dan pola hidup yang tidak sehat. Buah zairut kaya akan anti oksidan sehingga mampu menangkal masuknya radikal bebas penyebab kanker di tubuh Anda.

7. Mencegah infeksi pada luka

Tubuh yang terkena luka akan lebih mudah terserang infeksi dari luar, maka dari itu buah zairut bersifat sebagai anti inflamasi sehingga dapat menangkal serangan infeksi ke luka Anda.

8. Membuat awet muda

Agar tampak awet muda maka Anda perlu asupan nutrisi berupa anti oksidan yang cukup, dan buah zairut juga kaya akan anti oksidan sehingga mampu mencegah tubuh dan kulit wajah Anda terpapar radikal pemicu kerutan dan tanda-tanda penuaan dini.

Nah itu dia beberapa manfaat buah zuriat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh Anda. Namun jika Anda masih bingung bagaimana cara mengolah atau memakan buah zuriat, berikut beberapa cara yang mudah untuk dilakukan.

1. Membelah buah zuriat menjadi 2 bagian dengan pisau, hati-hati dengan kulitnya yang agak keras;
2. Buah zuriat dibelah menjadi 2 bagian kemudian rebus semua bagian buah zuriat dengan air sampai warna air berubah seperti teh, terakhir minum;
3. Anda juga dapat mengupas kulit buah zuriat, kemudian ambil isinya dan belah menjadi 4 bagian, terakhir rebus dengan air dan minum seperti meminum teh.

Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba mengolah buah zuriat untuk berbagai pengobatan herbal Anda.

Loading...